Saturday, October 21, 2017

7 Tips Berdamai Dengan Diri Sendiri

7 Tips Berdamai Dengan Diri Sendiri

Setiap orang pasti punya begitu banyak problem dalam kehidupan, entah itu sekarang atau kejadian di masa lalu yang masih mengikat dalam kehidupan kita. Kadang kita sering menyalahkan dan menghukum diri sendiri hanya karna sebuah kesalahan yang kita lakukan.

Ada banyak orang mengalami depresi, yang pada akhirnya melakukan hal-hal ekstrim seperti bunuh diri, terjerumus dalam kehidupan-kehidupan yang memang merusak dan tidak bermanfaat untuk kita.

Dan ini juga banyak terjadi dengan orang-orang terdekatku, termasuk juga aku yang pernah mengalami hal ini. Cobalah untuk berdamai dengan dirimu sendiri dimulai dari hal-hal kecil.

1. Memaafkan


Cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri dari kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu. Buatlah semua itu sebagai pelajaran untuk membuka hal-hal baru di masa sekarang.

Bicaralah dengan dirimu sendiri bahwa semua itu hanya bagian dari siklus kehidupan. Jangan selalu menyalahkan diri sendiri yang pada akhirnya merugikan kamu. Ambil cermin dan yakinkan pada dirimu sendiri "Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, yang luput dari kesalahan".

2. Membuka Diri


Hidup bukan tentang dirimu sendiri. Coba kamu lihat keluar, temui orang-orang yang ada disekitarmu.

Luangkan waktumu untuk sekedar tegur sapa dan canda gurau, dengan begitu hidup kamu akan lebih berwarna. Bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai passion kamu, disana kamu akan menemukan orang-orang baru.

Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan pikiranmu akan lebih segar, sapa tau bisa dapet jodoh juga kan hehehe.

3. Berpikir Positif


Apa yang kamu pikirkan tentang diri kamu sendiri itu akan jadi sugesti, jadi cobalah untuk selalu berpikir positif. Hilangkan pikiran negatif dalam diri kamu, kegagalan dimasa lalu itu suatu yang biasa. Orang-orang sukses di dunia ini pun pernah melakukan kegagalan.

4. Realistis


Hari gini kamu masih mengharapkan suatu keajaiban tanpa usaha, duduk diem dirumah tiba-tiba ada yang ngetok pintu jodoh dateng.

Cobalah untuk bepikir yang realistis, jangan mengharapkan belas kasihan orang lain, membuat drama agar dapat sebuah perhatian.

Hidup itu sebuah proses, kalo memang hari ini kamu belum mendapatkan apa yang kamu inginkan, mungkin kamu belum berusaha lebih keras lagi. Sudah usaha masih belum dapat hasil, kan udah di bilang proses.

5. Menyayangi Diri Kamu


Bukan karna jomblo terus kamu sayang-sayangan sama diri kamu sendiri, ngaca manggil sayang sama diri sendiri, itu gila namanya hehehe.

Maksudnya disini, sesekali coba kamu bawa dirimu ketempat-tempat yang mampu membuat pikiran kembali segar. Misalnya, jalan-jalan ketempat yang belum pernah kamu kunjungi, sekedar untuk menghilangkan stres.

Apa lagi untuk yang tinggal di kota-kota besar, sempatkanlah untuk menghibur diri. Absen dari hiruk pikuk kemacetan, rutinitas yang itu-itu saja dari pergi ke kantor-ngampus-pulang-tidur. Sesekali memanjakan diri kan enggak apa-apa.

6. Ikhlas


Yang satu ini mudah untuk diucapkan, bahkan anak kecil aja bisa. Tapi sangat sulit untuk kita terapkan. Satu-satunya kita bisa bener-bener ikhlas itu waktu BAB, kita merasakan keikhlasan hakiki.

alo kamu memang ingin mendapatkan kedamaian cobalah untuk mengikhlaskan kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu.

Bukalah lembaran baru untuk hidup kamu di masa depan, sekali lagi katakan pada diri kamu "Kegagalan bukan akhir dari segalanya, aku harus bangkit dan melupakan kegagalan di masa lalu"

7. Bersyukur


Yang punya masalah dalam hidup ini bukan kamu aja, di bumi ini bukan kamu sendiri yang hidup. Banyak orang yang menghadapi masalah lebih berat dari kamu.

Hidup jangan selalu melihat keatas, sesekali lihat kanan-kiri dan sekitar kamu sekedar meyakinkan pada pikiran kamu bahwa bukan hanya kamu yang hidup di level ini dan beberapa masalah yang kamu hadapi.

Lihatlah kebawah untuk kamu bisa bersyukur karana masih ada yang lebih berat masalahnya. Dengan bersyukur kamu akan mendapatkan kedamaian dan egomu tidak akan menuntut diri kamu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Oh ya tambahan buat yang jomblo, syukurin aja yang jomblo bukan kamu aja hehehe.

Bahagia atau tidaknya hidup itu kita yang menentukan, jadi jangan terlalu lama terjebak dalam pikiran-pikiran yang membuat kita minder dan menutup diri.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

32 komentar

Wew.. motivasi yang bagus nih kang, setiap orang punya masalah dan masalah itu harus diselesaikan jangan dipendam, karena kalau dipendam lama-lama jadi beban dan kalau beban makin berat bisa bahaya, jadi segera atasi problemmu sebelum timbul masalah baru dan tamabah runyam urusannya...

Artikel bagus wajib dan kudu di share ini mah, saya G+ kan ya kang...

Makasih banyak kang hehehe, sharing dari pgalaman pribadi san orang terdekat aja.
bener banget kang, masalah kalo enggak langsung diselesaikan cuma jadi numpuk dan bikin tambah msalah baru
makasih udah mau mampir kang

iya kang, maksih banyak lo kang
udah mau share in

Iya sama-sama kang, sudah jadi kebiasaan saya setiap BW pasti saya share artikelnya kalau menurut saya bagus mah, hehe...

Tipsnya oke banget, Kang Maman. Eh, bukannya Kang Maman punya blog satu lagi, yang domain sendiri?

Memaafkan diri sendiri, perlu jiwa yang besar. Kebanyakan orang hanya bisa mengutuk dirinya sendiri.
Yuk berdamai dengan diri sendiri biar hidup ini lebih nyaman tanpa ada keluh kesah.

Bersyukur dan bersyukur biar selalu bisa memandang segala persoalan dari segi positifnya.

Saya juga ingin share, biar bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak.

hehehe sekali lagi mkasih lo kang

bang bumi mkasih udah mau mampir apa lagi sampe share

iya mbak, sekedar share dari beberapa pengalaman aja hehe

bener banget bang, kedamaian dan bahagia itu kita yang menentukan
hilangkan ego dan mulai membuka hidup yang baru

Nah ini juga penting mas, hilangkan ego dan membuka lembaran hidup baru, semangat ah.. lupakan masa lalu yang kelam, sambut hari esok ceria, ciee...

enggak akan ada habisnya memang untuk bersyukur

Dari awal sampai akhir baca, kata-kata buat jomblonya kok banyak banget ya, jadi tersungging saya. Hahaha.

Paling susah menurut saya adalah segitiga ikhlas-memaafkan-bersyukur. Jika ketiganya sudah terlampaui, lulus deh ujian kehidupannya.

Saya pikir realistis itu penting, karena hari gini gak usahlah mikir yg kejauhan, jika yg dekat gk bisa trcapai

Toooos dulu dong tooss, sepakat bgt.. Dari point pertama hingga point terakhir, :)

Luar biasa.. terima kasih, Mas.

ini bukan sekadar 7 tips melainkan 7 kunci bahagia. :D

Emang ada ya orang ngaca trus panggil sayang sama dirinya sendiri, mas Tama?
Hehehe....

Baca tentang ikhlas, hahaha..... Iya ya?

Siapa yang tak punya masalah dalam hidup ini? Pasti punya bedanya dari cara mensikapinya
kalau terus menerus menyalahkan diri sendiri tak bisa dipungkiri lagi yang pasti akan terus tersiksa
masa tega menyiksa diri sendiri? tentu saja tidak kan
sayangi diri sendiri dan syukuri apa yg mikiki serta tetaplah berpikir positif

Memaafkan? ga sudi!diri saya masih suka salah-salah.. hihi

btw, ini owner kapan nerapin poin ke 5?

Makasih mas adi, artikelnya bikin saya semangat untuk terus melangkah ke depan. Kayaknya saya juga harus lebih sering belajar bersyukur dan ikhlas.
Sekali lagi, thankiyu ya mas, eh thank you maksudnya hi...hi...
Dan tak lupa
Salam kenal blogger yak....

Saya suka yang nomor 5 bagian memanjakan diri. Sesekali memang perlu bersantai lepas dari hiruk pikuknya ibukota.

Yang paling sulit itu berfikir positif gan, kadang sulit untuk melakukan nya, pasti ada saja fikiran2 yg menggoda kepada hal2 yg malah ke arah negatif.

Artikel yang sungguh dalam banget mas.
Ah... kita emang harus berdamai dengan diri sendiri agar bisa maju ke depan.

Memaafkan diri sendiri, dan bersyukur itu yang lebih saya utamakan. Ini komentar ulangan :)

Yups, Suwun untuk Pengingatnya.. Kadangkala kita terlalu terjebak akan masalah. Contohnya saya yang menyesal karena mengambil keputusan kurang tepat. Rasanya pengen nangis..

Setuju dengan semua tips di atas. Kalau dipraktikkan, in syaa Allah cepat keluar dari masalah

Memaafkan memang persoalan yg mudah tapi juga berat. Karena urusan hati walaupun mulut sudah terbiasa bilang "ya udah nggak apa2". Ke diri sendiri sekalipun. Tapi ini harus dilakukan untuk mendapatkan rasa nyaman dengan dirinya sendiri. Artikelnya sip 😊

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon