Wednesday, November 15, 2017

Yang Selalu Membuat Rindu Ingin Pulang

Yang Selalu Membuat Rindu Ingin Pulang
Sumber pic Om Gugel

Kita tidak pernah tau akan dilahirkan dimana, dari keluarga dengan latar belakang seperti apa. Begitupun suatu saat kita akan hidup dan tinggal dimana. Kita mungkin punya rencana untuk tinggal disuatu tempat atau berdiam diri dikampung halaman.

Sebagai manusia kita kadang hanya bisa berencana, namun kembali lagi Tuhan yang menentukan kemana kita berdiri.

Seperti saya hari ini, tidak pernah terpikirkan untuk tinggal dan kerja jauh dari kampung halaman. Namun karena tuntutan kerja yang mengharuskan saya beberapa kali pindah dari satu tempat ketempat lain, terakhir kali saya bisa menikmati kerja dekat dengan orang tua sekitar satu tahun yang lalu.

Saya mengambil cuti selama satu tahun setengah dan bekerja jarak jauh, karena hanya ingin menikmati waktu bersama orang tua dan kampung halaman.

Tapi selanjutnya saya dipindahkan lagi kejakarta, untuk menempati kantor baru. Sebenarnya memang banyak kendala saat kerja jarak jauh, apa lagi dikampung saya listrik kalau padam sudah tidak bisa dikompromi, pekerjaan yang seharusnya dikirim akhirnya tersendat.

Dan ada pekerjaan yang memang mengharuskan saya ada ditempat, alhasil kembali lagi jauh dari kampung halaman dan orang tua.

Saat jauh dari kampung halaman ada banyak hal yang mungkin membuat kita rindu ingin pulang. Meski bicara betah hidup dikota atau negara orang, tinggal ditempat yang nyaman, bertemu orang-orang baru yang begitu mementingkan solidaritas. Namun ada ungakapan yang berkata "Rumahku istanaku".

Ayah dan Ibu


Salah satu alasan paling kuat yang membuat kita rindu ingin pulang adalah kedua orang tua. Ayah dan Ibu yang telah membesarkan kita, merawat dengan penuh kasih sayang inilah yang selalu kita rindukan.

Meskipun sekarang zaman semakin modern dan canggih, tanpa bertemu tapi bisa bertatap muka via video call. Karena tidak secara langsung itu rasanya masih ada yang kurang saja. Tapi setidaknya kita masih bisa melepas rindu yang sudah berkarat ini.

Masakan Ibu


Kalau yang ini menurut pribadi penulis sendiri, meskipun disekitar kita penuh dengan makanan yang super mewah dan enak. Tapi masakan Ibu itu selalu menjadi primadona, rasa masakannya itu seakan permanen menempel di lidah.

Mungkin karena sejak kecil kita memang selalu terbiasa dengan masakannya. Apapun alasannya masakan Ibu selalu membuat saya rindu ingin pulang.

Suasana Rumah


Suasana kehangatan didalam rumah bisa berkumpul bareng Orang tua, saudara, dan keluarga lainnya adalah momen dimana kebahagiaan tidak bisa diukur dengan segepok uang.

Mungkin dirantauan kita bisa berkumpul dengan para sahabat dan keluarga baru, namun rasanya itu memang berbeda.

"Rumahku adalah istanaku" ungakapan itu memang cocok, meski rumah kita tidak sebagus hotel, apartmen atau kostan yang mewah. Tapi rasa nyamannya itu tidak akan pernah tergantikan.

Kasur kapuk yang biasa saja, ditemani guling yang sedikit padat sudah membut tidur terasa nyenyak dan mimpi indah.

Sahabat Kecil/Lama


Di kampung halaman kita pasti punya yang satu ini, teman bermain sejak kecil. Bahkan bukan seperti teman lagi. Karena kedekatannya sudah seperti saudara sendiri, yang setiap hari bermain bersama, terkadang sampai makan dirumahnya.

Ini juga yang membuat kita rindu, di rantauan mungkin kita sudah memiliki sahabat baru. Tapi beda dengan sahabat kecil kita, yang memang sudah paham dan mengerti luar dalam dari diri kita.

Saat bersama mereka kita akan benar-benar menjadi diri sendiri tanpa kebohongan, yang cool mungkin akan tertindas, yang berlagak wibawa bisa jadi jatuh. Saya benar-benar rindu suasana itu.


Kuliner


Setiap daerah tempat kelahiran kita pasti memiliki kuliner khas tersendiri. Salah satunya pasti menjadi favorite kita.

Meskipun didaerah tempat kita tinggal sekarang atau rantauan juga menjual makanan itu. Tapi rasanya pasti beda, selain suasananya juga berbeda. Kalau untuk melepas rindu tidak ada masalahnya.

Kebetulan saya lahir dipalembang, sebenarnya tidak kebetulan juga semua sudah di atur sama Allah. Ada makanan khas yang menjadi favorite saya yaitu Pempek panggang dan model serta kemplang panggang, bukan model yang di majalah atau tipi tipi ya, ini murni makanan.

Dijakarta saya kesulitan mencari kedua makanan ini, kalau di cari dengan om gugel ada namun terlalu jauh. Kalau model sendiri belum pernah nemuin di sini. Untuk Kemplang banyak tapi benar benar beda jauh dari harapan saya. Soal rasa dan teksturnya.
Alhasil saya terkadang menitip teman atau kerabat yang ingin berkunjung ke jakarta. Minta tolong dibawain, ada juga teman yang ingin pulang kampung sewaktu balik lagi kesini bisa minta bawain juga.

Yang Selalu Membuat Rindu Ingin Pulang
Dari kiri : Kemplang panggang - Model - Pempek panggang


Suasana Kampung Halaman dan Lingkungan


Suasana di suatu tempat itu berbeda-beda, dari adat, bahasa, dan lingkungan yang terjalin. Suasana seperti itu tidak akan kita dapatkan saat tinggal dikota orang. Ada kalau kita bertemu dengan teman satu daerah dengan kita. Berasa suasana di rumah memang, tapi kan tetap saja terasa kurang.

Apa lagi kita punya kampung halaman yang masih terasa asri, tidak ada polusi udara dan jauh dari hingar bingar kendaraan, kemacetan, demo, dan segala macam bentuk permasalahannya. Di kampung halaman biasanya terasa lebih damai dan tenang. 


Itulah beberapa hal yang membuat kita selalu rindu ingin pulang, masih banyak lagi yang mungkin kita rindukan dari kampung halaman.

Hidup memang pilihan, tentu kita bisa memilih untuk tetap bertahan dikota orang atau kembali ke kampung halaman sendiri.

Selagi masih ada orang tua di kampung, pulang adalah hal wajib. Mereka tidak akan menanyakan uang ada harta yang kamu bawa. Melihatmu datang dengan sehat sudah membuat mereka bahagia.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

65 komentar

Yang paling ngangeni itu keluarga dan suasananya... beda banget pasti..
Dan itu yg bikin pengin pulang...

kangen sama bapak dan ibu jika pulang ke kampung.
namun sayangnya mereka telah tiada

klo lagi YK, aku malah rindu ngomong kasar, hehe
tapi sekarang udah bisa VC ya paling enggak bisa mengobati kerinduan

Pingin kemplang panggang bang?
Kirim online aja. hihi

masakan ibu emang ga ada duanya... dan suasana rumah itu tak akan bisa ditemukan di tempat lain. Jadi pingin pulang kampuuung...

Jadi pengen pulang di kampung halaman juga. sungguh sangat menginspiratif

Membaca tulisan mas adi, saya jadi makin kangen sama kampung halaman, pengen kembali menyusuru masa lalu, ingat semuanya, segala kenanganindah yang lama tersimpan.. Niche sharing mas :)

waduh,, sy malah pingin coba merantau nih mas.. blm ngrsain suka duka jauh dr ortu,he

"rumahku istanaku"
bener bgt,
pd akhirnya yg manusia butuh itu cuma kenyamanan.. yg lain nothing!!

wongkito ya dek orang palembang saya kira orang OKU, btw selama ortu masih ada sering-seringlah mengunjungi beliau

memang gak enak banget kalau jauh dari orang tua dan keluarga...
tapi suatu hal yang harus kita sadari, perpisahan itu bagaimanapun akan terjadi nantinya. yang penting bagaimana kita menyenangkan hati orang tua dan berbakti walau jarak memisahkan kita mas.

satu hal yang membuat ente tegar, adalah perjuangan jauh dari kampung halaman namun tidak melupakan orang yang berjuaang dalam melahirkan... itu yang membuat anda berbeda dengan anak yang hanya bisa hidup bersama keluarga atau orang tua dan dari itupula anda akan tau seberapa besar cinta anda kepada saudara dan orang tua... kalau gak gini anda gak bakal merasakannya...

Udah 13 tahun merantau,, dan memang,, bnyak hal yg membuat rindu di kampung halaman. Walaupun kampung halamanku literally memang sebuah kampung..

Salam
-Traveler Paruh Waktu

Baru aja nyampai di kota. Udah ke inget kampung lagi nih, gegara tulisan ini

Terkadang ada rasa ingin pulang, namun saja hanya terlintas untuk.bisa membawa sesuatu yang bisa di ceritakan dalam kebahagiaan, bukan sesuatu hal yang penuh kesedihan.
Yah mau gimana lagi, hidup memang terus berjalan, tetap saja sejauh mana kita pergi untuk mencari kemenangan disitu kita semakin di butuhkan di tempat asal kita, rumah kita 😊

Bener tuh mbak May, terutama memang jeluarga dan orang tua :D

Semoga mereka tenang di sana mang
amal ibadahnya diterima
setidaknya kita bisa mendoakan dan ziarah :D

Bener mas Ikrom, setidaknya masih bisa melepas kerinduan meski via VC :D

Hahaha Iya Bro, nanti pasti Pulkam :D nunggu ada libur

Bawain kesini la
ente kan di palembang :D

Bener mabk retno, masakan ibu memang istimewa :D

hihi Ayo pulkam mas ammar, makasih mas ammar

Ayo Pulkam kang hehe, suasana kampung halaman itu memang menyisakan begitu banyak kenangan :D
apa lagi bisa bertemu teman lama,
mengenang tempat bermain yang mungkin hari ini sudah berganti gedung tinggi :D

Kalau saya lebih rindu ke kulinernya. Karena memang saya suka jajan dan berpetualang makanan.
Ya, ,merantau demi mengasah jiwa untuk bisa dewasa dan mencari pengalaman serta materi pastinya.

Ayo merantau mbak nia :D
Banyak hal yg bisa kita rasakan dari suka, dukanya... merasakan Rindu dengan orang tua
itu salah satu kenikmatan merantau.

Kenyamanan itu paling utama, kalo sdh tidak nyaman apapun alasannya tidak akan bertahan :D

Kalau awal merantau, saya lebih kangen sama pacar :)

Iya Kang Rusdi, Orang Palembang,
OKU Timur jg bagian dr palembang Kang :D

Iya kang, Wajib untuk mengunjungi orang tua :D

Bener banget mbah Dinan
saya juga sejak jauh dari keluarga dan orang tua bnyak yang bisa saya pelajari
bukan sekedar menjadi mandiri

kalau hanya dekat dengan orang tua memang tidak akan berkembang dari apapun :D

Keluarga di mana dulu kita dilahirkan, tentu menjadikan kangen saat diri ini berada di kota yang jauh. Apalagi masakan ibu. Juga kuliner khas di kota tempat kita tinggal. Itulah betapa pentingnya tradisi mudik itu. menghapus dahaga kangen yang menyeruak. Atau, pulang di saat hari libur adalah hal yang sangat membahagiakan.

Ayo pulang mas bara hehe :D
Kampung yang memang kampung lebih nyaman mas
jauh dari permasalahan seperti di kota-kota besar apa lagi ibu kota :D

salam kenal juga mas bara

Hahahaha, udah balik lagi mas Nanda
emang kampung dimana nih :D

Bener mas Irvan
saat pulang bertemu dengan orang tua
kabar kebaikan yg harus kita ceritakan
yg ssshnya cukup kita dan Tuhan yang tau :D
karena Orang tua akan bahagia jika anaknya bahagia

Waahhh, soal kuliner memang tidak bisa dipisahkan dari setiap orang y mas bumi.

Membentuk mental diri, belajar berbagai hal dan itu tidak bisa didapatkan saat masih dekat dengan orang tua.
yang pasti memang mencari materi, sperti ungkapan. "Uang tidak dibawa mati, tapi tanpa uang bisa mati"

Setuju mas Akhmad, apa lagi yang pulangnya hanya 1 tahun sekali atau bahkan lebih.
Pulang adalah sesutu yang membahagiakan, sesutu yang menggembirakan. Bertemu keluarga dan teman. :D

Dulu saya juga gitu mas bumi, telponan setiap hri
tapi ujungnya di tinggalin wkwkwkwk :D

Bener banget kng.. kadang orangtua hanya ingin ditengokin oleh anaknya.. pengennya mah dket ya kang sm orangtua.. tapi apa daya mencari sesuap nasi kadang tidak sesuai dengan tempat yang diinginkan

dan satu lagi mas hal yg bikin kita ingin pulang adalah... kangen godain si kembang desa.. hehehehe XD

Kangen ortu iya. Kangen sahabat iya, masakan mama apalagi...baca postingan ini jadi bikin say ikutan kangen pengen balik ke kampung kelahiran saya di Papua

Saya dan suami juga merantau ke Jakarta dan sekarang sudah menetap. Pulang setahun sekali atau dua kali. Tapi, seminggu dua kali bahkan lebih saya selalu menelepon ibu. Ngobrol lama, kayak nggak pernah ngobrol..hehe. Sampai suami telepon aja kadang nggak tahu..hihi

yang namanya anak rantau memang begini..
aku juga rasain sampe sekarang..
jadi kangen ortu..hihihi

kok senasib, sudah habisin pulsa dekatin jutaan :) sebulannya :)

saya juga dulu begitu mas waktu masih sekolah dan kuliah. Kadang suka kangen pengen balik ke rumah klo di kosan gak ada temennya. Apalagi klo uang jajan sudah pas-pasan hikhikhik... mau makan yg enak2 jdi susah..nelongso banget dah.. Semangat terus ya Mas Adi

Kalo saya sih paling rindu sama emak dan babeh, udah itu aja sih yang bikin rindu rumah mah :D

masakan orangtua memang terbaik :)

cuti 1,5 tahun? bisa gitu mas?

emg bener mas, masakan ibu itu ngangenin.
saya dulu wkt jd anak kos juga begitu..
kangen bgt masakan ibu

Hahah bener itu mas bumi
sudah habis bnyak pulsa malah zonk :D

Bener teh vika
yang ingin dilihat orang tua adalah keadaan kita bukan harta kita :D

Hahahaha, kalo sudah diambil orang.. Hati hati lo mas indra godain nya, nanti di datengin yang punya :D

Waah, ternyata kak siska kelahiran indonesia timur ya
ayo pulang kak :D

Saya juga sering nelpon satu minggu sekali mbak muyas, untuk melepas kangen :D

Bener mbak daruma, orang tua selalu dikangenin :D

Iya kang eka, kalo akhir bulan ya indomie lagi hihi
siaapp kang eka, selalu semangat :D

Memang ibu sama bapak itu orang yang paling utama bikin kangen pulang :D

Iya mbak thya, saya bisa bgitu karena memang udah dapt percaya dari atasan
lagian bisa kerja jarak jauh jug. hehe

Maskan ibu itu selalu jadi masakan terbaik :D

aaah aku jadi kangen rumah dan kampung halaman! Sering banget tinggal jauh dari tanah air dan asli..semuanya but kangen yaaa

Wong Palembang, ruponyo. Ayuk wong Muaroduo. Banyak keluarga jg di Palembang

Kalau saya Sosok Ibu yang paling membuat ingin pulang kampung mas..kedua baru makanan khas kampung

iyo yuk hahaha
nah Aku lahir di OKU Timur, martopuro
tetanggoan la

Bner mang dwi, ibu memang jadi magnet untuk kita pulang kampung :D

Kemanapun kaki melangkah
sejauh apapaun
rumah adalah tempat yang paling di rindukan ya :D

Kalo aku, yg bikin kangen itu cm kulinernya :D. Kalo ortu soalnya msh srg bolak balik dr medan ke jkt, jd kangennya slalu terobati lah.kalo kuliner yg susah :p. Apalagi kuliner medan jrg ditemuin di jkt :D

Sangat menyedihkan jika jauh dari kampung halaman dan Ayah dan Bunda, tapi demi pengalaman dan cita cita walau kangen berat merantau bisa dipertahankan asal tetap urusan positif.

suasana daerah waktu kita kecil dan kulinernya emang bikin kangen kampung. ah pulang dulu ah, dah sore hahahahaha

Bila kita jauh dari ruamh, maka biasanya baru terasa kita akan artinya orang-orang terdekat kita ya mas, apalagi masakan ibu kita hm.... pastinya tidak dapat dikalahkan dengan menu masakan lainnya.

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon