Friday, January 12, 2018

Sebuah Perubahan, Perlukah?

MySatnite.com - Perubahan 

Sebuah Perubahan, Perlukah?
Sumber Pixabay dan lagi lagi saya edit


Dunia yang semakin dewasa, bumi yang semakin tua. Manusia yang masih dengan sifat serakahnya. Haus akan kekuasaan, haus akan pengakuan dan terkadang rela melakukan apapun demi keinginannya terwujud. Walaupun harus mengorbankan harga diri dan keluarganya.

Namun saya tidak akan membahas tentang manusia-manusia itu. Saya ingin membahas perubahan dalam diri saya sendiri. Setelah kemarin saya membahas tetang bertambahnya usia namun berkurang sisa hidup didunia.

Setelah 24 tahun saya hidup didunia ini, merasakan susah senang, pahit manisnya kehidupan. Dari pertama kali melihat atap rumah persalinan sampai melihat megahnya langit jakarta.

Begitu banyak yang saya lalui, pelajaran dari orang yang saya temui, tempat yang saya kunjungi dan orang-orang yang silih berganti mengisi kehidupan saya.

Pertemuan dan  perpisahan membuat saya semakin hari semakin belajar tentang kehidupan. Tentang saling menghargai, menghormati  dan kesadaran untuk menghargai waktu bersama orang-orang yang yang berada dilingkaran kehidupan saya sebelum perpisahan tiba.

Dari yang tertatih melangkah sampai kini yang mampu berlari, dari yang hanya disuapi kini bisa mencari sendiri.

Tidak terasa waktu begitu cepat, perubahan semakin pesat. Yang muda menjadi dewasa,  yang dewasa menjadi tua. Begitulah hukum alam dan siklus perubahan dalam diri manusia.

Namun ada seorang sahabat lama yang bertanya “Tam, semakin hari kita semakin dewasa. Tapi apakah sebuah perubahan itu perlu? Dan Kamu sudah banyak berubah sampai aku tidak begitu mengenal dirimu?”.

Pertemuan dengan sahabat yang memang sudah lama tidak pernah berjumpa, tentu saja banyak perubahan.

Jangan lupa baca juga : Mengusir Rasa Kesepian

Dunia yang memaksaku untuk berubah


Sekarang saya hidup dizaman yang katanya modern, dimana semua orang bergantung dengan namanya teknologi.

Bahkan untuk belanja saja tidak perlu lagi kepasar atau ketoko, hanya dengan menggeserkan jari saja semua tersedia.

Berbanding terbalik dengan kehidupan saya dulu, teknologi itu mahal. Hanya di jangkau orang-orang yang berkantong tebal.

Hari ini saya merasa seperti hidup dimasa depan dengan semua kecanggihan yang ada. Kecanggihan yang hanya sebuah angan dimasa lalu. Seperti mimpi saja, perubahan itu begitu cepat.

Inilah yang memaksaku untuk berubah, dari segi pemikiran, konsep hidup, pandangan tentang masa depan dan beberapa hal lain yang memang harus saya rubah, karena zaman yang semakin sedikit gila.

Namun yang paling penting perubahan diri menjadi lebih dewasa, menjadi lebih empati terhadap sesama, menjadi lebih peduli dengan sekitar. Karena saya sadar bukan anak remaja lagi yang masih bingung mencari jati diri.

"Satu hal yang kita tau tentang masa depan, yaitu masa depan tidak akan sama dengan hari ini"

Melupakan harapan dan impian lama


Begitu banyak harapan-harapan yang dituangkan dimasa lalu dan itu tidak lagi relevan dengan hari ini. Begitu juga impian yang terlihat sudah tidak realistis jika dilihat lagi sekarang.

Ini salah satu bentuk perubahan yang saya lakukan, bukan menyerah dengan impian yang sudah sekian lama di inginakan.

Tapi saya mencoba untuk lebih melihat yang realistis, mencapai impian-impian yang sudah ada didepan mata.  Namun tetap dengan misi visi yang tidak pernah berubah karena masih sejalan dengan impian sekarang.

Karena jika saya memaksakan untuk mempertahankan impian dan harapan lama, semua akan menjadi sia sia. Sia-sia di waktu, sia sia di usia yang semakin tipis. Yang lama tidak tercapai, yang hari ini pun  akan terbuang. Kita hanya bisa berencana tapi Tuhanlah yang menentukan segalanya.

"Ubahlah dirimu sendiri dan kau akan merubah keberuntunganmu"

Saya tidak pernah berubah, hanya saja pemikiran dan cara pandang saya tentang kehidupan yang berubah


Saya tetap seperti ini, mungkin hanya fisik yang berubah semakin tinggi dan besar karena memang itu siklus kehidupan.

Selain itu cara berfikir dan cara pandang saya tentang kehidupan yang semakin berubah. Mungkin yang dulu hanya memikirkan diri sendiri, bersenang-senang. Sekarang lebih memikirkan untuk fokus mulai menata kehidupan.

Memikirkan masa depan berfokus memantaskan diri menjadi lebih baik lagi, selama masih ada kesempatan berubah dan memperbaiki diri.

Seperti kota yang saya tinggali sekarang , yang semakin hari semakin berubah, dari wajah yang lusuh kini tertata namun tetap riuh, untung saya tidak pernah kehilangan rasa kemanusiaan saya disini.
"Sekedar berubah saja memang tidak cukup, kita butuh berubah kearah lebih baik"

Perubahan itu perlu dan dibutuhkan


Perubahan sangat perlu, tapi perubahan yang kearah positif. Perubahan yang membawa diri kearah yang lebih baik.

Berubah bukan berarti meninggalkn norma-norma kemanusiaan, mencekik sesama saling sikut kiri kanan demi kepentingan.

Itu bukan sebuah perubahan tapi kemunduran, kemunduran kembali kezaman adab tidak berlaku.

Perubahan perlu untuk diri kita sebagai introspeksi diri, meninggalkan hal-hal yang sia-sia untuk mencapai apa yang kita inginkan namun tetap harus realistis.

Perubahan di butuhkan untuk kita mengenal diri kita sendiri, untuk kebaikan diri kita sendiri dan orang – orang terdekat yang kita sayangi dan tentunya untuk masa depan kita.

"Segala sesuatu pasti berubah, tidak ada satu halpun yang tetap dan tidak berubah"

***

Dewasa ini semua semakin berubah, dari kehidupan dan juga prilaku manusianya sendiri. Semua kembali kepada diri kita. Mana yang harus kita rubah dan mana yang harus kita pertahankan.

Kalaupun tidak bisa dirubah setidaknya bisa diperbaiki. Lama hidup banyak dirasa, jauh berjalan banyak dilihat.

Untuk diri saya dimasa lalu, terima kasih atas kerja kerasnya, terima kasih atas semangatnya, pantang menyerah. Meski berat yang di lalui, begitu banyak air mata yang kamu keluarkan, banyak keringat yang mentes dan kegagalan demi kegagalan yang kamu terima.

Namun berkat kegigihanmu, hari ini saya bisa berdiri disini. Sedikit tersenyum memandangi potret diri dari masa lalu yang sedikit lusuh namun penuh semangat.

Setidaknya saya pernah berharap berubah jadi power rangers warna merah, itu dulu.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

43 komentar

kalau saya dulu pernah mau jadi berubah jd danker dgn cincinnya yg bs bikin kita gak kelihatan, bisa iseng bobol semua bank trs jadi kaya, haha masa lalu..

terima kasih masalalu..

udah dewasa, owner kapan nikah? :D

Khayalan tingkat tinggi ya.. ini sudah pikiran tindakan kriminal.
saya laporin nanti.

masa lalu yang mana nih :D

Kapan kapaaaannn, kita berjumpa lagi :D

Seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya usia, dgn sendirinya pola pikir kita akan berubah memandang suatu objek..

Mau gak mau, suka gak suka ,, perubahn akan tetap ada

Perubahan pasti ada di setiap orang. Bisa dari pergaulan dan pengalaman faktor2 yg memperngaruhinya.
Bersyukurnya kalau perubahan lebih banyak ke yg baik 😊

dalem banget koment khayalan nya Mba Nia yah :D

Kalau menurut saya Pribadi Perubahan itu sangat diperlukan Mas. Apalagi tentang cara pandang, cara berpikir dan cara menjalani kehidupan yg sering kita jalani. Apa lagi sekarang jaman sudah super canggih yg mau nggak mau kita harus bisa menyesuaikan diri dgn perubahan jaman yg ada. Tentunya perubahan tsb adalah ke hal-hal yg positif dan bermanfaat khususnya bagi diri sendiri dan bagi yg ada di sekitar kita

Sebuah Catatan reflektif yang mencerahkan. Banyak hal yang saya amini di sini. Beberapa peristiwa yang nyaris serupa dengan kehidupan saya pun tersaji di sini.

Luar biasa.

izin copas quote nya bang buat status.. mantep dah...

"Ubahlah dirimu sendiri dan kau akan merubah keberuntunganmu"

baru-baru ini saya membuat catatan, biar dilain waktu ketika mengevaluasi apakah ada perubahan didiri saya, perubahan menurut saya itu tuntutan.

Hidup sebuah pilihan Sob. Perubahan perlu, namun jangan berubah mengikuti gaya orang lain jadilah diri sendiri.

Dia emang gitu mang
Khayalan ny udh gk tanggung2 lg :D

Bner tu mas idris
Mau tidak mau
Perubahan pasti terjadi pada diri kita :D

Bner bget mbak anggun
Banyak faktor yg mempengaruhi perubahan kita
Yg pnting perubahan itu berdampak baik untuk kita :D

Perubahan yg membawa kita menaiki level kehidupan yg baru
Tentunya hal positif unthk masa depan kita y mang :D

Kdang tnpa sadar bnyak hal terjadi antara satu k orang lain itu sama
Namun hnya tmpt dn wktu yg berbeda :D

iya silahkan mas juni
Yg pnting jangan hujan terus y :D

Boleh saya coba jg nih tipsnya
Tentunya bs mnjadi tolak ukur sampai mana kita naik levelny :D

Bner banget mas sodikin
Tetap dengan pendirian sendiri sambil emngevaluasi diri :D

Evaluasi diri itu harus. Bila perlu serutin-rutinya. Boleh kita terjungkal di masa lalu, yang penting selalu survive di masa depan.

Setiap perubahan selalu ada pada diri manusia. Terkadang nggak perlu waktu, setiap hari juga bisa berubah, tentu berubah jadi lebih baik dan positif tentunya yang kita inginkan..

perubahan mutlak diperlukan selama ia menuju kearah yang baik , karena kita tidak akan pernah mapan selalu butuh perbaikan

Bila sempat coba berubah, bila tidak sempat coba berbalik. Mundur untuk berbenah lagi sebelum ada kesempatan untuk mencobanya.

Closing statementnya...kok sama. Hahaha...
Kadang masih kepikiran sampai sekarang malahan, gegara beberapa bulan lalu nyoba download serial Power Ranger generasi pertama jaman 90an. Mighty Morphin Power Ranger.

Selama perubahan itu kearah yang positif dan nggak merugikan, it's oke. Setuju nih saya, semakin dewasa setidaknya kita bisa merubah cara pikir dan pandangan tentang masa depan diri pribadi.

Suka atau tidak suka, Perubahan pasti akan terjadi ya mas, tugas kita adalah mengisi perubahan tersebut dengan hal-hal yang positif.

Sha feel the same! mungkin karena.. umur kita sama ya.

Bener banger mas Imron
Merubah kearah yang lebih baik demi masa depan :D

bener banget mas Andi
yang penting perubahan itu berdampak baik untuk kita di masa depan :D

Bener itu mang
Perubahan memang sangat di butuhkan seiring bertambahnya usia dan tanggung jawab :D

Tapi jagnan terlalu jauh berbalik
karena kemunduran tidak terlalu baik hehehe :D

Hahaha itu memang masa acara masa kecil yang sulit di lupakan ya mas wisnu :D

Benre banget, smeakin bertambahnya usia pemikiran juga harus berubah kearah yang lebih baik lagi :D

Benr itu mang
selama kita mampu mengisi dengan hal hal postif, perubahan juga akan berdampak baik untuk kita :D

Waah ternyata ada yang sama umurnya sama saya :D

Bukan hanya perlu, tapi niscaya. Hee

Kalau kita nggak ada perubahan, pasti bakalan tergilas (mati). Inspiratif artikelnya.

Kita perlu berubah dan pasti akan berubah, harapan berubah seiring dengan zaman dan usia anak manusia yang seharusnya diharapkan adalah agar kita mampu mengarahkan kemana dan apa yg harus dirubah agar hidup tidak sekadar hidup

Semua berubah dengan cepatnya tanpa kita sadari. Semua hal berubah dan yang tidak berubah ya perubahan itu sendiri.
Untung saya masih ingusan, jadi belum begitu merakan tentang semua hal perubahan. Belum terlalu banyak makan asam garam.

Mas, kebalikan usianya , saya empat dua..hahaha

Keren refleksi dirinya, semoga perubahan yang membawa kebaikan ya..Aamiin. Dan, juga ganti jadi PW merah juga #eh :D

Saya setuju mas dengan kalimat ini "menjadi lebih peduli dengan sekitar" saat ini saya rasa kebanyakan orang sudah kurang perduli dengan sekitarnya tapi malah selalu sibuk dengan gadgetnya

Itulah kenapa ada partai Nasdem, Gerakan Perubahan!

Wah menarik, sudah 24 tahun saatnya melakukan perubahan impian2 yg realistis.. Lebih pd cara berfikir untuk mengambil peluang yg ada.. That's good, syemangat kakak!

Menurut saya perubahan itu emang perlu. Apalagi kita juga harus beradaptasi dan zaman yang terus berubah dan keadaan yang nggak selalu seperti yang kita bayangkan.

Kayaknya kalau sekarang sudah bukan power rangers, ya. Tapi, Superman kayak di animasinya..hehe

tulisannya itu bikin aku merenung..
akan begitu sayang jika harapan hilang karena manusia tanpa harapan itu pasti goyah..
jika harapan hilang semoga harapan-harapan baru muncul dan bisa jadi kita semakin kuat bertahan dikerasnya kehidupan.

Ada juga orang yang bilang kalau impian lama udah nggak relevan dan harus diganti dengan impian baru. Well. Saya nggak setuju. Bahkan impian masa kanak-kanak pun masih bisa diwujudkan asal ada kemauan kok.

Tapi untuk poin terakhir di perubahan, saya setuju sama kamu. Perubahan ada bukan karena tuntutan internal, namun juga karena adanya faktor eksternal. Lingkungan dan jaman :)

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon