Saturday, October 14, 2017

Tidak Konsisten Dalam Membangun Blog

tidak konsisten dalam membangun blog

Kemaren ada yang tanya "Mas sampean sejak kapan ngeblog?".
Sebenernya aku sudah kenal blog pertama kali itu dari tahun 2010, waktu itu baru lulus dari SMP terus bantu-bantu abang ipar jagain warnetnya. Karna dulu masih jenis mahkluk alay belum sempurna jadi manusia normal, hobbynya buat status di facebook doang.

Awal ngeblog


Abangku bilang "coba kamu nulis di blog aja", karna dulu belum tau akhirnya cari-cari di mbah gugel. Itu pertama kali daftar akun Gmail dan buat blog pertama kali, liat tutorial di blog orang juga.
Akhirnya blog pertama pun jadi, tapi karna memang bingung apa yang mau ditulis disana akhirnya terbengkalai, ada isisnya tapi cuma foto-foto doang.

Yang kedua kalinya


Liburan dari kelulusan udah kelar aku masuk SMK ambil jurusan TKJ, karna emang niatnya si pengen memperdalam ilmu komputer, yang aku tau dulu komputer itu cuma buat ngetik doang.
Kebetulan kelas dua itu ada guru yang ngajarin design web, nah dari sini semua di ajarin cara bikin blog, karna aku udah punya yang lama akhirnya ya aku buka lagi dan coba posting tutorial yang enggak ada faedahnya sama sekali.

Semangat nya itu cuma sebentar doang, terus ilang lagi karna masih labil bingung ini blog mau di bawa kemana. Apa tujuan bikin blog aja masih enggak tau. Dari sini udah enggak mikirin lagi yang namanya mau bikin blog, walau masih ada keinginan.

Jadi penulis keliling


Tapi aku tetep lanjutin hobby nulis aku yang enggak seberapa ini dengan jadi penulis di blog orang, ada yang di bayar ada juga hanya kerja bakti aja. Itung-itung jadi tempat mengekspresikan diri lewat tulisan, dari pada dipendem entar jadi jerawat juga kan.

Sekitar dua tahun malang melintang bantuin blog orang, bikinin artikel untuk orang, ada juga cuma sekedar bantuin isi artikel di blognya temen. Ada pikiran untuk nyoba bikin blog lagi tapi karna sibuk pasti enggak akan keurus juga.

Apa lagi setelah lulus SMK aku enggak lanjut kuliah, langsung kerja jadi enggak ada waktu untuk mikirin blog. Jadi penulis-penulis tamu di blog-blog orang pun enggak pernah lagi aku jalani. Pagi berangkat kerja, pulang kerja langsung kursus, jadi di kost cuma numpang tidur doang. Lagian waktu itu belum punya laptop, nulis di kantor kan enggak enak juga.

Mulai nyoba ngeblog lagi


Lagi-lagi abang aku bilang, "kamu enggak ngeblog aja, sekarang blog bisa ngasilin duit lo lewat google adsense". Di situ jadi mulai tertarik tuh, akhirnya bikin blog mulai dari nol lagi, bener-bener enggak tau Html, kode Css, tau sedikit dasar-dasarnya dari sekolah tapi kan udah lupa juga hehehehe.

Cari tutorial di gugel, dulu belum tau mau pake template, apa lagi soal SEO dan apalah itu yang penting blog jadi aja udah seneng banget, kalo enggak salah tahun 2014. Sudah taukan ujungnya, ya gagal lagi untuk yang kesekian kalinya ngblog cuma bertahan lima bulan karna males melanda dan masih bingung mau buat topik apa?.

Mulai menemukan jati diri tapi gagal lagi


Aku sudah move on, lupain jauh-jauh niat untuk ngeblog, akhirnya balik lagi jadi penulis tamu di blog-blog orang. Di penghujung 2015, lagi- lagi hasrat pengen punya blog muncul lagi dan akhirnya buat blog.

Ini udah mulai agak serius udah punya gambaran tujuan, blog mau bahas tentang apa, dan udah ngerti dengan template blog. Kebetulan ada temen juga yang ngajak buat blog bareng, nah ini yang bikin aku makin semangat.

Tapi sayang lagi dan lagi suasana hati yang masih enggak menentu dan malas yang menyerang akhirnya blog terbengkalai temen juga begitu males-malesan.
Balik lagi jadi penulis keliling di blog-blog orang, itung-itung ngembangin tulisan yang enggak naik-naik kualitasnya, sekalian cari duit dari nulis.

Nyoba serius untuk ngeblog


Nah ini mulai ada niat pengen ngeblog lagi, karna ada temen yang juga seorang blogger bilang. "Kamu dari pada nulis artikel di blog orang, coba deh punya blog sendiri kan kamu bisa bebas mau nulis apa semau kamu tanpa aturan ketat".

Di pikir-pikir bener juga kata temenku, tapi masih bingung entar udah bikin-bikin ujungnya terbengkalai, di hapus lagi. Kan jadinya buang-buang waktu dan tenaga doang untuk ngurusin itu.

Tapi kali ini enggak langsung bikin, coba-coba cari referensi untuk bisa bertahan lama ngeblog, konsisten ngurus blog. Akhirnya nemu dari blog-blog senior lokal, banyak termotivasi untuk bikin blog lagi. Dan terciptalah blog yang sobat kunjungin sekarang, memang ini blog baru di buat belum genap satu bulan tapi semoga aja bisa tetep istiqamah hehehe.

Belajar dari blogger-blogger senior yang lebih berpengalaman, mulai nyoba template blog yang premium, belajar tentang SEO yang tadinya dianggap enggak penting. Mungkin nanti rencananya pengen nyoba pake TLD, semoga ini jadi awal yang baru dan semangat baru untuk nulis dan konsisten.

Kayaknya udah kepanjangan tulisannya, itulah ketidakkonsistenan aku dalam membangun blog, yang berujung mengulang semua dari nol lagi.

Sekarang tinggal gimana hilangin rasa malas dan terus belajar untuk mengembangkan blog ini. Semoga bisa bermanfaat buat yang sekarang lagi males-males ngeblog, jangan buang-buang waktu untuk males-malesan, coba aja kata para blogger sesepuh bilang tulislah yang ingin kamu tulis.

Mungkin ada pengalaman ngeblog sobat yang lain, silahkan tuliskan di kolom komentar, terima kasih.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

7 komentar

Konsisten menulis itu memang pe-er. Sekali malas bisa terus malas. Sama kayak saya, kadang kalau muncul malas, blog lamaaa diupdate. :)

iya bener banget itu
kalo males sudah melanda itu rasanya memang susah untuk di lawan
tapi bertahap d coba rutin hehe
mkasih mbak udah mau mampir dimari

Duka paling berat ketika ngeblog apa mas? Hehe

This comment has been removed by the author.

Duka paling berat itu waktu belum ngerti soal seo dan lainnya
udah itu rasa males berkepanjangan, sisanya blog sepi aja ahaahaha
ngajuin adsense gk di terima2
matur suwon udh mau mampir

Jatuh bangun gitu yaa, tapi sebenatnya malah penasaran, kamu keliling nulis artikenya di mana saja? hehe

#soalnya gak disebutin

Ibarat membangun sebuah rumah yang mana bisa meneruskan membangun bila ada material bangunannya...blog pun akan sulit dibangun bila kita kehabisan material.
namun anehnya, kadang membangun blog pun materialnya sudah ada banyak dan bahkan melimpah tetapi tidak kunjung digarap. Hehehe

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon