Saturday, November 25, 2017

Mantan dan Patah Hati

Mantan dan Patah Hati
Sumber pic Pixabay, kalo gambar enggak nyambung enggak apa kan.

Kenapa harus ada mahkluk yang namanya mantan?, itu salah satu ucapan teman saya yang sedang mengalami patah hati karena ditinggal pacarnya dengan laki laki lain.

Dua hari yang lalu kabar buruk menimpa salah satu teman kost saya. Dia diselingkuhi sama pacarnya, bahkan ini yang ke tiga kalinya hubungan percintaannya berakhir tragis dengan ending diselingkuhi.

Efek dari patah hati yang dirasakan membuat teman saya ini semangat hidupnya turun drastis.
Makan saja sudah tidak nafsu lagi, karena saya teman yang baik akhirnya saya ajak makan diluar.

Awalnya dia tidak mau, tapi saat bilang kalau saya yang bayarin dia langsung berdiri. Hmm Begitu hebat nya patah hati itu, sampai segitunya.

Kalau ngomongin soal patah hati memang tidak jauh-jauh dari mantan, begitupun sebaliknya ketika ngomongin soal mantan pasti terselip noda patah hati. Tapi tidak juga selamanya yang namanya patah hati karena mantan.

Bisa saja patah hatinya karena ditolak, berarti bukan mantan dong.

Tapi tunggu dulu, kalau ditolak berarti itu mantan gebetan. Sudah saya putuskan dan fix, patah hati itu selalu ada hubungannya dengan mantan.

Jangan lupa baca juga : Jomblo Juga Ciptaan Tuhan

Kenapa harus ada mahluk yang namnya mantan?


Ini pertanyaan konyol sebenarnya, tapi saya maklumin mungkin kondisi psikis teman saya masih belum pulih sepenuhnya dari efek patah hati.

Tapi bukan teman saya saja yang seperti ini, diluar sana banyak saya liat status di FB, twitter permasalahin soal mantan.

Menurut saya kalau memang tidak mau ada makhluk yang bernama mantan, ya jangan pacaran. Kalaupun pacaran, pertahanin jangan sampai putus kalo bisa sampai nikah. Walau masih disebut mantan pacar, tapi setidaknya jadi istri dan kamu tidak akan patah hati.

Mantan hanya mengingatkan luka patah hati


Sudah kembali dengan kehidupan yang normal tidak ada bayang bayang yang namanya mantan lagi. Luka dari patah hati pun sudah mulai pulih, hidup sudah mulai berwarna kembali.

Tapi ada saat saat dimana kita kembali mengingat tentang mantan, bisa karena mendengar lagu yang pernah diputer bersama, harum parfum kasir indomaret yang mirip dengan punya doi atau teman yang iseng ngingetin.

Kalau sudah begini luka lama bersemi kembali, yang tadinya sudah menikmati hidup baru harus terusik dengan ingatan ingatan yang mengganggu hati.
...
Tapi tidak selamanya patah hati itu berdampak buruk untuk diri kita kalau kitanya bisa menyikapinya secara dewasa dan berfikir logis saja. Buat pertanyaan untuk diri kita sendiri, kenapa saya patah hati?, kenapa saya diselingkuhi?.

Jangan selalu mencari kesalahan sesorang tapi lupa dengan kesalahan sendiri dan membenarkan diri saja.

Patah hati sebagai bahan introspeksi diri


Saat kita mengalami yang namanya patah hati pasti emosi tidak akan terkendali, semua kesalahan ditimpakan kepada mantan. Apa lagi patah hati karena diselingkuhi, kita akan merasa benar sendiri. Merasa menjadi orang yang paling tertindas dan disakiti.

Ini hal yang lumrah karena saya juga seperti itu ketika dulu patah hati, tapi setelah itu saya sadar mungkin hanya saya saja yang menaruh harapan terlalu besar.

Alhasil ketika harapan tidak sesuai dengan apa yang terjadi timbul gejolak di hati dan berujung patah hati.

Kenapa kita selalu diselingkuhi? Coba ingat ingat apa yang kurang dan apa kesalahan yang pernah kita buat sehingga si doi ninggalin kita demi cowok lain.

Mungkin kamu yang terlalu over protektif, kurang sopan, kasar atau kamunya jarang mandi. Doi ninggalin kamu karena orang lain pasti itu orang ada lebihnya yang tidak ada dalam diri kamu. Kemungkinan lebih ganteng dan sering mandi.

Sebagai pelajaran untuk menjadi lebih dewasa


Belajar tidak harus didapatkan dari pendidikan formal, apa lagi belajar soal kehidupan dan gagalnya percintaan. Tidak akan ada pelajaran yang menjelaskan tentang hal tersebut.

Jadikan kegagalan cinta kamu sebagai pelajaran untuk kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Setelah instrospeksi diri, mulailah perbaiki kesalahan kesalahan yang kamu lakukan agar tidak terulang kembali.

Mulai rubah sifat yang mungkin menyebabkan sidoi pindah kelain hati, mungkin sifat kamu yang terlalu kekanaak kanakan seperti sedang jalan dengan pacar minta beliin balon atau mobl mobilan.

Gagal dalam percintaan itu soal biasa, yang terpenting jangan sampai galaunya mengganggu prestasi dan semangat hidup kamu.

Apa lagi sampai tidak mau makan karena patah hati, mantan kamu tidak akan kembali lagi meski kamu tidak makan sebulan penuh. Hal semacam itu hanya membuat semakin menderita tanpa ada manfaatnya.

Jadilah pribadi yang dewasa menerima segalanya dengan lapang dada seperti lagu sheila on 7. Perempuan tidak hanya satu begitupun dengan yang perempuan, cowok masih banyak.

Jangan tangisi yang sudah pergi dengan yang lain, kalau memang takdirnya hanya jadi mantan ya terima saja. Kalau bisa jadi teman kenapa tidak, tapi kalau tidak bisa ya tidak apa apa.

Mantan dan patah hati memang sulit dipisahkan karena saat bicara patah hati selalu membawa nama nama mantan. Allah selalu punya rahasia dan rencana yang baik untuk kita, itung itung kamu jagain jodoh orang.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

70 komentar

Bagaimana bila tak punya mantan? Bagaimana bila tak pernah patah hati, mungkin pernah tapi bukan soal percintaan tapi lebih ke hal yang remeh-temeh lupa tekan tombol cook saat menanak nasi misal. :D

Sakit banget tahu kl diselingkuhin.. Rasanya tuh pengin bunuh tuh mantan.. Hhhh

selingkuh? wow... hal yang bisa membuat orang bunuh diri. hehe. setuju dengan kalau mau tidak ada mantan, ya, jangan pacaran.

o ya, jika berkenan mampir, boleh ke sini ya: cerita2korea,blogspot,com.

dalam kamus hidup saya gk pernah punya mantan, haha bersyukur karena dulu saya orangnya termasuk minderan dan grogi kalau dekat cewek, jadi otomatis gk pernah pacaran dan gk pernah punya mantan,,,,, :D

Tapi mantan bisa jadi motivasi juga lho mas, dengan adanya mantan, kita berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sang mantan, haha...

Hahaha wah bagus dong mas dany gak punya mantan
jadi gak pernah patah hati, patah hatinya cuma karena tombol rice cooker
kalo ini si saya sering banget kejadian :D

Jangan teh ella
jangan gak dilakuin maksudnya hahahaa :D

Bunuh diri nya di di pohin cabe belakang rumah aja mas anwar :D

Saya juga minderan mas Sani, tapi cewek aja yang deketin saya hahahahaha sok pedeh ya
tapi bagus dong mas gk punya mantan
saya pengennya gitu tapi sdh terlanjur punya mantan gimana dong :D

Bener mang, memotivasi agar dapet yang lebih baik lagi ya mang. :D

Semoga selamanya saya nggak punya mantan :D

janghan kelamaan patah hati
nanti galau terus dan kemasukan jin hehehe

Semoga temannya Adi baca tulisan ini dan benar jd intropeksi.

antara mantan dan patah hati itu 11-12 kali ya bro...
yang aneh itu gak bisa move on kalau hbs putusan. ada kawan bilang kalai kamu putusan itu berarti dia bukan yang cocok untukmu... karena Tuhan sudah mempersiapkan seseorang yang cocok untuk hidupmu nanti, namun waktu aja yang belum menghampiri.
dan sampai sekarang itu jadi senjata ampuh saya waktu dulu zaman cinta=cintaan. tapi gak ada monyetnya ya... heee

lah... kayaknya gak mungkin mbak... karena suami anda juga mantan pacar anda... masak gak mau kawin. kecuali kawinnya dijodohan... itu beda hal lah ya min?

Bikin prinsip "sendiri sampai tua", tapi rasanya tidak mungkin. :(

wow wowo... sama kenanya boong dong. wkwkk...

Kalau patah hati mah saya sudah biasa jadi rasanya yah biasa saja ;)

Kalau efeknya masih nggak mau makan atau semcamnya, menurut saya mending sih. Anehnya malah ada yang sampai berniat bunuh diri, atau bahkan sampai bunuh diri itu sendiri. Astaga...sebegitu terlukanya kah kalian dengan makhluk bernama mantan? Boleh lah kecewa, tapi jangan sampai terlalu berlebihan seperti itu.

Paham bener sama parfum dari mbak kasir Indomaret mas. Ada apa ini gerangan :D

waduh dulupernah juga ngalami mewek karena ditinggal pergi akhirnya sayanggak pacaran lagi dan memutuskan untuk nikah

Kalau menghirup bau parfum yang sama dengan mantan, takutnya jadi langsung pengin meluk cewek yang pakai parfum itu. Wqwq.

Hm, mantan yang selingkuh buat saya udah nggak asing lagi. Pengalaman habisnya. Tapi sejak itu saya banyak belajar. Buat introspeksi diri apa saja sifat-sifat jelek yang mesti saya perbaiki. Dan, saya jadi mikir kalau selingkuh itu jahat banget. Berarti saya nggak pengin melakukan hal keji itu.

Nyambung saja gambar sih, itu ada Love-nya.

mana bisa lupain mantan...
butuh waktu lama

mantan ada karena kita punya hati, kalo ga punya hati pasti gaada mantan :P

bukannya punya obat sakit mas? termasuk sakit hati :P

Tertatih patah hatii mass 😁😁😂
Trus itu ntar wanitanya putus sama selingkuhannya, abis itu dia bilang lelaki itu semua sama aja , sama sama ga baik.
La kan kasian temenmu mas hehe
Kasian same kita2 ini yg baik jadi korban salah sangka wanita.

Kerena mantaan mengajarkan kita indahnya terluka

bener juga ya, tapi kalo mbak muyas ta'aruf mungkin bukan mantan suaminya hehehe :D

Waah hebat dong mas idris
berarti gak pernah patah hati dong :D

hahaha bisa juga karena kelamaan bengong di kostan gara gara patah hati :D

iya mba annisa, saya sudah share ke sosmed temen saya hehe biar dia baca :D

Bener banget mbah dinan, Tuhan selalu punya rahasia dan rencana untuk kita. Begitupun dengan kisah asmara kita :D

Sepertinya sdh pengalaman yang bang :D

Suka nih sama postingannya, sesuatu yang bernilai positif buat banyak orang yang lagi patah hati.
Semoga temenmu kuat ya menghadapi kehidupan.. semangat terus, kalau bukan jodoh jangan ditangisi terus, buat jadi api pemicu melakukan kebaikan yang lain

Tadinya aku benci sama mantan. Tapi, ternyata gak boleh ya. Malah bikin jiwa jadi sakit. :')

Mantan mestinya menjadikan lebih bisa bersikap dewasa ya, Mas...

Memang sakit kalau ingat kembali sama yg namanya mantan, bukan salah dia ninggalin kita tapi memang bukan jodohnya mau bilang apa. Dan syukurlah akhirnya sekarang menemukan penggantinya yang lebih baik.

Saya inget mantan emang suka ada gondok di hati, tapi itu dulu. Sekarang mah engga lah hehehehe

Nah itu dia, patah hati si gak apa. Tapi jangan sampai kita melakukan hal hal yang merugikan diri sendiri, apa lagi sampe bunuh diri.

hahahaha kebetulan indomaretnya udah langganan deket sama kost :-d

Saya pun bgitu mang, dulu pernah ngrasain patah hati. Makanya sampe sekarang belum mau pacaran, pengennya sih kalo bisa Ta'aruf aja :D

Hahahaha ada CCTV bang, besok viral lagi di ytub :D

Waah ini mah sudah pengalaman ya soal selingkuhh dan menyelingkuhi :D

Hahahahaha, takunya gak nyambung mang :D

Lupa tidak akan mungkin bisa mang, tapi setidaknya moveon aja hehe :D

Nah bener kata mbak vanisa, kan ada obat sakit mang :-d

Punya hati kalo gak punya pacar pasti gak punya mantan hahahaha :D
tapi ada mantan gebetan doang :D

Hahahaha bener tuh mas irvan
tapi kalo cewek bilang gitu, saya jadi merasa mirip dengan vino g bastian, karena semua laki laki sama. hahaha :D

Hahahaha waah terluka sakit mas ammar, gak ada yang indah.
indahnya sudah sama cowok lain :D

Waaahhh makasih mbak pipit, semoga saja bisa bernilai positif deh buat yg sedang patah hati hehe.
InsyaAllah dia kuat, nanti tak ajak makan nasi goreng lagi biar semangat :D

Bener mbak beby, kita benci pun tak akan dapat apa apa
mending memaafkan saja. Lagian mungkin kesalahan ada di diri kita :D

Bener mas Akhmad, belajar menyikapi setiap masalah soal hubungan.. dan introspeksi pastinya :D

Bener mang, tidak ada yang salah sebenrnya. Hanya saja memang bukan di takdirkan untuk berjodoh saja.
Semoga selalu awet mang Aamiin :D

Buat apa gondok mas hehe, nikmatin aja apa yg terjadi dan tunjukan kita mampu lebih baik lagi :D

aku sih yes ajalah.... heee
bisa aja kamu brohhhh

yah pada akhirnya kita hanya bisa menjalani di

saya pernah dengar cerita yang sangat aneh sekaligus gak nyangka sama sekali... begini cerita...

ada pasangan suami istri setelah anak perempuannya menikah, mereka bercerai secara baik-baik. sekali ditanya alasan keduanya, ternyata selama ini mereka hidup tidak berdasarkan cinta, cuma hanya karena saling membutuhkan sesaat yang dikira mereka adalah cinta. mereka sanggup bertahan selama puluhan tahun karena ada tanggung jawab yang tidak bisa mereka lepaskan, yaitu anak mereka. sampai anak mereka menikah, merekapun memutuskan untuk cerai. rupanya persahabatan selama ini yang dikira mencintai, ternyata tidak. mereka tertipu dengan perasaan mereka sendiri. setelah mereka menemukan masing-masing cinta sejatinya baru mereka sadar kalau yang mereka jalani selama ini hanya karena butuh curhat, kasih sayang, dan bekerja bersama... hanya itu. tidak lebih. sementara ketika cinta mulai menampakkan wajahnya, akhirnya mereka sadar... bahwa hidup mereka selama ini hanya berdasarkan kebutuhan... bukan cinta

yang aneh lagi itu kawan saya... orang tuanya cerai dan sepakat kawin dengan dengan sahabat mereka masing-masing dulunya. padahal mereka satu kumpulan pertemanan waktu masih muda dan sekolah juga ditempat yang sama. tukerean suami dan istri... memamg banyak cerita aneh dalam dunia ini di, tapi itulah kehidupan dan itulah kenyataan.

mantan itu kenangan, gak bisa dilupain, cuman kalau berusaha buat ga ingat ya bisa bisa aja.. :D

Kalau cuma jadi mantan pacar, mantan gebetan mah gpp mas, asal jangan menjadi mantan istri atau mantan suami saja hehehe...

yang sangat parah kalau jadi mantan anak, itulah yang sangat menyakitkan hati...sakitnya tuh disini....(sambil ngelus-ngelus jidat)

rasanya kemarin ada postingan tentang kecoak bang kok bisa hilang ya

Untuk lupa itu tidak akan mungkin mbak nia, tapi tetap menyibukkan diri dengan hal positif agar terhindar dari rasa galau :D

Iya mang eka, mantan pacar mah biasa
memang belum jodoh aja ya mang :D

Hahahahaha gak ngelus ngelus perut mang hehehe... pisss :D

Itu yang postingan lama mang rusdi
kemaren saya share ulang di group :D

Perceraian memanga akan berdampak kepada anak y mbah
dari mental dan psikis nya akan terganggu
apa lagi perceraian di lakukan saay usia anak masih kecil
seharusnya memang meski sdh tidak ada rasa, namun tetap bertahan demi tanggung jawab kepada anak itu adalah pilihan bijak.

perceraian memang jalan terakhir yg kadang menjadi pilihan, tp ingatlah itu sangat dibenci Allah
tapi balik lagi ke manusianya, kalau memang tak sanggup dan hanya itu jln terakhir, mau di kata apa lagi

semua memang hanya menjadi rahasia ilahi, hanya Allah yang tau. Kita hanya mampu berencana sampai ke ujung dunia namun sekali lagi Tuhan yang akan menentukan jalan hidup kita seperti apa. :D

Kalau saya selalu ketemu sang Mantan tiap hari mas...lah wong mantannya sudah jadi istri saya...

Kalau menurut saya, mantan justru bisa menjadi batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih baik sih. Saya jadi ingat kalimat di buku Raditya Dika.

"Kamu tahu nggak istilah mama untuk orang-orang yang pernah patah hati?"

"Apa, Ma?"

"Dewasa."

Mantan dan patah hati? Menurut saya hal ini dapat menjadi batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih baik.

Awal pertama kali ngerasain patah hati, aku jg down. Tp kmudian mikir, salahku di mana. Dr situ bangkit. Malah jd terpacu utk memperbaikin apa yg kurang. Walopun dengan niat, si mantan pasti nyesel liat aku skr wkwkwkwk :p.

Penderitaan itu bisa membuat manusia jadi lebih kuat menghadapi masa depan. :D

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon