Friday, December 22, 2017

Masakan Ibu Yang Selalu Bikin Rindu Untuk Pulang

MySatnite.com - Selamat Hari Ibu

selamat hari ibu
Orek dan Hari Ibu

Sore itu tepatnya tiga hari yang lalu sepulang kerja saya mendapatkan undangan makan gratis, memang inilah yang selalu ditunggu-tunggu anak kost seperti saya. Saat mendengar kata gratis apapun bentuknya selalu membuat hati terasa bahagia.

Sore itu dapat undangan makan bersama di tempat ibu/bapak kost dalam rangka memperingati hari lahir anaknya yang sekarang sedang menempuh pendidikan kuliah di jogja.

Anaknya tidak bisa pulang karena belum ada libur, jadi beliau mengajak anak kostnya untuk makan bersama.

Satu yang membuat saya sedikit bersemangat, bukan soal gratisnya. Walaupun memang saya dan beberapa teman hadir setengah jam sebelum waktunya. Ini karena kami dedikasi terhadap waktu.

Yang membuat saya bersemangat adalah sangat jarang sekali saya bisa makan bersama seperti ini.

Dengan hidangan rumahan biasa, ada orek tempe, semur jengkol, sup sayap ayam, tempe, tahu, ikan asin.

Pokoknya sederhana tapi terasa nikmat karena kita makan bersama seperti keluarga.

Ini momen langka yang bisa saya dapatkan ketika di kota orang , jauh dari namanya keluarga. Namun dari makan bersama ini membuat saya benar-benar rindu yang namanya rumah dan keluarga, terutama orang tua.

***

Setelah makan bersama selesai, kami melanjutkan duduk dan ngobrol di pelataran teras sebelum kembali ke kamar masing-masing melanjutkan aktivitas lagi.

Karena memang orang disini semua sok sibuk dengan alasan tugas kuliah, kantor bahkan nyuapin burung peliharaan.

Setelah kembali kekamar,  teringat satu makanan dimeja tadi yang membuat saya rindu ingin segera pulang.

Orek tempenya, saat pertama kali menghirup aromanya benar-benar teringat masakan ibu dirumah.

Ini juga salah satu masakan rumahan yang selalu saya nantikan ketika pulang kerumah. Sebenarnya banyak orek tempe dijual di warung makan bahkan masuk restoran juga ada.

Tapi entah kenapa yang namanya masakan ibu itu selalu terlihat istimewa, dari aroma, rasa bahkan benar-benar membuat rindu untuk segera pulang.


Jangan lupa baca juga : Yang Selalu Membuat Rindu Ingin Pulang

Aroma masakan rumahan yang khas dari dapur ibu


Saya tidak tau apa bumbu yang dibuat oleh ibu untuk membuat makanannya. Entah mengapa masakan ibu itu selalu memanjakan lidah, meskipun hanya masakan sederhana seperti orek tempe sekalipun.

Ada seperti aroma khas yang terkadang terbayang dan tiba-tiba rindu berat untuk mencicipi masakan ibu.

Terakhir kali makan masakannya, ketika enam bulan yang lalu saat Ibu berkunjung ke jakarta. Selama satu minggu saya meninggalkan ritual makan indomie.

Full satu minggu juga saya makan masakan ibu, ini salah satu momen yang tidak akan pernah saya lupakan juga.

“Meski aroma sop iga menggiurkan, tapi tetap saja sayur asem buatan ibu lebih menggoda”


Rasa yang selalu menempel dilidah meski sudah lama tidak mencicipinya


Mau makan dimanapun dan yang katanya enak sekalipun, rasa dari masakan ibu itu sulit untuk dihilangkan dari lidah saya.

Mungkin karena sudah terbiasa bertahun-tahun makan masakan beliau yang selalu terhidang di meja  makan.

Terkadang ada momen dimana lidah itu kepengen sekali nyobain masakannya. Yang pada akhirnya keliling mencari makanan rumahan untuk sekedar mengobati rindu.

Walaupun tidak sama namun sedikitnya ada rasa puas di lidah.

“Masakannya sederhana tapi selalu terlihat istimewa, bukan dari bahannya tapi Ibu tau selera lidah kita”

Makanan mewah terkadang di skip untuk menikmati masakan Ibu


Ini terjadi pada saya sendiri, tidak tau orang lain. Sewaktu masih tinggal bersama orang tua, saya selalu menyampingkan ajakan makan diluar dari rekan kerja.

Karena diatas meja dibawah tudung saji sudah tersedia masakan sederhana yang membuat nafsu makan bergairah.

Bukan tidak mau atau tidak ingin bergaul dengan kumpul bareng dengan teman teman, tapi saya lebih menghargai ibu saya yang sudah susah payah menyiapkan makanan tapi tidak dimakan.

Saya membayangkan jika saya membuat makanan untuk orang banyak, tapi tidak ada yang memakannya. Pasti rasanya kecewa, selain itu saya juga bisa lebih berhemat juga.

“Enak tidak enaknya masakan ibu, tetap puji masakannya. Itu salah satu bentuk penghargaan untuknya. Karena masak itu menurut saya tidak mudah, itu kenapa banyak orang yang tidak bisa masak”

***

Masakan ibu itu dimanapun kita berdiri akan selalu membuat rindu, terkadang Ia mengenyampingkan makanan kesukaannya dan memasak makanan yang memang sesuai selera orang dirumah.

Terlepas dari masakannya yang kadang kurang  asin atau kemanisan, tetap saja nikmatnya itu beda.

Sosok Ibu benar-benar penyelamat untuk perut lapar dipagi hari.

Entah apa yang bisa saya balas dan berikan kepada beliau, di hari ibu tanggal 22 desember 2017 ini.

Untuk kesekian kalinya mungkin hanya sekedar ucapan selamat hari ibu. Saya bukan orang yang pandai dan berani mengucapkan langsung kata kata untuk hari ibu.

Hadiah untuk hari ibu?, saya rasa tidak ada. Bagi saya hari ibu bukan saja pda tanggal 22 desember, tapi setiap hari untuk saya adalah hari ibu.

Namun untuk menghargai sosok seorang Ibu dan kesadaran arti besarnya peran seorang ibu untuk diri saya dan mungkin untuk negara ini, karena tidak akan ada Presiden, menteri, dan para blogger yang baca tulisan ini jika tidak ada namanya seorang ibu.

Tidak adakan yang lahirnya di download, atau di transfer lewat share it.

Perjuangan mengandung selama sembilan bulan, dibawa kemana-mana dari kewarung sampai kondangan.

Perjuangan saat melahirkan, meski saya tidak tau banyak. Tapi saya selalu di ceritakan perjuangan ibu saat melahirkan hanya ada dua kemungkinan Hidup dan mati.

Seberapapun usaha kita untuk membalas kebaikannya tidak akan pernah terbalas, meski uang segepok dibawa kehadapannya.

Hati seorang ibu itu tulus, terkadang kita tanpa sadar menyakiti hatinya namun beliau tetap selalu memaafkan kita.

Sebesar apappun kita, setinggi apapun jabatan kita, sebanyak apapun harta kita. Dimatanya kita tetap anak kecilnya. Doanya selalu saya nanti, restunya selalu saya minta. Karena saya selalu yakin, Ridha Ibu Ridhanya Allah, Murkanya seorang Ibu, Murkanya Allah.

Selamat Hari Ibu yang ke 89 untuk semua Ibu di seluruh Indonesia.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

60 komentar

Buruan pulkam bro, hehe..
Sederhana emnk masakan rumah tapi mkn bersama2 yg selalu bikin rindu

teringat saat kos dulu. kadang saya juga merasakan hal seperti itu. tapi eh, saat diundang makan, makannya banyak nggk? hehe.

Saya selalu suka dengan sup dan sayur terong buatannya ibuk, walaupun beliau sesungguhnya jarang masak pake buanget. Hehehe..

Rumah memang selalu menjadi hal yang dirindukan. Canda tawanya, kebersamaannya dan tentunya masakan yang dihadirkan dari cinta seorang ibu

memang masakan ibu tak tergantikan dek dimanapun kita makan, masakan rumah selalu yang terbaik

Ayo ditengok ibunya yg masih ada atau minimal ditelfon. Cuma ditanya lg apa dan diingatkan makan saja ibu sudah mimpi indah pas bobo :D

Selamat hari ibu untuk ibu di seluruh dunia.

Ah, saya juga bukan tipe orang yang "bisa" mengucapkan "happy mothers day, mommy..."
Bukan juga tipe orang yang "bisa" memeluk ibu dikala rindu menggebu melanda...
Namun satu hal, beliau adalah orang pertama dan terakhir yang akan selalu ada untuk kita dan bersedia mengorbankan apapun untuk kebahagiaan anaknya, walaupun itu harus mengorbankan kebahagiaannya sendiri ^-^

Ayok mas, telfon ibunyaaaa ^-^

Selamat hari ibu untuk semuanya ^-^

Pegennya si, tapi jatah libur kemaren sudah di ambil dan harus nunggu idul fitri lagi :D

Pati banyak Mas Anwar..
tau sendiri kalo anak kost liat makanan gratis udah sperti Zombie kehausan darah.
Apa lagi ini ibu/kostnya baik, jd udah gak ada namanya jaga image :D

Waah saya juga suka itu mas Dany terong.. Tapi Terogn dicabein tuh :D jd ngiler

Bener banget mang, Masakan ibu tetep yang terbaik dan istimewa di hati dan di lidah.
walaupun kita makan yg enak sekalipun, masakan rumah akan selalu membekas :D

Iya mbak Anggun..
Itu lah ibu, dia tidak banyak meminta apapun dari kita.
Sekedar ada kabar dan kita sehat saja Ia sudah merasa bahagia :D

Iya mas Fauzi, rasa cinta kita pada ibu tidak harus dengan mengucapkan tapi bisa jg dengan Doa..
dengan bentuk perhatian pun ibu akan sdah merasa sangat bahagia..
Siaaap mas Fauxi.. lagi daftar paket telpn dulu ni hahaha :D
Selamat hari ibu jg mas :D

Meski lama tidak ketemu sama bunda tapi saya masih tidak pernah lupa klo bahas soal masakanx bunda, soalx masakan bunda cocok banged sama lidahq.. :D

aaa...ini postingannya bikin galau pengen pulang. sama kangen masakan ibu di rumah. Makanan apapun rasanya tidak sebanding enaknya dengan masakan ibu.

Cuma bunda ya yang mengerti selerea kita :D

Ayo pulang mbak daruma
bener banget, walaupun ramen ichiraku di bawa kesini masih kalah sama masakan ibu :D

Bener banget,salah satu yang biasanya dirindukan anak dari ibunya adalah masakannya. Bahkan masakan ibu itu mampu mengalahkan chef terkenal sekalipun. Kenapa? Karena dibalik masakan ibu ada cinta di dalamnya 😃

pokoknya masakan ibu bestlah... karena saat makan bisa merasakan kehangatan kasih bunda yang tidak pernah habis

Makanan mewah macam indomie dan mie gelas sekalipun di tinggalkan jika liat masakan ibu.
Sungguh nikmat masakan ibu.

Kalau lagi jauh biasanya chat sama ibu teh pasti tanya, ibu masak apa? Dan jawaban ibu,, mmmm bikin air liur keluar deh

Masakan ibu memang tara duanya. Selamat hari ibu.

Ibuku termasuk org yg jarang masak, tp sekali masak enaaaak bgt.. Pulang2, tengokin ibu, hhh

Bener banget itu bunda erysha, masakan nya di buat dengan sepenuh hati :D

Iya mbah, apapun masakannya tetap istimewa dan terbaik :D

Hahah ya pasti dong Bro..
indomie mah kalah jauh sama orek tempe ibu :D

Waah ini juga saya alamin
kalo lagi telponan sama ibu pasti tanya gitu :D

Gak pernah ada duanya ya kalo masakan ibu itu
pengen pulang tapi banyak kerjaan :D

saya sehari telphonan sama ortu bisa 3 kali,
nelphonnya sendiri2 soalx antara nelphon bunda sama ayah..:D

kalau bisa videocall bang Adi biar rindunya terobati

Iyaa!! Mungkin bukan hanya masakan ibu saja yang bikin kita seorang anak menjadi kangen.. Akan tetapi doa dari beliau lah yang bisa membuat diri kita menjadi sukses...Ibu memang luar biasa..😊😊

saya juga pinter masak ko, dan ibu saya selalu rindu. Minta dimasakin hehe..

Sayur asem dan semur jengkol, saya banget mas.. Dari dulu hingga sekarang tetap jadi favorit, tapi anehnya koq gak menurun ke anak-anak saya ya, gak ada yang doyan sama semur jengkol, haha…

Ibu kos baik bener mas?


Merasakan perjuangan ibu memang sulit mas.. kita baru bisa merasakan kalau sudah merasakan lahiran...

selain masakan, saya lebih rindu kasih sayang seorang ibu karena ibu saya sudah wafat 18 tahun yang lalu. sejak itu saya berusaha untuk belajar mandiri untuk meraih apa yang saya inginkan.

terima kasih ibu... kasih sayang mu tak pernah terlupakan!!!

hehe seperti kita2 ini ya, lahirnya para kaum blogger dari para ibu2 yang penuh kesish sayang dan perjuangannya untuk membesarkan kita

Wah, samaaaa. Kalau lagi jauh yang aku inget masakan Ibu, uhuhu... :')

semoga ibunya selalu diberi kesehatan bang

Jadi pengen pulang. Bukan hanya saya, bahkan orang lain pun selalu memuji masakan ibu di rumah. Padahal kata ibu bumbunya ngasal..hehe. Ibu sy suka menjamu tamu, siapa pun, apalagi kalau orang jauh. Meskipun cuma sama tempe penyet, kebiasaan ibu yang nggak hilang sampai sekarang. Baca ini benar-benar seperti ingat diri sendiri, apalagi sy jarang banget pulang.Semoga ibunya selalu sehat ya dan semoga kita bisa berbakti sepenuhnya Amiin

makanan kota gudeg emang enak
tapi rujak cingur dengan petis berlimpah khas jawa timur ala emak tetep juara
alhamdulillah bisa pulang pas liburan ini
selamat hari ibu
ibu kos juga ibu kita mas

Asik, enak dong mas bisa kumpul makan bersama, walaupun itu dengan Bapak kost sekeluarga. Masakan Ibu sendiri tdk akan tergantikan oleh masakan dri manapun, khususnya Sambel, Tempe Tahu Bacem dan Gudeg hikhikhik. Jarang sekali saya nemu makanan itu di tempat kerja saya skrg mas kalau nggak masak sendiri. terkadang malah beda rasanya juga...

Saya juga suka kangen masakan Ibu yang sekarang ada di Kampung....iKAN Pindang Cabe Ijio gak ada duanya

Iya mang, kemaren pas liburan udah saya VC :D

Bener banget mas satria
doa dari beliau memang manjur InsyaAllah :D

Waah ini kebalik berarti, ibunya yang selalu rindu masakan mbak fadilah :D

Hahahah anak sekarang memang kadang susah mau makan yg sedikit berbau seperti pete dan jengkol mang, padahal kan nikmatnya itu luar biasa hahah :D

Alhamdulillah mbak may, dapet ibu kost yang baik gini

nah bentar lagi jadi ibu ibu nih mbak may :D

Semoga amal ibadah ibunya di terima di sisin-NYA ya mang
dan selalu mendapat tempat yang indah di sana Aamiin :D

Bener banget mang, klo gak ada seorang ibu gak akan ada kita :D

Selalu istimewa dan ngangenin y mbak indi :D

Ammiin..
waah baik banget ibunya ya mbak muyas :D

Waah enak dong bisa pulang
selamat hari ibu jg mas ikrom
bener ibu di rantauan :D

Iya kang eka, alhamdulillah bisa dapet ibu/bapak kost yang baik dan temen kost yang ramah walau kadang sentolop jg hahah :D

memang kalau masakan ibu selalu dirindu. Rasa dan aroma khas, bikin nagih haha

Kalau mau bikin orek tempe, bumbunya itu bawang nerah, bawang putih, merica, garam, dan sedikit gula merah.

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon