Thursday, November 2, 2017

Jomblo Atau Single, Kamu Tetap Sendiri


Jomblo Atau Single, Kamu Tetap Sendiri


Beberapa waktu lalu saya dan beberapa teman saya sedang asyik ngobrol tentang kapan terakhir kali kita punya pacar.  Tapi obrolan kami pun terhenti sampai titik dimana perdebatan terjadi. Sebenarnya ini hanya perdebatan yang tidak ada faedahnya sama sekali. Kami hanya berbeda pendapat tentang jomblo dan single. Bahkan bukan hanya kami saja yang memperdebatkan ini. Di dunia mayapun banyak yang sedemikian.

Beberapa temen saya ada yang sependapat dengan saya, ada juga yang bertolak belakang dan tetap mempertahankan argumennya. Menurut mereka single itu sebuah pilihan, sedangkan jomblo adalah nasib. Tapi dari sudut pandangku yang masih magang soal jomblo, single maupun jomblo itu sama, hanya berbeda pengucapan saja.

Akhirnya dari pada kita debat tidak selesai-selesai, kita cari apa arti dari jomblo dan berasal dari mana kata jomblo ini. Akhirnya ketemu juga dari beberapa referensi.


Jomblo

Setelah ngulik-ngulik di internet tentang arti sebuah kata jomblo, saya mendapatkan beragam spekulasi tentang asal usul kata jomblo. Tapi saya mengambil yang menurut saya lebih masuk akal yaitu, jomblo berasal dari bahasa sunda yang awalnya jomlo tanpa huruf “b”. Jomlo sendiri memiliki arti yang negativ.

Jomlo digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki pasangan.

Kalo melihat penjelasan diatas memang jomblo itu nasib, tapikan itu saat masih jomlo sebelum ditambah huruf "b".


Namun seiring perkembangan zaman sekarang jomlo beruah menjadi jomblo dan memiliki pergeseran makna. Yang tadinya hanya digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah berumur namun belum memiliki pasangan. Sekarang lebih ke umum, bahkan anak SMP, SMA, kuliahan pun sering di sebut jomblo saat tidak memiliki pasangan.

Terkadang saat berjalan sendirian pun sering dikatain “jomblo ya, sendirian aja”. Berdua pun begitu “Jomblo ya, apa homo. Jalan kok bareng cowok”.

Di sini kita lihat, menurutku jomblo bukan nasib yang ditakdirkan tuhan. Tapi lebih ke penyebutan untuk orang yang sedang sendiri atau belum punya pasangan.

Single

Yang ini mungkin semua orang sudah banyak yang tau, terlihat jelas dari tulisannya. Single berasal dari bahasa inggris yang berarti, satu, tunggal, lajang, sendiri dan masih banyak lagi.

Karena masih  penasaran aku coba menulisakan jomblo di google translate yang muncul ternyata single.


Jomblo Atau Single, Kamu Tetap Sendiri


Akhirnya perdebatan kami berhenti, dan menyadarai satu hal. Mau jomblo atau Single kamu tetap sendiri.


Mau kamu menyebutnya jomblo, jomlo, single, tuna asmara, semua sama saja. Yang terpenting tetaplah menjadi pribadi yang baik untuk diri kamu dan orang lain.

Soal jodoh pasti akan datang pada waktu yang tepat. Karena Allah menciptakan manusia itu berpasang-pasangan, jadi jangan takut ketuker atau tidak kebagian, yang penting usaha.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

19 komentar

i m single and verry happy
lalalala yeyeye :)

iya nih mbak, Allah belum nyerahin jodohnya :-d

Sebenarnya ada perbedaan antara jomblo dan single. Jomblo, karena tidak laku-laku dan selalu kalah dalam persaingan asmara. Kalau single, bisa jadi dia pernah laku dan kini gagal dan harus menyendiri karena suatu sebab. bisa perceraian atau ditinggalkan.
Ah itu sekedar penafsiran secara kebatinan :)

aduh makin prihatin,hihi
kayaknya lebih mewah sebutan single deh mas ..?
jomblo agak kekanak2n ya..

Haha,, single sama jomblo sama saja, sama2 belum punya pasangan

Y udah kalo gitu saya single aja mas bumu :-d

:D ahahahaha memprihatinkan memang nasih tuna asmara di indonesia, kayak Bakmi aja ada yang mewah mbak nia
oke deh saya pilih single aja wkwkwk

Bener tu mas idris, mau nyebut apa aja tetep aja sendiri.. hihi

mau single atau jomblo yang namanya sendiri ya sendiri. hihihi

Saya suka menyendiri karena saya introvert, lalu ketawa.

hahahah iya bener cak shoheb
mau apapun namnyaa tetep aja sendiri

Saya juga seorang introvert mas
bahkan akut

ahaha, keren. ini separuh tjurhat juga bukan, hihi....

Memang nasib yah gan, tapi kalau sayamah belum pernah pacaran sama sekali gan, mungkin katanya bisa lebih diperbaiki atau ditambah, menjadi "jomblo fisabilillah" jhahah biar keren yah pengucapannya, kalau gak ada kata tambahan rasanya pedih hahah

Hahaha iya mbak, postingan di blog ini 99% nya keresahan dari penulisnya sendiri di padukan dengan seidkit bumbu cerita

Hahahahah
Jomblo sampai Halal ya kang
tapi memang enak jomblo dari masih bisa bebas karena tidak ada yang mengganggu saat kita sedan asyik dengan teman dan hobby kita

Soal jodoh pasti akan datang pada waktu yang tepat. Karena Allah menciptakan manusia itu berpasang-pasangan, jadi jangan takut ketuker atau tidak kebagian, yang penting usaha.

Yap setuju banget nih. Sy udah buktikan, nggak mau pacaran dan memilih jomblo eh single tapi akhirnya dapat pasangan juga. Jadi sabar aja ya. Pasangan kita udah ada kok di tangan Tuhan. Tinggal di jemput dengan cara yang halal hehe, *tingal masalah waktu saja sih ini

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon