Friday, February 2, 2018

Pacaran Bukan Sebuah Prioritas

Mysatnite.com - Pacaran Bukan Sebuah Proritas

Pacaran Bukan Sebuah Prioritas
Sumber pic Motherlap(in), lalu saya edit lagi seadanya

Sudah berapa lama saya hiatus dari yang namanya pacaran, vakum bertahun-tahun dan bertahan dalam kesinggelan. Begitu banyak pertanyaan yang menghampiri dan terkadang sedikit bingung untuk menjawabnya.

Ada yang tanya kenapa betah sekali dengan status jomblo?, ada juga yang nyidir “Hari gini jomblo, miris amat bro?”.

Walaupun dari sekian banyak pertanyaan dan sedikit sentilan untuk saya, sebagian dari mereka juga sebenarnya jomblo.

Itu hanya sebuah candaan untuk saling menghibur, di kala melihat anak yang masih SMP, SMA seliweran boncengin pacarnya.

Sedangkan kita yang sudah sering di panggil om sama anak tetangga tidak sekalipun terlihat membawa perempuan.

Tidak sedikit kalimat yang terlontar seperti “Kalian ini homo ya, perasaan gak pernah liat boncengin cewek”, pisang goreng yang tadinya masih panas tiba-tiba tertelan tanpa dikunyah lagi.

Saya tau itu hanya candaan bapak kost saja, untuk menghibur kita yang sehari-harinya begong mandangin jalan yang berdebu.

Bahkan keponakan saya yang masih duduk dibangku Smp saja sudah pandai meledek saya lewat telpon, “Om tama pacarnya mana si, jomblo ya. Kalah sama temen aku di kelas udah punya pacar”.

Saya hanya mampu menjawab dengan senyum tipis, karena saya tau ponakan saya bicara seperti itu di ajarin bapaknya, kedengeran ada yang bisikin di belakangnya.

Lagi-lagi itu hanya candaan dari orang-orang terdekat saya, mungkin mereka khawatir saya salah jalan dan menyimpang dari normalnya manusia.

Bukan saya mengabaikan setiap sentilan yang datang, pertanyaan yang menghampiri kepada saya. Namun ada yang jauh lebih prioritas dari sekedar pacaran bagi saya untuk saat ini.

Bahkan bukan hanya saya saja, setelah ngobrol ngalor ngidul bareng sahabat seperjombloan di kost, kita punya alasan kenapa kita betah menjomblo. Ada skala prioritas dalam hidup kita masing-masing.

Jandan lupa baca juga : Ketika Jomblo Menjadi Simbol Kebebasan

Fokus dengan impian yang belum terwujud dan masih diusahakan untuk di wujudkan


Setiap orang punya mimpi dan cita-cita tentunya, meskipun tidak terlalu tinggi namun tetap harus di usahakan.

Usia kita memang masih muda tapi bukan lagi remaja, kita juga pernah melewati fase dimana lagi senang-senangnya pacaran, keliling mall temanin pacar belanja, nonton, makan, bahkan anter jemput kemanapun dia mau pergi, dari sinilah ojek online itu terinspirasi.

Kita juga sudah pernah melewati fase dimana patah hati, putus, galau sampai nekat makan indomie empat bungkus pakai telor dua sama bon cabe juga,  ditambah kecap bangau, ini bukan iklan, Mysatnite tidak dibayar sama sekali.

Mungkin sekarang sudah cukup puas dengan berbagai pengalaman pacaran yang tentunya lebih banyak patah hati dan menderitanya dari pada bahagia.

Sekarang sudah waktunya untuk beralih lebih fokus terhadap apa yang selama ini jadi impian masing-masing.

Ada yang masih fokus menyelesaikan studynya karena tidak kunjung wisuda-wisuda. Ada yang masih berusaha tetap semangat di tengah-tengah godaan berhenti study.

Dan ada yang fokus mengejar kariernya demi mewujudkan apa yang diinginkan. Mungkin keinginan kita berbeda-beda tapi tujuan kita sama yaitu fokus untuk membangun diri demi masa depan.

Karena ketika dibarengi dengan pacaran, fokus sering hilang yang pada akhirnya kantong kosong fikiran resah impian melayang.

Jadi untuk kamu yang diledekin jomblo hari ini.Tenang saja,  kamu tidak sendiri bahkan kamu bisa lebih fokus membangun diri jadi lebih baik lagi.

“Mendung belum tentu hujan, dipacarin belum tentu dinikahin”


Ingin lebih serius membangun hubungan, bukan sekedar main-main lagi


Ketika remaja emosi masih belum stabil, di ledekin jomblo saja sudah terbawa emosi yang pada akhirnya tidak mau kalah dengan teman yang sudah memiliki pacar.

Asal melihat perempuan cantik saja langsung di pacarin, tidak peduli itu pacar orang atau transgender dari thailand sekalipun,  yang penting terakui kalau dirinya punya pacar dan tidak jomblo.

Untuk saat ini mungkin hal semacam itu tidak lagi mempan dengan kita yang sudah terlalu asyik menikmati kejombloan.

Meskipun ada juga rasa dimana ingin memiliki pacar, tetapi ada pagar yang bernama cita-cita yang membuat kita menahan diri.

Sekarang bukan lagi seoarang remaja, meskipun bertubi-tubi pertanyaan dan ledekan atau sekedar candaan tentang status jomblo tidak membuat kita goyah sama sekali.

Karena kita sadar hubungan bukan sekedar tentang senang-senang, makan, nonton, belanja dan keliling-keliling menghabiskan waktu.

Tapi bisa saling support dalam segala hal, bukan membatasi. Maka dari itu sekarang lebih ingin menjalin hubungan yang lebih serius, tidak perlu lagi hanya sekedar mengisi kekosongan lalu pergi dan patah hati lagi.

Hidup itu singkat, jangan sia-siakan waktu berhargamu hanya untuk sekedar patah hati dan galau.

“Pacaran itu tidak selamanya indah dan jomblo tidak selamanya suram”

>***<

Status jomblo itu bukan sesuatu yang hina, bahkan kamu bisa lebih merasakan kebahagiaan dan kebebasan dalam diri kamu.

Ketika jomblo kamu bisa bebas mengekspresikan diri dalam segala hal, mengembangkan hobi yang kamu miliki.

Berbaur dengan para sahabatmu tanpa ada gangguan telpon masuk atau sekedar pesan “kamu dimana?, telpon aku sekarang!!”.

Menjadi jomblo itu bukan nasib, tapi pilihan. Pilihan untuk bahagia, pilihan untuk fokus membangun diri, pilihan untuk kamu bisa lebih dekat dengan keluarga dan para sahabatmu.

Masih banyak yang jauh lebih penting dari sekedar pacaran, bukan tidak boleh tapi ada baiknya di hindari. Apa lagi untuk yang masih sekolah minta jajan dari orang tua, mending uangnya di tabung untuk beli kuota dan buka blog Mysatnite.

Mungkin hanya itu yang bisa saya tulis hari ini, sudah lama sekali rasanya Mysatnite tidak membahas tentang jomblo. Untuk yang membaca ini dan sudah berkeluarga mungkin bisa diberi sarannya.

Untuk yang pacaran jangan maki adminya karena kita beda pendapat dan untuk yang jomblo berbahagialah karena kamu tidak sendiri dan Mysatnite selalu hadir untuk kamu.

Tetap jadi jomblo militan yang tawakal tapi jangan radikal. Karena bukan hanya badai, jomblo juga pasti berlalu.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

86 komentar

Jomblo sampai halal atau jomblo sampai mapan nih mas, kalau boleh milih? Hehe..

Kita tos dulu min, tosss.. Wkwkwk
Sepakat, ku sepakat bgt. Yaelah mentang2 jomblo juga, wkwk

Jomblo sampai halal dan sudah mapan mas Dany :D

Hahahaha, ternyata ada yang sepakat juga
mari kita invasi bumi, jomblo bersatulah hahaha :D

Kalau buat aku pacaran itu cuma buang waktu. BiAsanya ketika sudah berkeluarga, baru orang akan menyadari pacaran sbnrnya sia-sia apalagi kalau smpe bertahun-tahun

Ciieee!! Yang mau Pacara...😱😱

Yaa!! Pacaran akan lebih baik hanya sampai 3 atau 6 bulan saja...Karena apa ingin lebih indah yaa! Kejenjang pernikahan...Menurut saya itu karena ngerasain pacaran cuma 3 bulan saja...😂😂😂

Tetapi kalau masih banyak yang harus diselesaikan akan lebih baik sabar dan Jomblo saja dulu...cari cewek mah urusan nomor 10...Sambil merem juga dapet.😂😂😂

Yang terpenting pengalaman dan carier...karena apa, kita bakal bawa anak orang..😀😀

Orang yang sudah berpikir secara dewasa harusnya memang tahu mana yang prioritas ada banyak yang harus di perjuangkan dalam menjalani kehidupan ini, soal jodoh boleh saja menjadi salah satu prioritas tapi yetap berpikir cerdas hehe

Ciiee! Yang mau ancang2 Pacaran..😱😱

Yaa! Pacaran hal yang wajar dan dalam pacaran bisa lama atau tidak tergantung kedua belah pihak yang menjalankan...

Namun akan lebih indah bila pacaran tidak berlarut. Yaa! Kaya gw pacaran cuma 3 bulan ...Nikah dah..😂😂😂

Tapi yang terpenting adalah pengalaman dan karier dulu itu yang utama....Pacar mah nomor 10 juga nggak apa2.😂😂

Kalau sudah mapan sambil merem juga didatengin cewek...😂😂😂😂

Saya lama jadi jomblo mas, dari bayi sampe umur 22, hehe..
Pacaran satu tahun, dirasa sudah cukup saling kenal, langsung merid. Udah gitu aja sih..

Kadang ledekannya itu bukan cuma homo, biasanya juga dengan sebutan Jones(jomblo ngenes). Ehe.

Lupakan saja pacaran. Ngejar masa depan lebih asik daripada ngejar cewek.

Sepakat kita! Jones pasti kegirangan nih baca artikel ini, including me! wkwkwkwkwk

Eniwei emg bner sih, umuran 25++ itu udah waktunya buat mikirin yang serius2, bukan hanya ttg hubungan, tapi juga karir masa depan...

Me too, udah males galau2an, udah males pacaran yang gitu2 aja, #curhat

Jadinya ya berusaha saja, fokus dulu sama karir, sambil dijalan lirik kanan kiri siapa tahu ada yang cocok langsung embat..hahahah

widii... mantap.. ada yg lebih prioritas..
bukan menghibur diri kan bang?? ^^

Lah jangan kenceng2 ngaku jomblo nya mbak, ntar banyak yg neror tuh :v :v

Bener banget mbak sarah, pacaran itu memang banyak buang waktunya dan hasilnya cuma uang gajian habis aja :D

Hahahaha, itu sengaja dia mas Yogi memang pengen di terror :D

Untuk saling mengenal saja ya mas Satria udah cukup
jangan sampe kenal temennya dan jadi deh sama temenya :D

Untuk saling mengenal saja ya mas Satria udah cukup
jangan sampe kenal temennya dan jadi deh sama temenya :D

Bener mbak may, cara berfikir bener bener sudah mulai berubah jg
Jodoh tetep bisa jadi prioritas tapi masa depan kita juga harus di pikirkan :D

Sampe dua kali komen nya mas Satria :D

Hahahaha rekor itu mang,
enak dong malah gitu mang.. gak harus pusing dengan namanya patah hati :D

Hahaha tidak apa ngenes, tunjukin kalo kita bisa bahagia
dan jauh lebih baik dari yang pacaran :D
ngejer layangan kayaknya seru :D

Hahaha mari kita bersatu dan invasi bumi, kalahkan stigma jomblo itu homo hahahahaha :D

Setuju mas Fauzi, sekarang sudah bukan waktunya lagi bergalau ria, sayang waktunya terbuang sia sia :D

Hahahaha ssssttt, sekalian menghibur diri juga, soalnya gak ada yang menghibur :D

Mending jomblo Mas daripada pacaran. Lebih bebas mau ke mana-mana. Soal dibully atau nggak karena nggak keliatan punya pacar, saya rasa itu persoalan sepele. Tapi itulah yang dulu bikin saya akhirnya punya pacar, karena nggak tahan dibully. Sekarang, giliran udah punya pacar malah nyesel. Tau gitu jomblo aja. Haha

Bagi seorang cowok, perjalanan menikmati kesendirian itu perlu dipuas-puaskan. Nikah mah gampang. Umur 30 juga masih belum tua-tua amat kalau mau nikah. Haha

Hari gini pacaran? Bye bye jerawat deh Wkwkwk
Jomblo knp sih selalu diintimidasi dimna pun mrk berada. Pdhl itu pilihan hidup knp orang jd terlalu byk ikut campur gitu ya.. sebel jg kadang.

Nulis jomblo mulu ini ownernya,,

Mas tama, saya tunggu postingan pernikahannya lho ya.. :D
Ehm.

Bener mas Azis, jomblo menurut saya lebih asyik
bisa bebas, punya waktu bnyak untuk bersama para sahabat dan keluarga tentunya.. :D

hahahaha, mungkin mereka risih melihat jomblo berkeliaran bebas.

Anggap aja itu bentuk perhatian mereka kepada kita mbak Daruma-san. :D

karena ini topik yang bisa saya tulis :D
Pernikahan siapa lagi ini :D

ehm juga deh..

hahahah... candaan orang2 terhadap kejombloan cukup lucu juga yach,,,,

jomblo memang memiliki sisi positif, jadi menurut saya manfaatkan dan nikmati.

Banyak juga kok yang ingin jomblo tapi ngk bisa jomblo,

Quotenta itu loh "Mendung bukan berarti hujan, dipacarin belum tentu dinikahin"

Di pacarin paling untuk di icip2, hahaha

#fakta

Hahaha. Ternyata bukan aku doang yang merasa 'jatuh' ketika mendengar anak kecil udah pacaran, sedangkan aku.. hngg.. mohon maap, pernah pacaran pun tidak. Rasanya kayak gagal dalam kehidupan :P

Tapi ya kalau dipikir-pikir, mungkin aku ditakdirkan menjomblo memang ada maksudnya. Kalau ku punya pacar, apa aku bisa bagi waktu antara kampus, pacar, hobi, teman, dan keluarga? Rasanya nggak deh. Nggak punya pacar pun aku masih keteteran bagi waktu.

Mungkin takdirku menjomblo saat ini adalah cara yang diatas ngebantu aku biar bisa cepet wisuda dan meraih cita-cita. Intinya sih, jomblo bukan sesuatu yang memalukan, apalagi merendahkan :D

Salam jomblo!

Jika sudah sipa lebih baik menikah, setelah menikah pun rasanya seperti biasa saja bahkan lebih enak tanpa beban yang seperti dibayangkan.

Sebagai jomblo yang sudah melanglangbuana, selama tiga kehidupan, memang ada perasaan sedih juga hahah, dari mulai disangka gak normal sampai disangka kaum LGB*, tapi mo gimana lagi gan, padahal macarin cewek yang bukan muhrimnya juga itu bukan termasuk perilaku normal...

😂😂
Tadi pas buka, muncul iklan yg diatas itu tentang mencari jodoh.
Eh pas dibaca artikelnya tentang jomblo. Pas mantap haha

prioritas ya cari kerja mas
pacara nomor setelahnya masih bisa

Itulah yang namanya high quality jomblo mas. 😄 Kalimat itu yang sering banget dikumandangkan kali yaa untuk menyemangati para jombloers. Termasuk saya. 🙈

cie imam idaman nih

kalau sudah begini terbantahkan sudah "pacaran sebagai penyemangat"
basi ya hehe

Jadi kalo mas Adi eh mas Tama patah hati itu bisa makan 4 bungkus Indomie, 2 telur, 2 bon cabe tambah kecap bangau?
Wah. Wah. Wah.
Saya makan indomie telur sebungkus aja kadang nggak kuat, hehehe....

Malah bagus mas Jomblo dari pada menjalani pacaran percaya deh sama saya....Soalnya saya juga tidak pacaran waktu mau nikah sama ibune bocah toh Alhamdulillah dikaruniai anak 3

bner mas prioritas kalo mau nikahntinggal datangin aja orang tuanya langsung

mana ada Jomblo halal wong persediaan sabun mandi selalu cepat habis gituh kok, sebelah mana halahnya, coba?


bagi seorang jomblotragis mah artikel seperti ini memang layak dan dipermaklum, dari pada ngelamun yang jorok-jorok mah

Se7 sekali saya dengan anda karena saya juga sama" jones, salam jomblo :D wkwkwk
Kocak banget udah baca artikelnya sedikit lucu di tambah komentator dan jawaban ownernya, wkwk ;v

Ada kata pepatah, pacaran itu ibarak kata menjaga jodoh orang lain. Coba bayangkan, kita yang perhatian setengah mati bahkan rela berkorban mengeluarkan duit. eh tahu tahu dia nikah sama orang lain. Apa tidak ngenes?
Focus pada kebaikan dan kemapanan diri, suatu saat jodoh akan datang dengan tiba-tiba. Entah bagaimana caranya, kita dipertemukan oleh waktu dan tempat yang tidak terduga.

Bener Kang Nata
banyak sekali candaan yang lucu menurut yang bercandain
tapi bagi yang di candain kadang itu nyesek lo :D

Bener banget mas Idris, sekarang miris lihat orang pacaran terlalu ekstrim
bahkan lebih ekstrim dari aksi limbad :D

Sekarang lihat linimasa di sosmed selalu di hiasi dengan anak Smp, sma yg pacaran.. lah kita ngapain hahaha

Malah enak dong mbak Nindya bisa fokus dengan diri sendiri dan tujuan hidupnya.

Tenang saja Jodoh tidak akan tertukar walaupun terpisah pulau dan lautan.. :D

Salam Jomblo :D

Bener banget mang
lebih baik nikah saja jika sudah siap :D
jangan nunggu lama lama lagi :D

Suhuuu, ternyata kang Ahmad sudah berpengalaman menjadi jomblo.
Sungkem kang hahaha..

Tapi sekarang prilaku yang tidak normal bisa jadi normal2 saja kang :D

Hahaha mungkin iklan nya tau banyak jomblo yang akan hadir disini :D

Bener banget mang, pacar bisa mengikuti kalo kita udah ada kerja dan duit :D

Hahaha... setidaknya kita bisa menyemangati diri sendiri seblum ada yang menyemangati :D

Iya mbak sitti, bahkan bungkus2nya saya telen kadang :D

Waah ini bisa jadi kisa inspiratif buat kami para jomblowers Mang Dwi.
Tidak perlu pacaran, cinta itu akan mengikuti dengan adanya kebersamaan :D

Setuju, kalo kata kang emil.. Rayu orang tuanya deketin ibunya.
jangan aja nikahin ibunya tapi :D

Kalo gitu mari kita bersatu Ko Dedy..
kita invasi bumi dan kerahkan seluruh kegalauan dalam bentuk karya heheh :D

Salam jomblo juga mas Mayuf,,
Ownernya menghibur diri nih biar gak kesepian jadi gini deh :D

Haduh jadi teringat kembali kebodohan saya waktu itu mas bumi, rela beli pulsa dan menghabiskan waktu mendengar curhatan doi dan kurang mendengarkan nasehat teman.
Akhirnya patah hati lagi kan ..
tapi sekarang jomblo membuat saya tegar bertahan dalam kesendirian.. alah ngmong apa ini..

jomblo bisa fokus memperbaiki diri untuk meningkatkan kualitas diri :D

Komen legend di blog ini yang saya tunggu nih kalo ada update tentang jomblo haha
Nanti saya bikin artikel deh jomblotragisnya mang :D

pacaran?
nikah aja
tapi sama siapa
wkwkwk
*jomblo

Untuk saat ini, kita nikmati aja masa-masa jomblo. Jomblo is free guys!

Aduhhh yang dibahas... jomblo...

Kalau ada orang tanya gimana sih rasanya jadi jomblo... suruh ngadep saya
...

Kalau ada orang ngeledek kamu jomblo lapor saya...

Kalau ada orang mendiskriminasi orang jomblo ngomong saya juga...

Kalau ada yang merasa jadi jomblo itu gak bisa berkembang seleding aja kepalanya...


Karena saya jomblo... saya biasa aja jadi jomblo...

#gak ada masalah

enaknya pacaran setelah menikah dek dijamin , hati bersih dan uang yang keluar jadi pahala karena diberikan kepada istri
maaf dek satu minggu ini sakit saya jadi nggak sempat berkunjung

udah, jangan pacaran. Langsung halalin aja :P

Kwkwk, kebayang keselek pisang goreng karena komentar yang nggak banget.. :D

Seperti nya iya mas biar ada yg deketin ntar :D

Di bulan februari ini banyak bener ya yang posting mengenai status hubungan.

Ganti penggunaan kata jomblo dengan kata single deh.

Single itu pilihan untuk menyendiri yang berprinsif, jomblo itu sendiri karena nasib. Silakan dipilih. hahaha

Aku sempat sih pacaran ya masa-masa sekolah dulu lah. Tapi setelah saya pikir lagi, ikut kajian, pengajaian dll. Ternyata waktu nggak hanya dihabiskan untuk main saja, masih banyak yang harus dicari, terleih bekal untuk pulang nanti.

Makin kesini makin tahu mana yang harus di prioritaskan memang ya, Mas. Dan nggak usah risau juga masalah jodoh. Toh, seklagi kita sudah siap. Allah pasti memberikan jodoh.

Sudah ada kali 4 tahun lah lebih semenjak memutuskan nggak pacaran, memilih untuk jomblo. Memang sih cibiran baik lelucon ataupun tidak ada saja. Tapi aku selalu anggap itu hanya angin berlalu saja. Kalaupun ditanggepin serius, malah bikin hati ini kotor aja.

Lagipula semenjak bener-bener jomblo, aku bisa memanfaatkan waktunya untuk bener-bener bermanfaat. Dulu diawal target nulis buku harus satu, minimal seumur hidup. Tetapi setelah memanfaatkan waktu lebih, memngaturnya sedemikian rupa, justru satu tahun bisa nulis buku bareng-bareng temen juga.

Yang jelas mas Adi juga bisa merasakannya lah, jika dibandingkan dengan punya pacar itu sendiri.

Hahahaha yang penting jangan sama kucing aja mas Ikrom.
salam jomblo aja deh :D

bener mas Indra, nikmati kebebasan saat jomblo :D

Hahahaha, ntar saya lapor deh kang nuhun.

Ternyata jomblo juga, kita semua jomblo hahaha :D

Bener banget mang
kalo pacaran uang habis tanpa dapet apa2 yg di sisain patah hati

gpp mang, gimana sekarang sudah sehatan kah?
semoga selalu d berikan kesehatan :D aamiin

Iya nanti saya bawa ke kantor MUI, di cap halal di jidadnya :D

Hahahaha..masih utuh dan panas lagi mbak muyas..
itu bahayanya ledekin jomblo haha :D

Hahahaha,, saya pernah jelasin di postingan dgn judul jomblo atau singgle kamu tetap sendiri.
hanya perbedaan bahasa, yg satu dari sunda yg satu dari bhs inggris.
menurut saya kalimat jomblo lebih asyik kok
semua kembali kepada perspektif masing masing saja mas uyo hehehe :D

Berarti sama kita mas Andi
saya juga sdh 4 tahun memutuskan untuk menjomblo
mulai hijrah dan mengenal bahwa tidak perlu pacaran
kalo memang suka ya halalin aja jgn di pacarin
setelah menjadi jomblo juga saya merasa kehidupan bebas dan bisa melakukan banyak hal.
tanpa ada yang mengganggu.

Seperi bisa punya waktu untuk orang tua dan para sahabat. saat punya pacar mah kita waktunya harus fokus ke dia saja.

ttp nikmatin jomblonya sampai Allah mempertemukan kita dengan jodoh yg sebenarnya :D

kasian liat para jomblo2 ngenes.. :D

wkwk.. pergi ke stasion coba bang.. distasion biasanya ada makhluk jadi2an yg menghibur.. :D

Diiih jomblo !!!

Sama saja sih mas, saya mah udah 4 tahun jomblo, asik asik saja. Gebetan sih banyak yang jadi gk ada wkwkw bukan karena ditolak tapi karena memang gk mau. Inginnya sih langsung serius saja kalau udah ada modalnya

Kalau bisa bikin grub jomblo tuh biar makain solid karena jamblo...

Hahhah

Alhamdulillah sudah baikan dek siap beraksilagi

No koment ah kalo masalah kayak gini.. Aku juga lagi mencoba nulis novel Terbaru tentang Jomblo. Mungkin bahasan dari mysatnite cukup menambah pengetahuan tentang jomblo. Hhahaha.. Padahal sayanya juga jomblo... Huahhh

nah.. harus jomblo dlu klo mau nulis novel tentang jomblo.. bila perlu jomblox tingkatan ngenes..biar memperdalam karakter..^^

Bener tuh, bukan prioritas, koq. In syaa Allah, orang-orang baik akan berjodoh, gak perlu ngoyo. Akan indah pada masanya :)

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon