Tuesday, December 5, 2017

Ngeblog Sambil Berbagi Ilmu dan Informasi, mungkinkah?

Ngeblog Sambil Berbagi Ilmu dan Informasi, mungkinkah?
Sumber pic masih dari Pixabay tapi saya edit lagi

Saya mengenal dunia blogger sudah cukup lama namun baru baru ini yang memang sedikit lebih fokus. Begitu banyak blogger yang bermunculan setiap tahunnya tapi tidak sedikit juga yang sudah memutuskan meninggalkan blognya dan mulai beralih ke youtube.

Tidak dipungkiri dunia per-youtuban sekarang semakin banyak peminatnya dan ringi dengan kebiasaan orang indonesia yang memang lebih suka melihat video daripada membaca.

Seperti yang terjadi sore tadi, salah satu teman saya menanyakan sesuatu “Bro apa si yang bisa di bagi lewat blog?, kenapa gak bikin channel youtube aja. Memangnya masih ada yang baca itu blog?.”

Belum sempat saya jawab, ada teman saya yang lain menjawabnya “Kamu aja yg memang males baca, masih ada la yg suka baca. Lagian ngeblog juga bisa berbagi banyak hal dari cerita, pengetahuan atau berita berita gitu.”

Saya juga sempat berfikir begitu sebelumnya, apa masih ada orang membaca artikel blog?. Tapi karena memang masih ada minat yang kuat untuk membangun blog akhirnya tetap saya jalani saja.

Terus jika ada yang bertanya apa yang bisa dibagi lewat blog?, menurut saya banyak hal bisa di bagikan di blog dalam bentuk tulisan seperti berbagi ilmu mungkin.

Selama saya mengenal internet dan browsing di om gugel sudah banyak blog yang saya hampiri dari yang lokal sampai yang blogger luar. Dari sekedar iseng sampai memang sengaja mencari informasi yang saya butuhkan.

Begitu banyak hal yang bisa dibagikan melalu tulisan diblog dari hal yang biasa saja sampai yang tidak biasa.

Seperti berbagi pengalaman lewat ngeblog


Mungkin terdengar sedikit biasa saja, tapi sebuah pengalaman yang di bagikan mungkin bisa menginspirasi atau malah menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Seperti berbagi tentang pengalaman ditolak adsense berkali kali, mungkin untuk sebagian blogger yang sudah di terima ini bukanlah hal yang penting lagi. Tapi untuk para blogger pemula ini adalah informasi yang sangat penting.

Tanpa di sadari ini juga bagian dari ilmu yang di bagikan lewat ngeblog, karena ilmu bukan tentang Matematika dan kimia saja.

Gudangnya  pengetahuan yang bisa diakses secara gratis


Kalau dilihat lagi begitu banyak pengetahuan yang  bisa kita ambil dan pelajari di internet. Semua itu tidak hadir dengan sendirinya, tentu ada yang membuat konten tersebut.

Siapa lagi kalau bukan penulis, blogger, dan para konten writer lainnya. Mereka membagikan ilmu yang dimiliki dengan gratis, meskipun ada yang dibuat menjadi bisnis. Tapi coba lihat begitu banyak blog tentang tutorial, resep masakan, teknologi dan lain sebgainya.

Itu semua sumber ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan hanya bermodalkan kuota. Bayangkan saja kalau kita harus kursus dan membayar mentor, berapa banyak uang yang harus kita keluarkan. Sekali lagi ini membuktikan aktifitas blogging bisa berbagi ilmu.

Sekedar menulis cerita


Pasti pernah membaca sebuah blog yang berisi cerpen ataupun cerita series.  “Memangnya ada ilmu yang bisa di dapet?” . Selama saya membaca cerita yang dibuat oleh para blogger lain dari mulai cerpen sampai cerita bersambung.

Banyak hal yang bisa saja pelajari dan hikmah yang bisa dipetik dari cerita yang ditulis. Kalau kita memahami alur ceritanya, selalu ada sebuah pesan moral yang disampaikan dalam sebuah cerita pendek.

Tapi semua itu kembali lagi jenis apa ceritanya dan bagaimana kita mengambil kesimpulan dari cerita tersebut.

Menjadi media informasi yang valid menurut saya


Dari mulai tempat wisata, kuliner bahkan tempat nongkrong anak kekinian. Semua di rangkum dalam sebuah tulisan yang menarik dan lebih objektif. Biasanya dari para blogger blogger personal informasi yang di sampaikan lebih jujur dan terhindar dari namanya HOAX.

Dari tempat wisata yang belum pernah tereksplore sebelumnya, makanan khas dari daerah lain yang selama ini tidak pernah mendengar bahkan tidak tau kalau ada makanan sejenis itu.

Informasi seperti tanah longsor didekat daerahnya, pembangunan, jembatan putus, bahkan kemacetan yang terjadi pun bisa kita dapatkan. Yang tadinya tidak pernah tau menjadi tau.

Begitu banyak hal yang bisa di bagi dengan aktifitas ngeblog, jadi kalau ada pertanyaan “Apa si yang bisa di bagikan di blog?.”

Mungkin bukan sembako atau nasi kotak, tapi sebuah informasi, pengetahuan, dan ilmu yang bisa kita bagikan.

Namun bukan sebuah keharusan juga, belum ada yang bisa kita bagikan setidaknya tidak menulis yang merugikan. Seperti yang saya tulis sekarang ini, mungkin bukan sebuah pengetahuan atau ilmu yang bermanfaat tapi hanya sekedar menulis apa yang menjadi pertanyaan teman saya saja.

Untuk yang memiliki banyak pengetahuan dan ilmu, dari pada dipendam mending di bagikan untuk yang membutuhkan. Mungkin hal itu spele seperti cara memasak nasi, untuk sebagian orang ini akan menjadi bahan tertawaan.

Tapi ingat tidak semua orang bisa, mungkin saja ada yang baru belajar untuk memasak dan tutorial itu sangat bermanfaat dan membantu untuknya.

Hal sekecil apapun yang kita bagikan dan kita anggap tidak terlalu penting, mugkin saja sangat di tunggu tunggu oleh sebagian orang.

Keep writing and happy blogging, tetap lakukan yang terbaik dan tulis apa yang menurut kita baik.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

64 komentar

jawabnya ya mungkin sekali untuk berbagi ilmu kepada orang lain
sekalian menghilangkan kegelisahan

Ngeblog memang lebih asyik untuk mengembangkan cerita, ketimbang youtube. Kalau kita membaca, imajinasinya lebih terbangun dibandingkan hanya menonton saja, tapi kalau dikombinasikan keduanya, pasti lebih ok. Salam kenal, mampir ke rumahku juga ya.

Kalau ditanya lebih asyik mana saya pilih Blog tapi kalau mau cepat hasilnya ya Youtube cuma Gak kuat kuotanya

aku lebih senang baca blog ketimbang youtube. youtube biasanya cuma buat nyari tutorial. kalau blog bisa dapat ilmu-ilmu baru

setuju. aku juga lebih suka baca2 pengalaman orang. hasil tulisan original orang juga aku suka. apalagi dengan model cerita2. suka banget. kadang bikin ketawa, iri, dan lainnya. jadi, tetap nulis ya. eh, betwe, jika mau menulis yang baik dan benar, alangkah baiknya cari di Mbah Google, soalnya ada beberapa yang belum tepat ditulis. maaf, bukan apa-apa, ya. mari belajar bersama. akhirnya, semangat!

Blogger menediakan informasi based pengalaman jg, jd terhindar dari hoax setuju bngt

Setuju mang, sekalian mengeluarkan keresahan dalam diri kita juga dengan lewat tulisan :D

Bener mbak, semua punya pilihan masing masing
bnyak juga kok yang mengkobin keduanya
salam kenal jg mbak
nanti tak mampir :D

Semua ada kelebihan dan kekurangan nya y mang
saya jg mgkin kedepan ada kepingin punya channel tp untuk skarang blum tau :D

Saya juga memang dasarnya suka baca, jadi kalo nton youtube untuk memperjelas saja atau sekedar hiburan teh :D

Iya mas Anwar, saya juga suka kalo ada bumbu ceritanya
hiburan dapet ilmu jga dapet

ok siaap mas anwar saya terus perbaiki tulisan saya dan terus belajar :D

Iya mas idris
saat pertama buka halaman log in blogger kan
Ada tulisan Publikasikan tulisan anda sesuai selera :D

yg malah sering bikin berita Hoax malah rata rata yang sudah professional..

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel djangkaru bumi, budaya membaca memang masih rendah, media video atau youtube masih menjadi primadona. Maka tidak mengherankan jika banyak blogger yang hengkang menjadi youtuber,
Seperti apa yang diuraikan diatas, banyak sekali hal yang bisa dibagi lewat tulisan/ngeblog. Bahkan ada artikel saya yang digunakan untuk bahan riset siswa SMA. Keren bukan?

Melampiaskan uneg-uneg isi kepala daripada menjadi penyakit :)

saya sebenarnya pengen juga berbagi ilmu lewat video, tapi sementara pakai blog dulu lah sebisanya

kalau sudah hobinya menulis, mau di tawari emas kiloanpun ttp saja gak tergiur ganti profesi, karna passion itu dr hati, timbul begitu saja dan kadang lupa dengan hal yang lain.

keep writing brother ada sebuah ungkapan ikatlah ilmu dengan menuliskannya, kalau kita punya ilmu punya sesuatu yang kita sukai mari kita bagikan di blog

kalau menurut sya pribadi sih mungkin sekali mas.. soalnya banyak gaya bahasa dan tulisan yg bervariasi ketika kita membaca blog orang lain...
tpi kalau saya pribadi sih cuma sekedar menulis apa adanya saja... hahaha.. maklum cma blogger ikut2an saya mah

Bener banger itu mas bumi, youtube memang sekarang ini lagi menjadi primadona banget
tapi masih banyak juga yang setia membaca blog
semua sdh ada bagiannya masing masing

dengan menulis di blog kita bisa berbagi banyak hal yg mungkin berguna bagi sebagian orang :D

Kalo begitu sama Mas huda
saya juga ada keinginan untuk merambah dunia peryoutuban tapi untuk sekarang masih pengen fokus di blog dulu :D

Bener banget mbak nia, namnya passion dan hobby sdh ssh untuk di hadang :D

Iya mang, mungkin sederhana tapi bisa jadi berguna bagi sebagian orang y mang
menulislah agar generasi di masa depan tau kita pernah hidup hehe :D

Iya mas eka selalu banyak kemungkinan, tapi bisa juga pasti
karena hal spele pun bisa jadi sebuah ilmu yang bermanfaat untuk yang belum mengerti :D

Setuju mas bumi, dari pada streess sendiri mending di jadikan sebuah karya :D

Terus berbagi lewat tulisan dengan media yang sudah disediakan, yang gratis ada yang berbayar ada. Saya kira arus informasi akan terus mengalir tanpa henti tapi terkadang harus pintar memilah juga yang benar dan yang palsu. Jangan terlalu mudah tergiring dengan isu. :D

Jangan sampai lah, karena tanggungjawabnya smpe akhirat lho :(

berbagi ilmu ya pastinya dan berbagi cerita sederhana penuh makna

Penting banget mas , kan kalo kita mati cuman #ada 3 yang tiinggal salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat

Banyak hal manfaat yang bisa dibagi diblog begitu juga sebaliknya banyak juga yang bisa diambil manfaatnya dari ngeblog, memberi dan mendapat begitu intinya
yang punya hobi beryoutube ria juga demikian tergantung pribadi masing-masing
dan tergantung niatnya
aku sih asyik aja menjalani beryoutube dan ngeblog

Lebih ringan informasi dari membaca dibanding lewat video kalau dilihat dari segi kuota ��

Bener banget mas dany
berbagi dengan tulisan dan mengedepankan informasi yg valid untuk pembaca
kita jg jangan mudah teriring isu HOAX :D

Betul ibu tira, bnyak yg bisa kita bagi selain ilmu juga cerita yg mungkin bisa menginspirasi :D

Betul mas Ammar, ilmu yg bermanfaat tak akan pernah hbis jika kita bisa berbagi :D

Bener mbak maya, smua orang punya pilihan sendiri
kalo bisa dua duanya kenapa tidak
btw channel yt nya apa nih ? :D

Ngeblog itu berguna bnget..nggak cuma buat yang baca kok..yang nulispun jd punya kegiatan positif

Waah kalo bahas kuota, sdh hal yg sedikit sensitif nih hehehe
bener si, saya kalo sdh mepet kuota jg mau buka youtube sayang banget :D

Bener itu bu, yg nulis juga bisa semakin berkembang dan bnyak belajar dari penulisannya dan apa yg di tulis :D

Blog sama youtube emang mediany udah beda menurut saya.mau pilih yang mana saja tidak masalah asal informasi bisa tersampaikan kepada pembaca atau penontonnya.
Semua media ada plus minusnya.

saya orang indonesia tapi kurang minat sama youtube dan lebih suka bikin situs bacaan. ya kalau fungsi youtube dan blog emeng beda, mas. youtube utk sling bagi video dan blog adalah berwujud tulisan. beda fungsi dan tujuan.

youtube jg blm tentu ada yg nonton, kalo kita nya blm ngehits mah.. hehe..

bner banget mbak daruma, semua kembali ke kita mau pakai yg mana. yg pnting manfaatkan untuk hal yg positif dan tidak merugikan orang lain :D

iya mas beny, saya jg pun bgitu lbih suka nulis, tp tidak menampik suatu saat pngen pny chnnel ytube jg :D

hahaha iy mbak thya, blog jg bgitu.. mkanya saya pgen nghits dlu deh wkwkwkwk :D

Sebuah pemaparan yang patut dihargai, mas adi. Kejujuran dalam menuangkan isi hati dalam bentuk tulisan di blog banyak dilakukan, namun yang benar-benar jujur mengungkapkannya sangatlah jarang ditemukan.

Jangan terpengaruh pendapat sebagian orang yang menyatakan bahwa media blog sudah jarang peminatnya, itu hanya penilaian pribadi yang belum pasti kebenarannya.

Memang betul sekarang mulai banyak blogger yang beralih ke youtube, tapi masing-masing punya segmen peminatnya sendiri-sendiri, jadi jangan ragu untuk tetap berkreasi sebaik-baiknya lewat media blog.

Bener banget mang
semua ada pasar nya masing masing
blog juga begitu punya pasar sendiri dan penggemarnya sendiri

kalo saya memang pengen fokus di blog dulu, karena memang lebih nyaman aja :D

Ya mungkin banget. Kehadiran blog jelas sangat membantu penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi. Dulu dikuasai hanya mereka yang punya perusahaan media saja, tetapi sekarang setiap orang bisa berbagi apa yang diketahuinya.

Justru kalau ditanya apa yang bisa dibagi lewat blog, jawabannya, apa yang ada di kepala manusia, semua bisa dibagikan. Mau teori fisika, hingga cara menggoreng telur.

Semua bisa.

Eksklusivitas ala media justru dijebol dengan kehadiran blog. Masyarakat bisa saling berbagi apa yang diketahuinya tanpa harus melalui pihak ketiga

nge blog jadi banyak temen, saya sampai kopdar terus tukeran KTP. haha

Ngeblog masih asik kok,, bisa kenal sama orang2 dari seluruh penjuru nusantara..

Ngeblog juga buat menuliskan cerita perjalanan selain foto-foto,, kalau suatu saat lupa, tinggal liat lagi di blog, siapa tau bisa tersenyum melihat cerita lama :)

-Traveler Paruh Waktu

Tapi kebanyakan orang indonesia berbagi tulisannya di medsos sih kaya facebook, twitter etc. Mungkin karna ada aplikasi mobile-nya. Blogger juga ada sih tapi kurang maksimal, ya semoga kedepan blogger bisa paham akan hati para blogger, aamiin wkwk

Btw, bener tuh mas dengan orang menulis di blog, kita bisa tau tentang tempat wisata, kejadian peristiwa, dll. Bahkan untuk tugas sekolah pun jadi lebih mudah berkat jari jemari para blogger.

Selagi masih sanggup untuk menulis, maka menulislah, jangan takut gak ada yang baca mas, sehingga malah menyurutkan langkah kita untuk ngeblog. Pengalaman sekecil apapun kalau kita share di blog, mungkin saja akan bermanfaat bagi pembaca lainnya... Yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara kita menyampaikannya. Nice share mas,

setuju banget maa anton
jadi masyarakat seperti kita bisa mengeluarkan unek2 dan saling tukar informasi :D

waahh seru tu mas adi, klo bnyak temen makin asyik ngblog ny

bner mas bara, anggap aja sbagai arsip kita d masa depan nanti :D

iya mas, cb klo blogger aplikasi nya mudah d gunakan dn lbih nyaman
pasti makin bnyak tuh blogger yg muncul
tp untungnya ada aplikasi blog it mas, sdikit membantu. :D

bnyak yg kita bs bagi dengan sebuah tulisan :D

iya mas hendra, bener tuh yg penting cara penyampaian kita saja :D

Youtube nggak maksimal, nggak keurus. Aku lebih banyak ngeblognya. Dengan ngeblog banyak yang bisa kita bagi dan dapatkan. Mulai dari pertemanan hingga monitize blog.
Nice sharing!

Yep. Sesuai postingan kamu, inilah poin plus dari blogging ketimbang vlogging :)

Enak ngeblog sih ya.. Bisa berbagi pengalaman dan cerita, nah itu yang dishare juga bisa menambawah wawasan buat orang lain. Hehhehe

Ngeblog itu tempat gratis untuk menyimpan kenangan, hehehe.

Bener banget mbak nur, saya juga merasakan dari ngeblog bisa nambah pertemanan

ngeblog nambah seru :D

Iya mbak mayang,semua ada poin plus masing masing :D

setuju mang, dengan tulisan kita bisa berbagi banyak pengalaman, cerita dan pengetahuan :D

Setuju mbak, suatu saat kita bisa kembali membuka tulisan lama dan bernostalgia :D

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon