Saturday, January 6, 2018

Mendapatkan Ide Untuk Menulis

MySatnite.com - Sebuah Ide Itu Sangat Berharga

Mendapatkan Ide Untuk Menulis
Sumber pic Pixabay dan saya edit lagi

Terkadang kita berusaha keras untuk menemukan ide, otak dipaksa untuk berfikir diluar batas. Saya pernah melakukan hal seperti ini, dimana saat benar-benar tidak ada ide untuk sebuah tulisan. Sebenarnya banyak tutorial dan tips di om gugel yang membahas cara mendapatkan ide, inspirasi dan sebagainya.

Namun memang sulit kalau kita masih pemula ataupun baru memulai untuk menulis, bahkan orang yang setiap harinya menulis saja terkadang bisa kehabisan ide.

Saya punya beberapa blogger indonesia yang saya kagumi, mereka bukan blogger besar. Namun eksistensi mereka dan kontribusi mereka di dunia perbloggeran cukup baik.

Terkadang saya merasa bingung, bagaimana mereka mampu mengolah ide menjadi tulisan yang baik dan cara mereka mendapatkan ide itu seperti apa?, Setiap kesulitan ide, apa yang mereka pikirkan?

Dan ini selalu menjadi pertanyaan saya setiap waktu.

Namun semakin saya berusaha untuk menemukan ide, semakin semuanya sia sia. Otak ng-blank, alhasil satu tulisanpun tidak ada.

Disini saya semakin bingung dan timbulah rasa malas untuk ngeblog lagi. Itulah kenapa saya tidak pernah konsisten ngeblog, dan alhasil blog blog yang saya buat terbengkalai.

Jangan lupa baca juga : Belajar Dari Kucing Untuk Membuat Sebuah Konten

Hal kecil untuk sebuah inspirasi


Sore tadi, sepulang kerja. Ada seorang teman yang nyamperin saya. Ia mengajukan beberapa pertanyaan.

“Bro, gimana ya biar ide itu terus ngalir?” “Gimana cara mengolah ide yang kita dapat tadi?” “Saya pengen banget bisa produktif nulis diblog, tapi bingung memulainya?”

Kebetulan teman saya ini baru memulai blog, setelah beberapa kali membaca postingan saya diblog ini, ia memutuskan untuk memulai ngeblog . Alhamdulillah akhirnya ada sedikit manfaat juga artikel saya.

Menumbuhkan ide dan inspirasi dari hal hal kecil dan sederhana, ini lah yang saya terapkan dalam tulisan diblog saya.

Mulai dari lingkungan sekitar kita


Seperti tulisan saya sekarang yang sedang kamu baca ini, tadinya saya tidak pernah berfikir untuk menulis ini. Tapi ada seorang teman yang mengajukan pertanyaan seperti itu. Kenapa tidak saya buat artikel saja?.

Walaupun di luar sana sudah banyak yang membahas tentang  cara mendapatkan ide menulis. Tidak ada salahnya saya juga ingin berbagi pengalaman yang saya dapat, lagian memang sedang tidak ada ide lain juga.

Hampir semua tulisan yang ada diblog ini mengambil dari kejadian sehari hari saya, yang ada di kost, ditempat kerja, dijalan.

Karena sebenarnya banyak hal yang bisa dibahas di dalam kehidupan sehari hari, mungkin seperti,  kenapa kecoa susah mati, semut yang mampu membawa beban lebih besar dari ukuran tubuhnya atau mungkin baru di tolak sama gebetan.

Jadi menurut saya tidak perlu memikirkan dan mencari ide apa yang ingin saya tulis, karena semakin kamu berfikir keras semakin hilang itu idenya. Ini yang saya alami, tidak tau dengan yang lain.

“Suatu saat kita akan menemukan sumber inspirasi menulis kita sendiri, tanpa susah payah memeras otak untuk dipaksa mencari ide”


Buatlah sebuah judul terlebih dahulu


Tidak perlu judul yang bagus, tapi dibuat asal saja. Ini hanya memancing otak kita untuk mendapatkan ide dari judul singkat yang kita buat tadi.

Misal “Kecoa terbang”, dengan hanya dua kata seperti itu kita bisa dapat banyak kesimpulan dan beberapa pertanyaan dikepala yang pada akhirnya menjadi sebuah konten.

Ini sering saya terapkan jika benar benar tidak ada ide lagi, saya biasanya membuat judul apa saja dari beberapa objek yang saya lihat, pertanyaan dari orang orang sekitar saya, bahkan pertanyaan tukang mie ayam di depan kost saya.

“Fokus pada satu hal disetiap kali kita menulis, itu jauh lebih baik dari pada mengumpulkan banyak ide”

Menemukan ide dari kolom komentar


Sepertinya kalau yang ini juga sudah banyak sekali yang membahas, tapi tidak ada salahnya saya masukkan, karena memang  ampuh juga jika tidak ada ide lagi.

Kalau blognya tentang tutorial mungkin akan banyak komentar dengan nada pertanyaan. Dengan begini kita bisa menjawab langsung di kolom komentar atau bisa kita jawab dengan artikel. Lumayan kan nambah nambah artikel di blog.

Terus bagaimana jika blognya bukan tentang tutorial dan sejenisnya?. Tetap masih bisa dapat ide dari komentar, tentu bagaimana kita jeli saja mengambil beberapa kalimat dari komentar tadi untuk dijadikan tema tulisan kita berikutnya.

Misal ada komentar “nice artikel”, dari dua kata itu kita bisa membuat beberap ide tulisan, contohnya “cara membuat artikel yang bagus, 99 cara membuat artikel yang menarik, atau mungkin cara berkomentar yang baik”.

Itu sudah dapat tiga judul artikel, isinya tinggal kita mengolahnya dengan kalimat dan gaya bahasa kita sendiri.

“Keistimewaan dan ide yang aneh itulah yang membuat kita menjadi diri sendiri, jangan pernah takut untuk menunjukkannya”

Buatlah hobby lain, selain menulis


Punya beberapa hobby atau kegiatan lain bisa memicu otak lebih tanggap untuk mendapatkan ide dari kegiatan kita.

Misal kamu punya hobby mukulin kecoa didapur, hobby nolongin ikan tenggelem di aquarium. Dari kegiatan kegiatan yang kita lakukan bisa menjadi inspirasi kita untuk menulis.

Saya sendiri biasa hobbynya ngumpul bareng teman kost, ngobrol ngalur ngidul yang sedikit diisi dengan beberapa pertanyaan pertanyaan aneh.

Dari sinilah saya terkadang mendapatkan ide menulis, seperti tulisan saya hari ini.

Luangkan waktu untuk mengekspresikan diri secara kreatif tanpa menulis, dengan begitu kreatifitas akan menyulut kita untuk menumbuhkan ide ide baru dikepala kita.

“Tulisalah tulisan untuk diri kamu sendiri, sesekali lepaskan tekanan tulisan yang kamu lakukan untuk para pembaca”

Banyak-banyak membaca buku atau blog lain


Nah, kalau yang ini juga sering banyak yang bahas. Tapi tetap saya masukkin, kan lumayan nambah-nambahin jumlah katanya.

Bukan bukan, ini juga sering saya terapkan di saat saya seret ide. Saya mengulas beberapa buku yang sedikit menyangkut dengan niche blog saya.

Didalamnya kadang terdapat kalimat kalimat atau kata yang bisa dijadikan sebuah ide untuk menulis. Tapi jangan ditulis ulang isi bukunya, maksudnya dapat ide saja.

Sisanya tetap berfikir dan gunakan kreatifitas kita untuk mengolah ide tersebut menjadi sebuah tulisan dengan ciri khas kita sendiri.

Membaca di blog lain juga hampir sama dengan membaca buku, jangan nanti menulis ulang artikel blog orang.

Disini kamu bisa mendapatkan ide dari beberap kalimat yang terdapat di isi tulisan, mungkin juga bisa dapat dari kolom komentarnya.

“Menulislah saat kamu ingin menulis, jangan pernah memaksakan diri untuk menulis dikala tidak ada mood menulis”

***

Itu beberapa tips cara mendapatkan ide menulis yang memang sering saya terapkan, sebenarnya masih banyak lagi.

Tapi point-point diatas yang paling ampuh menurut saya dan pengalaman saya pribadi selama menggunakannya.

Untuk pertanyaan “Gimana cara mengolah ide yang kita dapat tadi?”  mungkin akan saya bahas di artikel berikutnya, karena sudah terlalu panjang. Tidak tau kapan mau membahasnya, karena kapan saja saya mau menulis.

Ide bisa datang dari mana saja, selama kita mampu untuk peka terhadap kejadian atau hal hal kecil yang ada disekitar kita. Manfaatkan dan olah sesuai kemampuan kita, setiap orang punya cara sendiri untuk mendapatkan inspirasi dan idenya.

Tulis apa yang ingin kamu tulis, jangan paksakan diri untuk menulis yang tidak ingin kamu tulis. Kecuali dapet job review, walau tidak ingin menulis tapi tetap harus ditulis.

Yang ingin menambahkan silahkan komentarnya dibawah, atau yang ingin ngoreksi dan kritiknya selama kolom komentar gratis.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

68 komentar

Ide menulis lenyap, kalau Moodnya lg ga bagus.. masih kendala di soal suasana hati.

Sebetulnya ide menulis itu gampang banget kalau kita sering berinteraksi dengan orang lain. Kita menampung pertanyaan dari orang lain yang bercakap-cakap dengan kita, lalu kita tuliskan dalam bentuk artikel.

ini mah kreatif yaa, ide menulis dapat darimana saja yaa

orang yang peka memang hebat bisa medapatkan ide dari manapun ,terus berkarya dek

kalo menurutku blog yg gak punya kategori itu kita mudah menemukan banyak ide, tapi kalo blog yg dikelola sudah dibuat kategori tertentu pasti ya mau tdk mU HARUS NGIKUTI isi dan tujuan dari blog.

Kadang ide datang di saat yang tidak terduga, jadi biasanya langsung saya catat. :D
Tipsnya sangat membantu! Semangat terus ngeblognya! :)

Saya lebih condong memperbanyak membaca terlebih dahulu. entah dari dari buku maupun dari blog-blog lain.

Keratif banget, uuwww.. Bener nih, ide bisa dr mana aja.. Hhh

Iya sih ide menulis itu bisa darimana saja. Cuma liat video di instagram saja bisa buat ide nulis. Tapi kadang nggak sadar kalau itu bisa buat bahan nulis jadi diabaikan haha
Sering terbengkalai jadinya blog saya. Tapi mudah2an sekarang konsisten. Dapat teman2 blogger yg keren2 sekarang jadi tambah semangat 😁

kalau saya ide kadang datang setelah baca beberapa blog. yah kadang ada aja ide yang juga datang dari komentar. pokoknya kalau udah ada ide langsung eksekusi kepenulisan, kalau ditunda takut tumpul otak dan idenya jadi melempem mas adi. itu sih kalau saya. gak tau ya dengan yang lain.

tapi kebanyakan juga kalau berkunjung ke suatu tempat saya selalu sempatkan melihat-lihat hal menarik yang mungkin bisa ditulis untuk posting blog saya.

ini nih sama kayak saya. kadang ide timbul dengan membaca di beberapa blog dulu. buat rangsang pelusan kali ya

iya memang gampang kalau udah sering dan udah jadi nalurinya untuk menulis mas, tapi akan susah bagi pemula kali ya

Tetap semangat ngeblog, nice share mas. Nulis apa yang ingin ditulis tanpa ragu, setelah publish, tunggu komentar2nya, ambil semangatnya.... #ngemengepeh

seperti saya yg udah 5 hari ngga ada ngepost apa2 karna ngga tau mau nulis apa haduh , tiba2 blank gitu ajah .
thnks yah saran nya :D

Bner banget tuh
Kalo suasana hati gk mnedukung
Nulis jg rada males :D

Iya si, tp memang kadang kitanya kurang peka
Namanya mnusia apa lg pemula seperti saya ini :D

Hahaha saya kadang susah cr ide, jd y ambil dr keseharian aja mas :D

Siaapp mang
Tp saya ssh peka sama dia :D

Bener tuh mas beny, kalo blog personal yang tanpa niche memang lebih mudah untuk nemuin ide
makanya saya milih seperti itu :D

Bener kata mbah dinan, untuk pemula sangat sulit memulai menemukan ide :D

Saya juga seperti itu mas agung, kadang cata point2nya saja agar nanti mudah untuk di tulis.
sama sama mas agung.. ganbatee :D

Saya juga seperti itu mas agung, kadang cata point2nya saja agar nanti mudah untuk di tulis.
sama sama mas agung.. ganbatee :D

Berarti sama kita mas bumi, lebih mudah ini mendapatkan ide kadang.
Dan dari membaca juga bisa menambah kosa kata kita juga :D

Uuwwww, yang penting kita bisa peka aja.. apa lg peka sama dia :D

Bener mbak anggun, yang penting kita bisa mengolah ide yang ktia dapatkan tadi dengan baik.
semangat terus mbak anggun :D

Sayapun sekarang bgitu mbah dinan, berkunjung keblog2 yang memang sesuai dengan niche blog saya
banyak menjadi inspirasi saya untuk menulis
berarti kita sama hehe :D

kadang juga membca tulisan lama dan di buat ulang dalam bahasa yang berbeda :D

Tetap selalu semangat dan semangat... hehe :D

Ayo bikn post mas dhio, pasti bany hal unik yang bisa di bagikan :D

Ide itu sumbernya banyak dari lingkungan sekitar jg bisa jd sumbr inspirasi ya.
Ketika menuangkannya dalam tulisan justru perlu konsisten utk meneruskan tulisannya.
Kalo saya harus ditargetkan karrna tanpa target pasti ujung2nya males nulis hehe.

“Fokus pada satu hal disetiap kali kita menulis, itu jauh lebih baik dari pada mengumpulkan banyak ide”
sya setuju dg yg ini, itu kenapa blogq saya buat satu tema saja.
alasannya biar bisa fokus.. maklum jam terbang yg sedikit dan kemampuan yg seadanya, jd g bisa kayak temen2 yg profesional menulis konten dg ide2 bagus.

Boleh saya tambah ?
Ide itu soal paling inti dalam menulis. Setiap dapat ide usahakan juga untuk nulis ide itu di memo atau dimana saja, agar saat kehabisan ide bisa buka cadangan yang sudah kita dapat.

Semua cara yang ditulis di atas menurut saya bagus, hanya saja saya belum praktekan. Apalagi itu buat judul asal-asalan dulu. Good idea. :D

kalau pribadi saya, sebelum menulis terlalu banyak yang dipikirkan hingga akhirnya malas, karena sudah negatif thinking dulu seperti pemikiran yang ditulis kurang menarik, malu ginian kok dibuat artikel dipost di blog dan alasan lainnya.

Betul tuh, ngumpul sama temen kadang bikin ide muncul. Apalagi kalau denger cerita random mereka, hehehe :)

Tapi terkadan mas saya mau curhat kita menulis panjang-panjang cuman sedikit yang baca blog kita karena mereka cuman mau cari back link.

Betul juga. Kadang selalu "kebingungan" setiap kali membuka laptop. Ketika laptop sudah kebuka, saya seringkali tertegun, "mau nulis apa ini...?"

akhirnya cuma sekadar browsing-browsing dan tak menghasilkan satu tulisan pun.

makasih sharingnya, mas. sudah lama saya nggak update blog. :(

kadang sama sekali nggak ada ide, kadang kebanyakan ide malah nggak nulis-nulis. itu saya~ XD

makasih sharing nya, ya, :)

iya... karena susah juga kalau nyari objek bagus untuk di tulis di.. kadang mentok di foto atau referensi menarik pendukungnya. makanya ada beberapa posting di antri draft blog saya. kurang bahan bro.

Nah kalau saya biasa nya mencari ide dr langkah terakhir yg agan tulis, mengunjungi website / blog org, kira2 ada hal bagus pasti saya rewrite :D

Banyak hal yang bisa dijadikan bahan untuk menulis. Semua tergantung kemauan untuk mengembangkan ide itu. Saya juga tertarik untuk membagikan ide2 untuk menulis di blog. Semoga ada waktu

Bagus sekali artikelnya, jadi keren nih! memang dengan menulis artikel sesuai dengan apa yang ada disekitar kita membuat artikel kita menjadi lebih bermutu.

Bahaha, peka sama siapa mas? Plis jangan bawa2 dia lagi, aku tak sanggup. Nyahaha

“Menulislah saat kamu ingin menulis, jangan pernah memaksakan diri untuk menulis dikala tidak ada mood menulis"

klo saya banyakan g mood-nya daripada moodnya...
alhasil 2-3 hari baru bikin artikel..^^

Bener, setuju.
Saya juga sering ngalamin kejadian macam itu, ketika pengen nulis, bingung mau nulis / cerita soal apa. Endingnya ya cuma dapet satu - dua kalimat, habis itu buntu, terus di delete lagi.

Etapi ketika pas ngga di depan laptop, misal lagi tiduran dan songong - bingung ngapain, tetiba ada aja itu celetukan-celetukan ide buat dijadiin bahan tulisan di blog. Yaaa, walaupun kadang cuma jadi draft doang XD. Tapi setidaknya lumayan lah, daripada ngga ada sama sekali

bagi saya mendapatkan ide untuk menulis cukup mudah, karena ketika membuat blog saya sudah tau blog ini akan membahas soal apa, lingkupnya sampai dimana, target pengunjungnya siapa...

dengan pengarahan sejak awal pembuatan blog maka menulis pun menjadi lebih mudah

terasa di waktu pertama kuliah di suruh bikin paper aja, kayak menulis indah. ingat kata dosen, kamu nulis intinya bercerita aja. nanti mulai baca dan baca lagi. baru perbaiki pelan-pelan, sampai kamu memahami bagaimana cara menulis yang lumayan bagus.

heeeddeehhh... itu juga masih dibilang lumayan bagus kelasnya. makanya sampai sekarang masih belajar bro adi

wah kalau urusan anak muda saya nggak ikut campur deh nanti ikutan berpikiran anak muda

Betul banget mas, hal kecil di sekitar juga bisa kita jadiin untuk bahan menulis artikel. Sederhana banget memang, tinggal bagaimana kitanya saja yang pandai mengolahnya. Mampir yuk ke blog saya yang lain, makasih yah

Bener tuh mbak daruma, tanpa target kita kadang males malesan
:D

Sya pun begitu, ide boleh banyak tapi kalao tanpa eksekusi itu akan percuma
mending ada ide langsung di eksekusi dan leboh fokus :D

Nah bener tuh mas Andika
makasih tambahannya..
setiap ada ide muncul seharusnya memang kita catat terlebih dahulu agar nanti siap untuk di eksekusi agar tidak lupa :D

Saya pernah juga seperti itu mas Agus
tapi tidak selamanya kita bisa membuat artikel yang bagus dan keren
Intinya optimis saja, mungkin nanti akan ada masukan dari teman teman di kolom komentar.. dan itu akan memperbaiki kita hehe :D

Punya temen yang kadang sedikit aneh dengan beberapa pertanyaan yang kadang bikin geleng kepala juga bisa mencairkan kepala untuk sebuah ide :D

Sekarang memang masih banyak yang hanya membaca judul saja tanpa membaca isi kontennya.
Tulisan panjang di atas 700 kata memang bagus dan di sukai om gugel. Tapi kita juga pertimbangkan untuk para pembaca, orang indonesia itu masih banyak yang malas membaca. jad membuat artikel singkat namun padat lebih bijak.
tapi kalo tidak terlalu peduli dgn pembaca yg penting saya menulis saja, mending artikel panajang :D

Ayo update lagi mas Rifan, mungkin bisa dapet ide setelah browsing2 :D

Kalo kebanyakan ide malah kadang bingung mana dulu yang harus di eksekusi, dan pada akhirnya kita hanya memikirkan itu tanpa di tulis :D
sama2 mbak mega :D

Buat saya, ide itu sebuah misteri, mas adi.. semakin di cari makin sembunyi, sekalinya gak dicari eh nongol sendiri, hihi...

Ini memang lebih enak mas yogi
bisa daper judul dan inspirasi dari blog blog yang satu niche dgn kita :D

Bener mas Imron, setiap orang punya cara sendiri untuk mendapatkan ide
ayo mas imron posting, siapa tau saya bisa nambah cara lagi :D

Terima kasih mas Dewan, bener mas tidak perlu jauh jauh mencari ide. Jika ada yang disekitar kita, yang penting kita lebih peka saja :D

Saya juga sering banget males nulis
mood nya suka hilang.
tapi kadang kalo nurutin malesnya gak ada postingan hehe :D

Memang kadang sulit untuk memulai beberapa kata pertama
tapi setelah menjadi beberapa kalimat baru deh lancar dan terus gak berhenti.
kalo soal draft saya juga banyak mas Wisnu :D

Kalo sudah punya niche tertentu memang lebih mudah untuk menemukan ide ya mas sabda.
apa lagi blog nya gado gado bisa posting apa saja :D

Bener banget mas, memanfaatkan momen di sekitar kita
tinggal kitanya saja yang peka atau tidak hehe :D
memangnya ada blog lain lagi mas

Nah bener mang, kadang juga begitu
kalo di cari sampe kepala mau pecah aja gak nemu nemu
tapi sekalinya ketemu ada aja :D

Hehe, hobi mukulin kecoa itu agak gimana, ya..Untuk menulis artikel kadang pikirkan satu hal kecil, dan untuk menulis fiksi pikirkan nama kemudian mulai menulis saja, biasanya di tengah jalan sy sudah tahu bakal dibawa ke mana..kalau dipikir bisa pusing dan nggak ketemu. Jadi sy memutuskan langsung digarap saja. Kalau mau mukul kecoa, ya langsung pukul aja. Kalau kelamaan dipikir bisa kabur *eh panjang :D

Menemukan ide di kolom komentar. What, ini saya banget. Kadang saat saya mau komentar di blog seseorang dan nggak sengaja menemukan komentar unik, hal itu justru bisa jadi ide baru untuk saya. Wkwk.

Sangat populer sekali ini bahasan untuk para blogger, tapi bagi kalian yang sudah duduk di dalam satu niche untuk mencari ide penulisan itu diambil dari postingan terdahulu dan sub-sub judul menurut saya itulah sebagai jalanterbaim bukan lagi ide untuk menulis dari sana sisini. Karena dengan memperpanjang merinci lagi semua yang ada di postingan kebelakang akan menjadi jalan mulus untuk menulis yang akan dimasukan ke artikel blog.

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon