Monday, May 14, 2018

Sahabat Menikah, Sekarang Siapa Yang Berubah?

Sahabat Menikah, Sekarang Siapa Yang Berubah?
Sumber pic, pixabay lagi males edit gambar


Sudah lama Mysatnite libur, akhirnya bisa kembali lagi dengan kegiatan nulis setelah lepas dari beberapa kegiatan yang buat admin sok sibuk. Oh ya, Kalau ada rumor saya tidak update karena balikan sama mantan itu hoax apa lagi gara-gara patah hati terus menyendiri , ini fitnah.

Beberapa minggu ini saya banyak  mendapat kabar bahagia dari kanan, kiri, depan, belakang. Dari teman biasa, saudara bahkan sahabat sendiri.

Kabar gembira itu undangan pernikahan, ya pernikahan. Karena saya jauh kebanyakan undangan elektrik, via WA dan telpon bahkan yang lebih ekstrim lewat facecame. Tapi tetap ada undangan fisik yang dikirim kerumah orang tua saya.

Mungkin lewat via gadget lebih irit, tidak harus mengeluarkan biaya tambahan, hanya kuota yang mungkin lebih murah dari kertas undangan. Alasannya tentu karena saya sekarang memang sedang diluar kota.

Sebenarnya mereka tau kalau saya seratus persen tidak akan hadir, tapi mereka tidak mengharapkan saya hadir juga, yang penting amplop nya sampe ke kotak amal, eh kotak apalah itu.

Yang membuat saya bahagia lagi adalah sahabat kecil saya yang sudah menyandang status jomblo kini melepas status jomblo nya.

Sebagai sahabat tentu hanya doa terbaik yang bisa saya berikan, ada keinginan untuk hadir namun keadaan memang tidak memungkinkan.

Dengan satu sahabat yang menikah tentu ada perubahan setelahnya, terutama nanti waktu kumpul saat liburan idul fitri.

Tidak mungkin bisa bebas ngumpul bareng seenaknya, apa lagi numpang tidur dirumahnya lagi, mustahil kan.

Jangan lupa baca juga : Jomblo Ditengah Isu Facebook Akan Ditutup

Berkurang lagi satu temen nongkrong


Setiap tahun kita selalu kumpul bareng, karena memang setelah lulus dari sekolah semua minggat dari kota kelahiran, ada yang kerja, kuliah,  hanya beberapa saja yang masih tinggal di tempat.

Jadi momen satu tahun sekali itu dimanfaatkan untuk bisa saling silaturrahmi, berbagi pengalaman dan cerita masing-masing.

Yang memang Qadarullah kita semua di beri amanat untuk jomblo dulu, kita mencintai status jomblo karena memang menganggap pacaran itu akan mengganggu konsentrasi dan fokus.

Setiap tahun pasti selalu berkurang  temen nogkrong karena sudah hijrah status dari jomblo menjadi halal.

Ada perasaan sedih tapi yang pasti kita sangat bahagia, sedih karena satu kursi kosong lagi, pesen cappucino nya berkurang satu lagi. Tapi inilah kehidupan perubahan pasti di lalui, meski begitu kita akan selalu kompak.

Semakin menguat pertanyaan “Kapan nikah?”


Rata-rata sahabat saya menikah di usia muda, bahkan yang paling muda menikah di usia 18 tahun. Saya salut dengan keputusan mereka yang berani.

Semakin banyak sahabat yang sudah beralih status, tentunya berimbas pada kami yang masih setia dengan status jomblo. Tentunya pertanyaan kapan nikahnya?, kapan nyusul?, mana jodohnya?, kok masih sendiri aja?, si anu anaknya udah bisa jalan?, kalian normalkan? Dan seterusnya.

Ini pengalaman setiap tahun kalau main kerumah sahabat yang sudah menikah, apa lagi kalau ketemu orang tuanya. Habis pokoknya di bully.


Semakin jauh dan hanya sesekali komunikasi


Ada beberapa sahabat yang sudah menikah dan memilih tinggal di daerah pasangannya. Alhasil terkadang tidak bisa bertemu.

Hanya sesekali tegur sapa via facecame dan chat, semakin terasa kehidupan itu semakin berubah dan menua.

Tapi inilah momen yang membuat kita faham, kalau kebersamaan kita dulu penting dan bisa jadi cerita nantinya.

Ada saat kita kumpul bersama dan bercerita tentang sok berkuasanya kita di jalanan ketika mengendarai kuda besi.

Hari itu kita merasa sangat keren, meski hari ini kita sadar hampir 99 persen emak-emak nyumpahin kita waktu itu.

Sekarangpun saya kadang sedikit kesel kalau liat anak-anak yang kebut-kebutan di jalan dan masih menggunakan seragam sekolah.

Kita tidak pernah mensyukuri kita pernah nakal, tapi kita bersyukur kita bisa sadar dan merubah keadaan.

Hidup jauh dari keluarga, sahabat, menjadi asing di negeri orang membuat kita faham tidak ada tempat merengek kecuali kepada – NYA.

Persahabatan kita sudah cukup lama, bahkan orang tua kita hampir semua ikut berteman baik, namba-nambah saudara.

Masih ingatkan kita dulu pernah berjanji ketika menenggak es cappucino di taman.
Kita tidak akan pernah berubah dan selalu tetap kompak seperti ini. Tapi kita sadar hari ini, semua perlu perubahan, karena tidak mungkin jomblo terus hihi.

Ketika dulu kita semangat ingin cepat menjadi orang dewasa, bisa mencari uang sendiri. Duduk di cafe menikmati hasil keringat sendiri sambil makan kentang goreng dan mencari wifi, namun sekarang kita berharap bisa duduk bersama sekedar menikmati es cappucino khas kaki lima.

Ini lah kehidupan, tidak akan bisa kita hindari. Terkadang hal ini yang membuat saya takut, ketika saya menua, usia semakin berkurang. Orang tua saya juga ikut menua bersama waktu yang semakin cepat berlalu.


***

Untuk sahabat-sahabat saya yang sudah menikah semoga bisa SAMAWA, untuk yang baru nikah sama aja SAMAWA  dan ceritakan pada kami bagaimana rasanya tidak jomblo lagi.

Untuk yang mau menikah semoga di berikan kelancaran, maaf kalau saya tidak bisa hadir tapi doa saya hadir untuk kalian.

Untuk yang baru punya anak, tolong ya tidak usah kirim-kirim video bareng anaknya di ke DM saya dan pake caption membully plus bikin manas-manasi.

Untuk yang  masih jomblo, kita nikmati cappucino dan mie ayamnya sampai puas sebelum satu kursi kosong lagi. Kita tidak tau kursi mana yang akan segera kosong kembali.

Yang masih kuliah tapi belum wisuda-wisuda mending nikah aja deh, yang masih sibuk cari kerja semangat, yang sudah kerja semoga sukses karirnya.

Kapan kita makan mie ayam dan cappucino bareng lagi?

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

61 komentar

Banyak kabar hoax sekarang ini ya. Jadi yg bener tetep jomblonya itu lah dari admin mysatnite ini 😁

Ahh sayangnya udah ga bisa ceng2in lg sama admin blog satunya. kursinya sudah kosong sekarang. Udah ga minum es cappucino lg :)

Ah hoaxnya anggap aja nyanyian iseng hehe, teman ada yang menikah akhirnya tentu ada perubahan teman nongkrong berkurang
jangan ngerasa dipanas-panasin juga kali ama foto selfie bareng baby hehe
Tunggu aja gilirannya pasti sampai

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

tinggal ngurus blog sendirian dong, emang admin yg satunya itu kakak atau adiknya sih Mas ?

yang kirim photo dan video barang anaknya sebenarnya bukan membully mas, cuma ngomporin aja biar panas, trus hangus tuh status jomblo... hahhha

Makin banyak temen nikah makin merasa tersisihkan dari lingkar pertemanan. Mereka pada sibuk ngurus keluarga, terutama yang udah punya anak. Huhuhu.

Tapi yang paling bikin kangen itu emang hal-hal yang dulu dilakuin bareng-bareng, sekarang nggak bisa, karena mereka punya urusan personal yang lebih penting.

Ah jadi rindu masa-masa sekolah ketika bebas nongkrong rame-rame πŸ˜‚πŸ˜‚

kalau kurang teman lagi buat nongkrong ya cari lagi teman yg jomblo

biar udah nikah masih bisa nongkrong kok dek cumawaktunya terbats

Anggap aja doa, biar cepat mendapat pendamping bisa foto bareng baby gitu hehe ....

Berkuasa di atas kuda besi dan di sumpahin emak-emak. Itu kalo di inget jadi kerasa amat ya. :-d

Btw, kok bahas jomblo trus sih min? hihi

Hmm..

Turut mengaminkan doa-doa baik untuk teman-temanmu, Mas.

ngomongin saya ya mas trick,
saya kerabat jauhnya,, hahaha

gpp mas di sumpahin emak2, demi sok keren depan anak2 Sma unggulan kan gitu.. haha

hallo yg baru pd nikah,, samawa ya semoga ga lupa sama owner ini.
aamiin..

aku kok egp ya hahaha
cuma malah aku yg menjauh klo temen wanita
nanti dianggep pelakor
tar disawer sama suaminya berabe viral wkwkw

Mas tama, aku boleh keselek nggak ni ehm ehm.. Managats ya, *eh
Alhamdulillah temen2ku yg udh pada nikah nggak ada berubahnya. Nongkrong ya teteo nongkrong, komunikasi ya ttp komunikasi. Yakan namanya temen, kl bukan sekedar temen mah pasti bakal beda. *eh. PisssπŸ˜‚

Puas-puasin jomblonya..biar kalau sudah nikah nanti setia...#eh

Btw, itu temennya nikah muda banget ya..18? wah, saya saja nikah umur 26 merasa kemudaan..

Kalau saya, makin banyak sahabatku yang menikah, makin banyak juga tenagaku untuk berkarya. Iri, nggak juga. Karena memang belum waktunya, kalau udah waktunya juga pasti bakal terjadi. Apapun itu..hehe

Teman mah banyak, Mas. Yang jomblo atau tidak sama aja, yang membedakan kesibukannya bertambah, dan tanggung jawabnya juga.. :D

Ikut mendoakan juga siapaun yang mau menikah semoga samawa ya. Dan semoga mas Adi juga dimudahkan dalam segala urusannya, termasuk cita-cita :)

Haahaha .. hayoo ngaku .. balikan sama mantan,kaaan πŸ˜… ?
#justkidding

O,sering juga dapat 'bonus' pertanyaan remeh temeh ngga penting 'kapan nikah' ya .. 😁 ?

Aduhhh, kalau gua bully bahaya nih ckck

Dikampung saya, juga lagi ramai musim nikah.Mereka tetap mengirimkan undangan, walau mereka atau bahwa sebenarnya saya tidak bisa hadir. Ah mungkin mereka mengharapkan yang penting amplopnya sampai. :)
Jika sudah nikah, kesempatan untuk berngobrol atau nongkrong dengan teman lama semakin sempit waktunya.

Makin tertindas dan tertekan ya buat jomblo yg ditinggal mantannya.. Hihi

Iya teh, biasa la kerjaan temen sedikit membully :D

Hahaha niatnya emang itu mas, biar saya buruan nyusul katanya :D

Teh ummi : Hihihi semoga aja nanti segera nyusul biar bs ikut bully :D

bener banget mas Gigip, kenangan masa masa itu paling indah memang
kadang pgen balik lagi ke masa itu dan ketawa bareng :D

Hahaha biar bikin komunitas Tongkrongan anak jomblo ya but tira hihi :D

Bener mang, waktunya terbatas.. karena memang ada prioritas yaitu keluarga :D

bahas jomblo karena saya jomblo dan kamu jg jomblo jadi kita semua jomblo mari kita jomblokan indonesia dan mulai menginvansi :D

Hahah SAMAWA

yg jomblo baru dapet sakinah nya aja di masjid :D

boleh banget, kalo kurang tak tambahin bakso biar tambah keselek.
hahah selalu semangat ini
Bukan sekedar temen, apaan ini hahaha :D
enak ya, kalo temen saya udah pda sibuk sama kluarga
kalo ktemu pun ngebully :D

Hahhahaha jangan deh mas Ikrom kalo temen cewek
bisa bahaya itu :D

InsyaAllah teh dian, nama saya aja udah Setia kok hihi

Iya teh, habis lulus sekolah lagsung mutusin untuk nikah, kata mereka dr pada nanti ada apa2 :D

Aamiin
bener banget mas, kalo udah waktunya pasti Allah kasih kok
Semoga mas Andi jg dengan karya nya sukses selalu :D

Hahahahahaha mantan itu apa ya mas sant?
sejenis kacang-kacangan kah ?

Bukan sering tapi selalu :D

Tak jitak nanti kalo bully hahahaha :D

Setiap mau puasa sama hbis lebran pasti musim kawin eh musim nikah mksdnya
ini udah jd tradisi kayaknya di indonesia mas bumi
mas bumi kapan nih ? :D

Kutipan dari dinding FB saya beberapa waktu yg lalu sih begini Mas Adi ...

Percayalah, jomblo atau singlemu saat ini, karena memang Tuhan memberi kesempatan yang cukup panjang untuk mempersiapkan segalanya dengan selayaknya.

Namun pada saatnya nanti, bila jodoh itu telah tiba, belajarlah untuk mencintai luka. Mulai dari babak pertama, babak kedua, babak belur, sampai babak bingkas, hingga ke babak final antara hidup dan mati sekalipun. Karena selain kata cinta, sayang, dan bahagia ... terselip kata sedih dan duka dalam sepenggal hati di tengah lapangnya dada.

Yuhuu ...

Engga kok mang, masih itu admin nya ga berubah
tapi udah sibuk sekarang haha :D

Kalo nongkrong jangan sampe berkurang bang, kan biar dia bisa ceritain gimana rasanya.. kehidupan setelah menikah jadi sharing gitu.

Sahabat tetaplah sahabat, kecuali istrinya lebih galak nah baru itu wkwkwk

Samaa .. hehehe ..
Kadang ku pakai jurus ampuh biar ngga tanya2 lagi soal privacy itu,kadang juga kucandain nganggelinnya 😁

hmmm... ini yang nikah siapa ya? mas Adi atau mbak Nia nih?

pada akhirnya kita akan menjemput masa depan kita masing2. hehehe

sabar ya ditinggalin nikah.. #eh

sabr ya mas sama omongan orng nya :)

Sahabat satu persatu pergi karena menikah.. pasti kita juga ngalamin hal seperti itu.. Itulah hidup.. Jangan sedih Adi masih ada teman - teman lain yang bisa dijadikan sahabat meskipun dalam dunia maya.. dunia blogger..Hehehe..
Semoga Adi makin sukses sebagai penulis blogger. :)

Yang paling terasa itu soal komunikasi sih

Sejak berkeluarga sahabat jadinya susah ditelpon atau dichat lama-lama

Nggak seasyik dulu

Obatnya ya cari pasangan hidup juga deh

Ntah dimana tuh orang...

#LaluGalau #TeamJones

Sedih sih pas ditinggal sahabat nikah, karena mau curhat lagi gk enak, udh beda masalah. Dulu masih lajang, bisa bahas2 masalah cwe/cwo. Skr udh nikah, masa iya bahas kaya gtu lg. Pasti yg diomongn masalah yg bbrp step lbh tinggi lg, lalu qt yg sdh trtinggal satu step bingung ngimbanginya ..

Memang sih shbt yg baik psti ttep blg, gpp curhat aja. Tp kdang qt ny yg gk enk. Krn mw gk mw, khdpn ny sdh brbeda.

Ya itu si kalau brdsrkan pngalaman ;p

Kalo sudah siap sebaiknya menikah saja, daripada di dahului teman, bikin pada baper hee sukses selalu tulisanya bagus menghibur

Kalimat nya bikin saya Baper nih mang :D

Hahaha iya tuh, tapi kadang baru nongkrong bentar udah di telpon istrinya suruh pulang hahaha :D

Hmmmmm hahahahaha
Hayo siapa, kalo saya masih setia dengan jomblo nya teh :D

Ups.. hahahaha bener tuh Mbak Tia, pada akhirnya jomblo jg berlalu :D

hehehe iya Teh, alhamdulillah banyak sahabat Blogger yang menghibur.
meski hanya saling bales di kolom komentar :D

hihihi Obatnya Pasangan hidup
tapi sekarng mungkin lagi traveling keliling indonesia atau masih sibuk ngerjain skripsi Uda.

#TemJones #LaluGalau :D

Kadang udah beda rasanya ya mang untuk curhat hihihi
tapi memang seperti ini lah kehidupan, pasti akan di lalui :D

Calon nya belum siap Mas Roli hihihi haha :D

Siap siap diberondong kapan nikah kalau dateng ke kawinan temen. Sampe budek kuping dengerin pertanyaan begituan

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon