Monday, October 30, 2017

Mencoba Berteman Dengan Malam

Pixabay

Malam hari itu memang waktu yang tepat untuk beristirahat, apa lagi bagi orang yang rutinitasnya padat diwaktu siang. Saat malam hari kesempatan untuk berkumpul bareng dengan keluarga itu lebih besar. Apa lagi diera modern sekarang ini, semua sibuk dengan kegiatan yang benar-benar menghabiskan waktu seharian.

Maka dari itu banyak orang mulai akrab dengan malam hari hanya untuk sekedar menghibur diri dengan hal-hal kecil sederhana. Mungkin ada yang keluar kumpul bareng teman-temannya, Kongkow di kafe untuk pake wifi gratis atau main futsal bareng.

Adapun alasan yang mengharuskan kamu berteman dengan malam hari adalah tugas kantor yang harus diselesaikan, tugas dari kuliah, skripsi yang sudah satu tahun belum selesai-selesai atau mungkin bertemu via telpon dengan sang pacar. Buat yang jomblo boleh telpon pemadam kebakaran.

Pertama kali berteman dengan malam

Begitupun dengan aku yang beberapa minggu ini, terpaksa untuk selalu tidur larut malam. Alasanya karena suatu pekerjaan yang harus diselesaikan. Deadline yang kadang hanya membuat kepala pusing dan stres. Seperti orang-orang bijak bilang "Usaha tidak akan pernah menghianati hasil".

Dua minggu lebih aku berjuang melawan rasa ngantuk untuk menyelesaikan deadline-deadline yang begitu menyebalkan itu, pada akhirnya perjuanganku tidak sia-sia. Semua pekerjaanku selesai tepat pada waktunya tanpa ada yang namanya revisi.

Untuk menemani waktu malamku itu biasanya ada secangkir kopi dan martabak manis pak gendut yang selalu setia. Tanpa kedua itu mungkin aku akan merasakan bosan dan sulit mengendalikan rasa ngantuk yang amat berat.

Tapi karena kegiatan itu berlangsung sampai dua minggu lebih, akhirnya berimbas kepadaku sampai hari ini. Sulit untuk tidur lebih awal dan jadi ketagihan makan martabaknya pak gendut.

Tapi waktu malamku ini tidak aku sia-siakan begitu saja, akhirnya aku memutuskan untuk melakukan beberapa hal yang aku anggap bermanfaat untuk diriku. Seperti menulis dan membuat beberapa design untuk pekerjaanku.

Waktu yang pas untuk menulis

Aku yang tidak terbiasa akrab dengan malam hari, tapi sejak menyelesaikan deadline pekerjaanku. Merasa kalau malam hari itu waktu yang pas untuk menulis sesuatu.

Kejadian yang aku alami selama satu hari penuh bisa di eksplore lagi untuk menjadi sebuah tulisan. Yang biasanya bingung ingin menulis apa karena kehabisan ide, sekarang sebaliknya bingung mana yang harus ditulis karena kepala seakan dihujani meteor-meteor ide.

Suasana yang hening membuatku bisa lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu tanpa harus tertanggu suara-suara bising dari luar. Dinginnya malam juga membuat pikiran terasa tenang dan nyaman.

Banyak Hal yang terjadi di malam hari

Begitu banyak hal yang tidak aku temukan pada saat siang hari, seperti halnya martabak pak gendut yang setia menemani malamku. Adapun beberapa kejadian yang sama namun feel yang dirasakan itu berbeda.

Seperti suara longlongan anjing dari kejauahan, siang hari juga ada tapi biasa saja. Suara jangkrik yang hanya ada dimalam hari, walaupun pertama kali aku merasa bingung disekeliling kostan ku tidak ada semak – semak, saat ditelusuri suaranya ternyata jangkrik makanan burung bapak kost. 

Langit dimalam hari juga dihiasi beberapa bintang yang indah namun sulit memang untuk dilihat karena kalah dengan pantulan cahaya lampu, kalau di daerah pedesaan mungkin bisa terlihat jelas. Bulan juga lebih terlihat indah dimalam hari.

Bahkan sempat beberapa kali aku melihat dan mendengar teriakan "maling, maling". Saat aku keluar, ternyata itu bapak kost yang sedang menonton TV.

Masih banyak kejadian dimalam hari yang aku saksikan sendiri seperti, suara tetesan air keran, tikus yang berantem karena rebutan makanan, kecoa yang sedang bercanda gurau dengan pacarnya dan cicak yang kepleset dari langit-langit kamar.

Ada satu lagi kejadian menyeramkan yang aku alami, tepatnya malam minggu kemaren. Aku keluar untuk mencari cemilan dan hampir disekeliling jalan banyak penampakan remaja yang pacaran.

Yang membuat semakin seram itu umur mereka yang jauh dibawah aku bahkan terlihat kalau mereka itu masih anak SMP dan SMA. Kejadian itu sekitar pukul 10 malam, serem kan.

Itulah pengalaman yang aku dapatkan saat mencoba berteman dengan malam hari, sepertinya aku harus mulai kembali dengan kehidupan normalku.

Kalau tidak, aku akan mulai kelebihan berat badan karena martabak pak gendut dan tentu menghindari ngantuk saat bekerja.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

24 komentar

Memcoba berteman dengan malam.
Kalau saya sudah terbiasa berteman dengan malam, kang. Sudah lebih 17 tahun selalu bertemankan malam yang kadang dingin dan terkadang sumuk. Haha maklum sebagai kuli di malam hari.
Ya,... Malam memang waktu yang pas untuk menggali inspirasi dan ide menulis. Suasana yang tenang membuat ide mengalir deras untuk menuangkan gagasan tulisan. Apalagi kalau sedang dilanda Asmara. Segala sesuatunya ingin dituangkan dalam tulisan. Wkwkwkwkkw

Salam kenal, kang.

Suasana malam memang menjadi menyenangkan apalagi baru posting tapi sebaiknya malam buat istirahat jangan terlalu banyak bergadang kata bang roma.

yang pentinhg jangan setiap malam dek tidur larut eh iya kesalahan kuenya kenapa tapi misa dimakan kan

yang penting halal kang
apapun pekerjaan nya dimata Allah kita tetep sama hehehe
suasana malam memang hikmat untuk menyendiri
salam kenal juga kang

begadang jangan begadang hahahaha
bener mas, kalo memang enggak ada kepentingan ya usahakan untuk istirahat apa lagi untuk yang kerja seharian

Agak sedikir berantakan aja kang
ahahahaha, tapenya sedikit benyek, tapi tetep enak bisa di makan

Sudah nggak kuat lagi malam begadang. Faktor U nih kayaknya. Lagian jam 4 pagi sudah harus bangun nyiapin yang mau ke sekolah dan ke kantor..:D

Selain malam hari, pas bangun tidur sebelum subuh, pukul 4-5 itu enak banget buat nulis. Berusaha nggak nulis malem lagi, kasihan badan diajak begadang terus. :(

aku gak boleh tidur malem2
nanti maag kambuh
tapi emang waktu malem [aling asyik
tenang
paling produktif sih sbeelum subuh emang mas

Aku terbiasa berteman dengan malam karena sering susah tidur terutama kalau tidur terewat dari jam sepuluh mata ini sulit terpejam, akhirnya terbiasa mengerjakan kerjaan siang hari di malam hari

bener mas yoga
kerasa banget waktu bangun tidurnya kalo dari begadang

iya mas
kalo subuh memang enak banget untuk nulis
soalnya pikiran masih fresh banget

aku juga gtu karna kebiasaan 2 minggu lebih ngerjain tugas
eh jadi kebablasan susah tidurnya

waah bener tu mbak dian
apa lagi sudah punya anak dan kesibukan kerja juga

Paling enak tengah malam mas..suasana hening cocok banget buat bikin postingan, jangan lupa secangkir kopi sebagai teman setia supaya tidak ngantuq...

jarang begadang kecuali lagi ada maunya sm Allah,
tahajudtan,
hihi..

bener mbak, dari pada begadang yang tiada artinya mending tahajud ada manfaatnya

waaahhh seru sekali malam harinya mas wkwkkwkwkw

iya mas andi hehehe
bareng martabak pak gendut yang selalu setia

lebih mantap kalo disertai foto suasana malam di daerahnya .., hehe

Iya si kak, harusnya.
tapi enggak kepikiran untuk ambil fotonya
mungkin di lain waktu hehehe

Mencoba mencari kupu2 malam, eh kecoblosan, hahaa

Maksudnya menulis di mlm hari, karena pagi mpe sore kerja 😁

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon