Monday, December 25, 2017

Rasa Cinta Untuk Indonesia Melalui Rupiah

MySatnite.com Cinta Rupiah

CintaRupiah
Cinta indonesia maka cintailah rupiah


Kita tentu tidak akan asing mendengar kata Rupiah, karena sejak lahir kedunia ini dan mulai mengerti soal jajan diwarung,  kita sudah tau apa itu rupiah. Setiap hari kita hampir selalu berinteraksi dengan namanya Rupiah.

Dari mulai beli mie ayam sampai beli baju di toko online, semua transaksi pembayaran menggunakan Rupiah.

Itu hanya sebagian dari keseharian kita bersama rupiah, masih banyak lagi yang dapat kita lakukan bersama rupiah.

Dari kecil kita sudah mengenal rupiah, lantas adakah rasa cinta kita terhadap kertas yang berharga ini?

Meskipun dari tahun ketahun terus berganti wajah dan tampilan, rupiah tetaplah rupiah. Yang selalu dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya.

Dari yang kaya sampai yang kayanya kebangetan, dari yang menengah sampai yang bawah. Semua mengenal dan membutuhkan rupiah.

Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia selayaknya kita mencintai yang namanya Rupiah, sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap negara ini, Indonesia.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan bahwa kita mencintai rupiah.


Jangan di lipat atau menggulungnya


Ini sering terjadi, bahkan ketika masih kecil dulu saya sering sekali melipat uang kertas. Untuk sekarang mulailah tidak melipat uang kertas, apa lagi dijadikan origami.

Karena dengan dilipat, uang kertas akan rusak. Apa lagi sekarang sudah banyak mesin minuman otomatis yang pembayarannya menggunakan uang kertas.

Coba kalau uang kertasnya banyak lipetan, kan sedikit sulit memasukkannya bahkan tidak bisa di baca oleh mesin.

Lagian jika uangnya rapih akan terlihat enak dipandang.

Gambar pahlawan nasional dan/atau Presiden dicantumkan sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah.


Jangan dicoret apa lagi meninggalkan alamat dan nomor Hp di uang kertas


Nah,  yang ini sering ditemui pada uang kertas seribuan bahkan ada yang lima ribuan. Ada saja orang iseng yang mencoret-coret uang kertas dengan tulisan nama, alamat kadang nomor hp pun di cantumkan disana, yang lebih parah lagi gambar pahlawannya di coret-coret.

Ini bukan papan mading atau pengumumuman, juga bukan kanvas untuk dilukis. Jika sulit membendung kreatifitasmu, silahkan tukarkan uang yang kamu punya dengan kertas HVS di toko ATK.

Disana kamu bisa coret-coret sepuasnya, kalau pengen orang lain melihatnya silahkan bagi-bagikan pada orang yang lewat.

Dengan begitu uang akan tetap terlihat bersih tanpa adanya coretan yang mengganggu.

Perencanaan dan penentuan jumlah Rupiah yang dicetak dilakukan oleh Bank Indonesia yang berkoordinasi dengan Pemerintah.

Jangan distaples


Takut uang berceceran dan untuk memudahkan menghitungnya kembali, biasanya uang dengan nilai yang sama akan distaples jadi satu.

Terkadang untuk mengelompokkan uang dengan nilai yang pas untuk mebayar upah kepada seseorang, uang akan disatukan dengan cara distaples.

Hal ini juga tidak dianjurkan, karena akan menyembabkan uang kertas rusak. Uang akan bolong-bolong bekas staples bahkan bisa terjadi robek karena melepas staples yang tidak benar.

Banyak cara yang bisa dilakukan dengan tidak menstaples uang jadi satu, kalau kita lihat uang saat dari bank. Biasanya uang akan di satukan dengan kertas yang mengelilingi uang.

Cara ini akan lebih baik dan meminimalisir kerusakan pada uang, kita bisa membuatnya dengan kertas apapun.

Kalau dirasa terlalu ribet dengan harus membuat kertas sperti itu, silahkan masukkan kedalam amplop, ini jauh lebih aman dan praktis.

Tentu kita punya cara sendiri untuk menjaga uang kertas tetap baik dan tidak rusak.

Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang mengedarkan Rupiah kepada masyarakat.

Jangan remas-remas uangnya


Biasanya kalau anak kecil dikasih uang untuk beli jajan, pasti uangnya di pegang erat sekali sampai kumel.

Mungkin mulai sekarang kita bisa memberi arahan atau mengajarkan cara menjaga uang kepada anak, adik, atau ponakan kita yang masih kecil.

Diremas seperti itu uang yang baru pun akan langsung kumel dan cepat sekali rusak, seperti saya katakan di atas, jika kita memasukkan uang ke mesin minuman otomatis itu sangat sulit harus merapihkannya dulu.

Lagian melihat uang kusut dan kumal rasanya kurang enak di pandang, jadi mulai sekarang jangan meremas uang.

Kalau lagi emosi coba remas saja botol air mineral karena itu dianjurkan, atau remas cucian itu lebih bagus lagi, sekalian olahraga.

Setiap orang dilarang menolak untuk menerima Rupiah yang penyerahannya dimaksudkan sebagai pembayaran atau untuk menyelesaikan kewajiban yang harus dipenuhi dengan Rupiah dan/atau untuk transaksi keuangan lainnya di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kecuali karena terdapat keraguan atas keaslian Rupiah.

Jangan dibasahi apa lagi di cuci


Tapi terkadang kita lupa jika kita menaruh uang di saku celana, akhirnya tercuci dan uang menjadi basah. Uang yang terbuat dari kertas jika terkena air dan basah akan cepat rusak dan mudah sekali robek.

Usahakan untuk tidak menaruh uang di saku celana, karena selain bisa tercuci tidak sengaja, uang juga akan rusak karena terlipat didalam.

Untuk sekarang biasakan menggunakan dompet atau tempat uang yang bisa lebih aman dan terhindar dari kerusakan uang itu sendiri.

Setiap orang dilarang meniru Rupiah, kecuali untuk tujuan pendidikan dan/atau promosi dengan memberi kata spesimen. 
#cinta rupiah
Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI


***

Selain cara diatas, tentu masih banyak cara lagi yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan bahwa kita rakyat Indonesia begitu mencintai yang namanya Rupiah.

Tidak harus menunggu menjadi orang hebat, tidak harus menunggu kamu jadi pengusaha, tidak perlu kamu menjadi anggota DPR apa lagi menunggu jadi presiden untuk sekedar menunjukkan bahwa kamu cinta dengan negara ini.

Dengan cara terus menggunakan rupiah dalam segala transaksi apapun, dengan cara ini kita ikut membantu menjaga kestabilan  nilai tukar rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada rupiah kita. Untuk itu mari kita jaga dan rawat rupiah dengan baik.

Kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri, siapa lagi?, kalau tidak dari sekarang, kapan lagi?. Tentu kita akan merasa lebih bangga jika rupiah suatu saat nanti bisa lebih bersaing dan mendapat kepercayaan dipasar internasional.

Karena rupiah juga merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dibanggakan oleh kita tentunya sebagai warga Negara Indonesia.

Dengan mencintai rupiah kita tanpa sadar mencintai negara ini, karena rupiah bagian dari simbol kedaulatan negara.

Tunjukkan rasa cintamu pada Indonesia dengan mencintai rupiah, sederhana bukan. Mari kita lakukan dari sekarang.

Sumber dan Referensi
http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU%207%20Tahun%202011.pdf
http://cintarupiah.id/about

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

99 komentar

asik, pagi2 dapat pertamax, amankan dulu ah .. :D

Betul sekali mas, kadang saya menemukan pengembalian uang kalau habis belanja suka ada uang yg ditulis nama atau kadang pesan buat seseorang, hadehh. padahal kan itu merusak uang tsb. Kalau dicuci atau dibasahi mungkin nggak pernah. tapi kalau uangnya basah kadang2 karena nggak sengaja kehujanan dan naruh uangnya di saku celana hihihi..
Yg jelas pesan tsb sangat mengena sekali, cintailah uang rupiah kita, kalau bukan kita yg mencintai dan merawatnya mau siapa lagi.

Yaa!! bicara soal uang saya termasuk orang yang apik dalam mengurus uang ...baik logam mau pun kertas..Dan seandainya lecek itu juga faktor ke tidak sengaja an..😄

Jadi intinya bukan hanya untuk dibanggakan atau belanjakan saja, Tetapi kalau kita memegangnya secara apik terawat akan lebih menarik tentu nilai rupiah dimata kita....ketimbang $$...😱😱😳😳

Dan kesemuanya pernah saya jumpai juga sebagian pernah saya lakukan, contoh kalau lagi di pom bensin tiap nerima kembalian langsung saya lipet aja itu uang. Bukan kenapa-kenapa sih takut yang di belakang ngomel kalau kitanya kelamaan.

Realitasnya emang banyak yah mas, masyarakat yg semena mena sama rupiah,
Tapi ya aku juga kadang gitu sih, masih sering lipet2 uang, apa neh yg uang receh.
Diuwel2 masuk kantong aj
Sampai ga kepikiran dengan makna uang selain sebagai alat pembayaran.

Nah ini mantap, ada infografis-nya jadi lebih fresh Cinta Rupiah ya seperti ini

Setuju bangeeet.. Aku juga suka kesel kl dapet duit yg udah jelek apalagi ada tulisan2 nggak jelas

Kok aku pas baca peringatan "Setiap orang yang yang sengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan mengubah nilai rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan rupiah termasuk tindakan pidana" jadi merinding yaa? Haha

dulu aku khilaf, biar gak kecolongan gepokan uang suka distreples duitnya, hehe.. skrg udah sadar, memang bikin rusak ya. Makasih tipsnya, ayo cintai rupiah

Setuju!!!!!! Kasian kalo uangnya lecek. Padahal banyak orang yang gamau dapet kembalian uang lecek 😂 terima kasih sudah diingatkan untuk mencintai rupiah kak 😂

dulu waktu tahun 1998 Indonesia di guncang spekulan harga 1 dollar amerika 24 ribu , program cinta rupiah juga digalakkan ramai yang tukar dollar dengan rupiah, sekarang banyak cara ya Dek untuk mencintai rupiah, kalau juga sangat mencintainya , habis gajian langsung dikasih semua sama istri supaya lebih awet he he

jujur aja mas... saya suka perpaduan warnanya
jadi suka nyimpan uangnya. jadi belanjanya pake duit lama aja
heheheheee... hitung-hitung nabunglah mas.

Saya juga sering kalo kehujanan kang, namanya manusia suka khilaf
Tp klo soal d coret2 ini bner2 ngrusak.. saya jomblo gak pernah pasang nomor hp d sna hahaha :D

Setuju mas satria,
Kalo bkn kita yg membanggakan rupiah siapa lg kan :D

Haha, saya rasa semua orang pernah melakukannya mas dany.. termasuk saya juga :D

Bener mas irvan, nyatanya meman sperti itu
Sayapun sering khilaf, y kdang berpikir bahwa rupiah hanya sekedar alat pembayaran dan untuk beli mie ayam :D

Biasanya ada nama, alamat sama nomor hp
Trus ada caption, saya jomblo lg cari jodoh hahaha :D

Hayo lo mbak, knp bs merinding bgitu.. haha
Y itu hanya bntuk peringatan bagi yg sengaja merndahkan rupiah.
Semoga tidak ada yg berniat seperti itu kan ada gambar pahlawannya jg :D

Saya sering dapet ini kalo ada kembalian dr warung dan susah banhet ngelepasnya. Kadang malah robwk dikit :D

98 saya masih 4 tahun mang hehe
Waah suami yg dermawan, kalo saya paling ke orang tua sekarang :D

Emang bagus mbah, dan lebih kecil lg
Padahal yg hrusnya d simpen uang lama.. nanti kn bakal gk ada haha :D

Mantap Tam, pake infografis hehe..

Kalo uangnya di cuci sih parah banget ya bang. Pernah sih kecuci uangnya tapi ga sengaja, pas cuci celana di dalamnya masih ada uang.

jangan nangis kalau gak punya rupiah.....

Sedap, aku cinta rupiah,, tp klo sekarang beli tinggal gesek.kecuali di warung dan warteg sekitar, haha

Buat mereka yang masih semena-mena sama uang, semoga baca ini, biar tahu. Begitu berharganya uang. Nggak melulu melihat nominalnya saja, karena merawatnya juga harus..

Saya tambah lagi ya poin nya:

Jangan di tukar sama barang :D

aku seringnya basah ,karena suka main hujan jadi uang dikantong basah semua

Sejak kecil sudah suka rupiah karena itu sangat dibutuhkan untuk beli yang diinginkan

Iya suka sebel banget deh sama alay alay yang suka nyoret nyoret uang kertas.. Huhuhuu

Harus dong cinta rupiah...kalau nggak apaki rupiah trus pake apalagi....DOLAR emangnya di luar negeri.Rupiah harus disayang sayang repot deh kalau rusak trus ga laku deh

kalo yg ini memang sering banget terjadi y :D

Akhir bulan sangat butuh rupiah haha :D

Bener banget mas idris, jadi duitnya gak akan rusak haha :D

Bener mas andi, bukan sekedar nominalnya saja, tapi lebih cara kita menghargai rupiah sebagai nilai tukar resmi di NKRI dan sebagai simbol kedaulatan negara juga :D

Lah kalo gak di tukar gimana mas mirwan haha
kita kan beli barang pake uang :D

Hahahaha kayakanya ini jadi probelm yang banyak terjadi sama kita ya mang :D

Bener itu mbak, karena dengan uang kita bisa beli kebutuhan juga. dari kecil sdh kenal sama uang :D

hahah bner banget ni mbak, apa lagi yang ada nomor hp sama promosi kalo lagi jomblo :D

Hrs di sayang, karena yang buat pasangan tambah sayang ya mang :D

Sekarang uang malah dijadikan mahar dan dilipat2 bentuk tertentu.
Tapi yang paling nggak banget itu kalau nemu uang untuk brosur cari jodoh, ada nomor hpnya :D

terkadang merasa miris dengan uang yang dicoret-coret nomer hp,nama orang,bahkan kadang nama pacar -_-

In shaa Allah saya gak gitu mas..
Heheh

*Enak lagi pake uang elektronik.. huehuee...

kejadian yg ditulis di blog ini banyak ditemukan di dunia nyata, mas.

aku sering melipat uang dan kayaknya kalo uang rupiahnya kecil nggak ngaruh tapi kalo uang yg merah2 gitu sebisa mungkin jangan dilipat nanti pas ditabung di ATM bisa ditolak sama mesinnya. hehe.

waktu kecil saya cuma dikasih uang koin pas jaman SD.

aku cinta rupiah.
kemana kau berada kau akan ku kejar.
dapet g dapet pokoknya harus dapet.
g dapet hari ini besok ku kejar lagi..
begitu terus..

:D

Bicara rupiah, semua warga negara Indonesia pasti cinta ❤ kang, apalagi saya, pake banget mas.. Sampai 'jungkirbalik' mengejarnya saking cintanya, hehe…

om adi banged klo ini mah.
jadi brosur cari jodoh.wkwk

Nggak mas hehe.. cuma Premium mah berbayar kali yah hehe :D

Jangan lah Mas, nggak baik lagian nulis2 di Uang cuma buat promosi nmr HP hahaha :D, duh itu tdi salah login pke Open ID hihi, ternyata tdi masih pake Akun Open ID.

sama kalau gitu Mang sama Saya hehehe. Nyari nya Susah banget smpai dikejar2 siang dan malam ya Mang... :D

Satu lagi mas, jangan selalu dihabisin juga rupiahnya. Wkwkwkwk
Itu tuh yang ngeselin, pernah suatu waktu tulisannya kek gini : "Jika menemukan uang ini, harap dikembalikan kepada pemiliknya yang sah." disitu tertera juga nomor telepon yang dapat dihubungi. Tadinya mau iseng, tapi mbok ya sayang, uangnya 50 ribu. Ta balikin lagi sama warung yang ngasih hehe

Uang banyak jangan lupa berbagi yah mas adi? :D

Kebiasaan saya banget nih suka gulung2 uang. Hihihi. Jangan dicontek

SEMAKIN CINTA sama rupiah apalagi kalau liburan gini dan tanggal tua dia semakin menghilang entah kemana

Hahaha bner banget tuh mbak anggun
Sering banget nih yg kyak gini nemuinnya , antara kurang kerjaan sama udh jomblo akut :D

Haha, jgn buka aib dong bang juni :D

Mungkin kreatifitasnya terlalu tinggi dan gak bisa dibendung ltak ada kertas uang pun jd :D

Yg pengantin baru gk akan lg nulis2 d uang kertas pastinya haha :D

Nah bner itu mas beny, yg merah sma biru sayang banget kalo sampe kumel
Dulu uang receh (koin) sangat bernilai dan brharga
Sekarang sdh kayak gk ada nilai lg :D

Jangan sampe d tolak cintanya sama rupiah ya :D

Bener banget mang, kalo bgitu kita sepakat mang, saya aja kdang gk tidur demi cinta pada rupiah :D

Kang eka awas di tolak cintanya lo hahha :D

Itu mungkin sdh kebanyakan duit dan di satu sisi kreatifitasnya tak terbendung lg..
Kalo akhir bulan suka kehabisan haha :D

Iya mas rifai, insyaAllah ttp berbagi ke sesama, jgn ke gebetan aja ya :D

Hayo mbak artha
Skrang jgn lagi lo, nanti kena pidana hehehe :D

Nah bener baget itu mang
Kalo akhir bulan pokoknya berar bamget melepas rupiah haha :D

Hahha hrus bikin brosur sendri
Owh pake ID jg tah :D

kalau uang lama nanti susah belanjanya kalau udah gak laku mas. kudu dituker dulu. heee

Horee.. kita berarti kaum blogger-blogger jujur ya mas, hehee...

Oh iya itu gemboknya udah berwarna hijau mas,tanda serunya juga udah ilang, berarti udah sukses dong HTTPS-nya... Selamat ya...

Bner juga si, kalo saya di jakarta udh jarang dapet uang model lama
Masih ada tp jrang bget saya :D

Iya mang, udah berhasil dan terpecahkan maslahnya..
Makasih bnyak mang :D

Saya cinta rupiah...
Cinta gak cinta, selama ini pendapatan saya dlm bentuk rupiah, jadi ya cinta saja Mas...

Salam,

hahaha saya suka trik-triknya, apalagi jangan meremas-remas :>)

Wah saya membaca artikel ini kok merasa tersindir. Dan saya itu sering menulis nomor hape di uang kertas, ya maksudnya saya sih promosi biar saya cepat laku gitu. Dan saya juga sering steples, maksudnya biar tidak diambil tuyul.

Sampai kumel, itu sepertinya ciri khas uang kertas indonesia deh.

nyarinya susah... ngilangnya cepet banged..wkwkwk

widihh,. makin kece aja ni blog.. istimewa...

kadang2 pake Open ID, tpi kmrn waktu koment di blog luar negeri, lupa masih aktif open ID nya hihihi

Bagus2 gitu fotonya, mana yg kumel Mas DJ hhehe :D

Hehe..lucu deh bagian ninggalin nomor hp kadang nama juga. Tapi dan tapi, perasaan uang terbaru sekarang cepat sekali kumal dan kucel meskipun cuma dilihatin aja :D

Wkwkwk. Itu menyoal tulis nomwr hp di uang kertas, sering saya lakukan dulu 😂

Sebetulnya, dulu zaman sekolah saya pernah bikin origami pakai uang kertas. Pakai uang masih baru dari bank dan mulus pula. Syukurnya cepet sadar kalau itu nggak baik. Terus akhirnya beli kertas warna-warni sekalian kalau mau berkreasi. Haha.

Tulisannya nggak jauh bedalah sama tulisan saya. Ehehe. :) Btw, saya suka desainnya~ Pengin belajar ah nanti bikin infografis gitu. :D

haha bener banget mang Asa
selama kita membutuhkan rupiah ya mau tidak mau harus mencintainya :D

nah hati2 lo mas fajrin ngeremesnya :D

nah hati2 lo mas fajrin ngeremesnya :D

Hahahaha... wah ada pelakunya disini
Anda tercyduk mas bumi :D

masa di liatin aja langsung kucel kumel mbak muyas
uang sekarang mmang agak lebih kecil tapi bagus warnanya :D

Nah satu pelaku lagi tercyduk hahaha :D

Haha sayapun pernah Bang Yoga bikin origami pake duit
bikin suriken, kapal kapalan..
Ini aja baru belajar bikin infografisnya bang :D

wah aku pernah dulu nulis nomer hp di uang seribuan haha, kirain nanti ada yg telpon / sms :D

((jangan dibasahi apalagi dicuci))

SUSAAAAH JENDRAAAL. Kadang lupa naruh uang kembalian belanja di saku anjir. Wkwk. Tapi makasih infonya ya, Tam. Ini lomba ya? Semoga mendapatkan hasil yang diinginkan ya Tamaaa :D

Hahaha saya aj masih sering kecuci
Walau udh nulis artikel ginian haha :D
Aamiin

Kok saya jadi ingat, suatu ketika saya menerima uang kertas. Ketika saya baca uangnya, ternyata di dalamnya ada tulisan "Butuh orang ganteng? Telepon 0815-XXXX-XXXX.." 😅😅

Kalo di distaples saya liat tukang bangnya melakukan itu gan

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon