Thursday, October 19, 2017

Menjadi Pengemis di Tempat Kerja

Menjadi Pengemis di Tempat Kerja

Problematika saat kita masih kerja ikut orang, ya kita harus patuh dengan aturan yang ada, enggak bisa semena-mena. Seperti yang terjadi di tempat kerjaku beberapa minggu ini, ada temen yang memang sudah lama kerja disini merasa perusahaan kurang memperhatikan kesejahteraan dia.

Temenku ini kerjanya sedikit males-malesan, dari berangkat sering telat, pulang sebelum jam kerja habis dan kelakuan-kelakuan random lainnya. Usut punya usut ternyata dia cuma pengen naik gaji, dia merasa kurang dengan gajinya sekarang. Kayaknya dia memang kurang bersukur aja atau ada obsesi yang terlalu tinggi.


Minta Naik Gaji

Enggak ada yang salah dengan ini, semua karyawan berhak untuk meminta kenaikan gaji, kalo memang dirasa kurang.

Tapi, masih ada tapinya lo, sudah ada effort yang kamu lakukan belum untuk memajukan perusahaan ini, ada peningkatan belum kinerja kamu.

Kalo dirasa sudah maksimal kinerjamu dan sudah banyak yang kamu berikan untuk perusahaan, baru deh boleh minta naik gaji yang seusai.


Kerja Males-malesan

Pengen naik gaji, tapi kerjanya males-malesan. Seorang atasan pasti menilai dari kinerja kamu, meski kamu enggak berprestasi dalam pekerjaan kamu.

Setidaknya enggak bikin kesalahan juga, kamu rajin, dari berangkat tepat waktu, bantu selesain kerjaan temen (kalo lagi bengong enggak ada kerjaan), bisa-bisa kamu ambil hati atasan.

Kalo kata orang cari muka, eh enggak masalah asalkan kamu enggak merugikan orang lain atau rekan kerja. Cari muka yang positif, seperti meningkatkan kualitas kerja kamu, jangan sampe kantor absen terus tidur-tiduran.


Mengeluh dan Memperlihatkan Kekurangan Kita

Minta naik gaji dengan alasan kebutuhan dan masalah-masalah lain yang memang kamu buat sendiri. Seperti kredit mobil, keluarga banyak yang di tanggung dan lain sebagainya.

Dengan kamu mengeluh seperti itu, malah menjatuhkan harga diri kamu sendiri seakan-akan kamu memang hanya bergantung pada perusahaan aja.

Enggak masalah uang gajimu untuk beli apa, tapi dilihat juga kebutuhan dan pemasukan kamu. Kalo kamu sekedar karyawan tapi pengen gaya seperti bos, orang kaya, sebesar apapun gaji kamu enggak akan cukup.

Tidak Mau Berusaha

Siapa yang enggak mau naik gaji, tapi jangan pake alasan keluhan semua. Cobalah untuk berusaha meningkatkan lagi effort kerja kamu, apa yang sudah kamu beri untuk perusahaan.

Kalo kamu udah berusaha, enggak perlu kamu ngemis-ngemis minta naik gaji, perusahaan juga akan menilai kamu dan mempertimbangkan pastaskah gajimu naik.

Kebutuhan diera modern seperti ini memang sangat tinggi, dari gaya hidup yang penuh gengsi. Tapi cobalah untuk mengimbangi diri dan selalu bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki.

Banyak diluar sana yang masih sibuk masukin lamaran kerja sana sini, kamu yang sudah kerja tapi enggak di jaga. Untuk kamu yang sekarang sedang cari kerja dan mungkin yang sudah mulai kerja, cobalah tunjukan kualitas diri kamu, berikan yang terbaik untuk perusahaan kamu.

Sebelum minta naik gaji coba kamu renungkan apa yang sudah kamu berikan untuk perusahaan, sudah pantaskah gajimu naik.

Persaingan didunia kerja sekarang memang ketat, banyak lulusan baru yang siap menggantikanmu kalo kamu enggak konsisten dan menjaga kualitas kamu. Kalo pengen aman ya buka usaha sendiri, disini kamu bisa mengatur sesuka kamu.

Untuk kamu yang sedang cari kerja semoga cepet dapet, yang lagi nunggu panggilan semoga cepet dapet telpon, atau mungkin yang pengen buka lapangan kerja alias jadi pengusaha silahkan.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

15 komentar

Bersyukur dengan apa yang dimiliki, diluar sana masih banyak orang yang menjadi pengangguran. Buang rasa malas, jangan mudah mengeluh yang akan mengakibatkan badah semakin lemah. Gaji minta naik melulu, sedangkan perusahaan juga kurang sehat, ini yang membuat saya prihatin.

Salam kenal mas adi.. Terima Kasih sudah Komen di blog saya.

dan sayangnya 60-70% rekan kerjaku dulu seperti poin2 di atas
jadinya....
aku resign hehe

begitulah, banyak orang kiat itu banyak menuntut hak tp kewajiban sbg karyawan tak dipenuhi, malas2an

Bener mas, bukannya mau belain perusahaan atau enngak memihak ke sesama karyawan
tapi sbgai karyawan kita juga hrus pertimbangkan diri kita sudah pantaskah dan apa yg sudah kita beri ke perusahaan.
makasih mas udah mampir

salam kenal juga mas yance, sama sama mas
sesama blogger kan lebihg enak kalo bisa menjalin komunikasi
itung-itung kita nambah temen dan bisa saling sharing

ya begitulah pak, padahal kalo kita bisa memberikan yang terbaik semua pasti ada nilainya
makasih pak guru udah mampir

iya mbak, banyak banget
demi gengsi kadang mengorbankan harga diri
kan sangat di sayangkan

Iya sih, kadang2 orang pengen naik gaji tapi salah caranya. Kalau aku sih mending langsung ngomong sama atasan, jangan merajuk kayak anak kecil hehe

Bener banget kak, ada yang malah cuma lewat pesan chat
kan kesannya enggak sopan jg hehe
mkasih udah mampir kak

Aaaaaa, aku belum kerja jadi belum tau dunia kerja.. Wkwk
Makasih sharingnya ya

Dulu pernah minta naek gaji dan gak approve, langsung ngajuin resain dan gak di approve juga.
Tapi tetap resign dgn syartat one notes month.

Gimana ya..aku rasa semua pekerjaan itu sama, asalkan ikhlas dan bersyukur...itu sih kunci utama...meskipun sudah bergaji besar tapi masih kurang bersyukur rasanya masih tetap kurang dan pasti mengeluh terus....itu sih yg pernah kurasaain saat kerja sampai saat ini,..hehe salam kenal :)

namanya manusia mas fajar, selalu haus dengan ketidak puasan
saya pun kdang bgitu :D

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon