Wednesday, January 10, 2018

Mengusir Rasa Kesepian

MySatnite.com - Kesepian

Mengusir Rasa Kesepian
Sumber pic pixabay dengan keyword "Kesepian" terus saya edit lagi.

Dalam hidup ini kita terkadang sering merasakan sebuah perasaan negatif yang hanya merusak momen indah kita. Tanpa disadari perasaan negatif yang muncul membuat kita kadang ingin melakukan hal-hal diluar akal sehat.

Perasaan negatif juga banyak menimbulkan masalah untuk diri kita sendiri. Salah satunya rasa kesepian, saya percaya setiap orang pasti pernah merasakan namanya kesepian.

Kesepian bisa menyerang siapa saja, bahkan artis terkenalpun bisa dirasuki oleh kesepian. Banyak yang sampai melakukan tindakan bunuh diri karena merasa dirinya kesepian.

Menurut laman Wikipedia kesepian adalah keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya.

Hanya itu saja, saya juga tidak begitu mengerti dengan kalimatnya. Kesepian itu merujuk kepada kesendirian, tanpa teman. Tapi tidak semua kesepian itu harus sendiri atau tanpa teman dan orang-orang disekitar kita.

Dalam kehidupan nyata banyak yang merasakan rasa kesepian meskipun dalam keadaan ditengah kerumunan atau keramaian.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang merasakan kesepian, dari hal kecil seperi perpisahan, patah hati, sebuah penolakan, dikucilkan, sebuah transisi kehidupan pun membuat kita merasakan kesepian seperti menjadi tua dan ditinggalkan oleh anak-anaknya  dan masih banyak lagi.


Jangan lupa baca juga : Usia Bertambah Sisa Hidup Semakin Berkurang

Sesekali perhatikan sekitarmu, perhatikan orang lain


Rasa sepi terkadang hadir karena kita hanya peduli dengan diri kita sendiri, ingin diperhatikan tapi kita tidak pernah mencoba untuk memperhatikan orang lain.

Mulai dari memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan, karena membantu sesama akan mengikis sedikit demi sedikit rasa kesepian kita. Membantu sesama juga menimbulkan perasaan bahagia  yang akan membuat kita lebih tenang.

Hal ini pun dapat membantu kita lebih dekat dengan lingkungan sekitar, memahami rasa sosial dan menajai lebih empati.

Merobohkan tembok yang menghalangi antara kita dan orang-orang yang ada disekitar kita. Pada akhirnya rasa kesepian itu akan hilang dengan sendirinya.
Baca juga : Memberi dan Sebuah Kebahagiaan.

“Kesepian harusnya membuat kita sadar, bahwa dalam hidup ini kita membutuhkan orang lain”


Berbagi cerita kepada orang-orang yang bisa kita percaya


Tidak perlu malu untuk mengakui bahwa kita sedang merasakan kesepian, ceritakan kepada orang yang bisa kita percaya.

Mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan rasa kesepian dalam diri, namun paling tidak sedikit meringankan.

Ceritakan yang apa yang membuat diri kita merasa kesepian, mintalah solusi terbaik dari sahabat kita tadi.

Itulah kenapa kita perlu setidaknya satu orang dalam hidup ini yang bisa kita percaya untuk saling berbagi.
Baca juga : Sebutir Berlian dari Sebuah Pertemanan

“Kesepian tidak akan pernah lebih kejam dalam kedekatan erat dengan seseoarang  yang berhenti untuk saling peduli”


Mengadulah kepada yang menciptakan berbagai macam perasaan dalam diri


Berbicaralah kepada yang maha kuasa, ini jalan terakhir untuk menghilangkan rasa kesepian dalam diri ini.

DIA lah yang membolak-balikkan perasaan kita. Mengadu dan bicaralah dalam setiap sujud dan doa, coba untuk instrospeksi diri.

Mungkin ada yang salah dalam diri kita, yang dibuat sengaja ataupun tidak. Selama kita paham dan mengerti tentang hal itu, kita tidak akan pernah benar-benar merasakan kesepian ataupun kesendirian.

Doa adalah jembatan, obat dari segala penyakit kegelisahan. Obat penenang jiwa dikala rasa sepi tiba.
Baca juga : 3 Hal Sederhana yang dapat membuatmu bahagia tapi sering dilupakan

“Terkadang orang yang selalu ingin membuat orang lain bahagia adalah orang yang paling sering merasakan kesepian”

Ingatlah satu hal, rasa sepi hanya terbentuk saat emosi negatif hadir menyelimuti hati. Cobalah untuk keluar sejenak, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk sekedar mengusirnya.

Jika kita merasa kehidupan memberikan sebuah rasa pahit, buatlah rasa pahit itu menjadi sebuah jamu yang menyehatkan. Agar orang lain merasakan manfaatnya maka berbagilah, karena hidup bukan tentang diri kita sendiri.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

44 komentar

ownernya lg Kesepian di tinggal sm orang yah? :D

typo lagi :
1.Berbicaralah kepada ang maha kuasa,
2.Coabalah untuk keluar sejenak,
3.Jika kita merasa kehidupan memeberikan sebuah rasa pahit,

Alhamdulillah saya jarang merasa kesepian...tiap hari rumah selalu ramai dengan keceriaan ke 3 anak saya apalagi kalau sudah didepan kompi bawaannya waktu telalu cepat

Pecahkan saja gelasnya, biar rame,,,
Kadang gw juga merasa kesepian dan jenuh, biasanya traveling dan nontin jd solusi ,, hee

aku selalu kesepian, setiap malamku lalu kuhabiskan berdua dengan Nya dan hilang semua kesepian itu

Bermain dg kucing biasanya klo kesepian. Atau nonton film. Tapi kalau merasa sepi di keramaian itu yg susah diobati dg 2 cara biasa td 😁

Kesepian zaman now mah hape lowbet dan gak punya kuota wkwk

Ngopi dulu mas, biar tau yang pahit sekalipun bisa dinikmati.

Kalo lagi galau emg banyak typo nya wkwkwkwkwk

Jadi, kemana ini larinya? Ke hutan belok ke pantai, apa ke pantai belok ke rumah mantan? hahaha

aku malah suka sepi
bisa nulis baca baca ato ngapain
klo rame malah pusing hehe

aku malah suka sepi
bisa nulis baca baca ato ngapain
klo rame malah pusing hehe

kadang kesepian itu mendewasakan kita untuk menjalani kehidupan. kalau kata teman saya, "kalau kamu kesepian, telp aku, kita nongkrong dan ngobrol mengenai kehidupan. agar hidup lebih hidup dan kehidupan itu bisa kita hidupkan dengan hidup yang sesungguhnya"

biasanya ada juga orang yang sukanya sepi, bisauntuk merenung atau ngerjakan sesuatu yang perlu ketenangan

hahaha ditinggal tetangga pidahan :D
gak tau kenapa typo terus :D

hahaha ditinggal tetangga pidahan :D
gak tau kenapa typo terus :D

Teh manis aja la mas fauzi, kopi mungkin terlalu pahit untuk ah sudah la.. haha :D

Kalo udh punya anak dn kluarga rame y mang
Gak terasa kesepian :D

Nanggung mas idris, mending bakar aja sekalian kost ny, kan jd rame haha :D

Mengadu hanya kepada-NYA. Rasa kesepian akan hilang y mang :D

Sayang kucing saya udh gk tggal sama saya lg
Sepi dlm keramaian obatnya hanya kepadaNYA :D

This comment has been removed by the author.

Klo kata temen sya, mending ktinggalan dompet dr pada Hp:D

Saya jg lebih suka sendiri klo soal mgerjakan sesuatu, agar lwbih tenang dn lwluasa :D

Bner tuh mbah, kesepian mnyadarkan kita tntang perenungan
Instropeksi diri
Kdang memang diperlukan :D

Seperti nya saya harus lebih sering mampir ke blog agan ini, supaya bisa dapat banyak insfirasi dan motivasi.
Keren gan artikel nya, bermanfaat buat saya pribadi :)

Insya Allah dek Dialah sebaik-baik penolong

Mari olahraga dulu, Mas.. Biar nggak kesepian :D
Memang harusnya gitu, kesepian yang seharusnya dicurhatkan kepada-Nya. Biar tenang dan damai..

Kalau lagi sepi, terlebih pagi. Keluar, gowes deh. Selain dapat kenalan dijalan biasanya, aku jg bisa merasakan kesejukan udara pagi...he

Mkasih mas silahkan mampir dan pantengin artikel disini, semoga bermanfaat hehehe :D

sepertinya memang harus sering olahraga nih
saya bisanya hanya hari minggu di car free day..
saya lebih suka lari, karena gak ada sepeda :D

aku pernah dengar kata2. "kesepian itu hal yang menakutkan". hehehe

Sepi dan sendiri itu memang gak enak mas.. mendingan rame-rame, lebih seru dan bisa menghilangkan segala hal negatif bila kita hanya seorang diri...

Kalau kesepian, saya biasanya nyoba keluar dan naik motor entah kemana. Yang penting jalan dulu aja, nanti bakal nemu sesuatu yang tetiba bisa menghilangkan rasa kesepian itu. Bukan menghilangkan ding, setidaknya mengurangi...

Kalau masalah cerita ke temen, saya ngga terlalu bisa. Malah sukanya tak simpen sendiri aja.

Sy jarang ngerasa kesepian apa karena sy terbiasa di rumah aja nggak ke mana2, ya..hehe. Terlebih memang sudah ada anak-anak di rumah, entah nanti kalau mereka sudah besar dan mulai sekolah semua..makannya sy menulis buat jadi penghibur, selama menulis, saya nggak ngerasa bosan di rumah.

Saya malah senang berlindung di balik pikiran negatif. Semua hal yang orang lakukan pasti saya anggap hanya sebuah motif. Haha.. :)

Soal sepi saya sepanjang hri kesepian karenna saya adalahseorang jomblo mas haha.

saya nggak jomblo tapi rasanya juga sepi-sepi aja mas wkwkwkwkwkwk

Tapi tak semenakutkan mendengar kata mantan punya gebetan baru kan mas Indra :D

Bener mang, kalo lagi jalan jalan. Rame rame jg bisa lebih murah karena bisa patungan hehe :D

Waah tips baru nih
nanti saya coba kalo lagi merasa kesepian
keliling keliling
yg penting gak ketilang aja ya mas wisnu hehe :D

Kalau sdh punya anak di rumah terasa rame aja ya mbak muyas
menulis memang terapi paling mudah :D

Hahah.. tapi memang kadang kita butuh untuk sendiri
mengela diri sendiri dan memahami situasi :D

Kang fajrin sering nongkrong di kuburan kali hehehe pisss :D

itu tandanya.. udah mulai butuh pasangan hidup :P

Untuk orang introvert kayak saya, kesepian adalah sahabat terbaik. Hehe.

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon